Kamis, Februari 9, 2023
BerandaBerita TerbaruBan Motor Ring 17, Ini Daftar Ukuran dan Velgnya yang Sesuai!

Ban Motor Ring 17, Ini Daftar Ukuran dan Velgnya yang Sesuai!

Ban motor ring 17 memiliki beberapa ukuran. Berikut akan kita bahas daftar ukuran ban motor untuk ring 17 yang perlu Anda ketahui. Selain itu, kita juga akan membahas mengenai ciri-ciri ban motor yang harus Anda ganti.

Ban merupakan komponen sepeda motor yang memiliki peran sangat penting dan tak tergantikan. Ibaratnya ban merupakan alas kaki yang membuat motor bisa melaju di jalanan. Tanpanya, maka sepeda motor tidak akan sempurna dan tidak bisa kita gunakan.

Selain berperan untuk menggerakan motor, ban juga memiliki fungsi lain yang penting. Pertama ban berfungsi sebagai penahan beban komponen motor, mesin, dan juga pengendaranya.

Selanjutnya ban juga berperan sebagai peredam getaran dan guncangan ketika melewati getaran.

Sebelumnya kita tahu suspensi lah yang meredam getaran, namun sebelumnya ban yang lebih dulu meredamnya. Kemudian ban juga berperan dalam kemampuan motor untuk bermanuver selama berkendara.

Ban yang kondisinya masih bagus, maka bisa membuat pengendara merasa nyaman dan aman.

Baca Juga: Penyebab Ban Belakang Motor Selip, Awas Hati-Hati!

Ukuran Ban Motor Ring 17 dan Waktu Menggantinya

Setiap motor memiliki ukuran ban yang berbeda-beda tergantung dengan ukuran motor itu sendiri. Ban juga memiliki dua jenis yang berbeda yaitu tipe tubetype dan tubeless. Keduanya tentu memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Ketika akan mengganti ban motor, Anda harus menggunakan ukuran yang pas dengan velg. Jika tidak, maka bisa memberikan dampak yang buruk bagi sepeda motor. Misalnya yaitu estetika atau keindahan motor akan berkurang, sebab ban yang tidak cocok.

Kemudian ukuran ban yang tidak sesuai dengan velg juga bisa memicu kerusakan ban. Hal tersebut pada akhirnya bisa menyebabkan kecelakaan selama mengendarai motor. Akibatnya pemilik motor malah akan menderita kerugian yang berlipat ganda.

Daftar Ukuran Ban Motor

Selain memiliki jenis yang berbeda, ban motor juga memiliki ukuran yang berbeda. Misal ukuran ban motor ring 17, 18, 14 dan juga 16.

Kali ini kita akan membahas ukuran ban untuk ring 17 beserta lebar velgnya yang sesuai. Berikut ukurannya:

  • 100/70-17 lebar velg 2,50
  • 110/70-17 lebar velg 2,75
  • 120/70-17 lebar velg 3,00
  • 130/70-17 lebar velg 3,50
  • 60/80-17 lebar velg 1,60
  • 70/80-17 lebar velg 1,50
  • 80/80-17 lebar velg 1,85
  • 90/80-17 lebar velg 2,15
  • 100/80-17 lebar velg 2,50
  • 50/90-17 lebar velg 1,40
  • 60/90-17 lebar velg 1,40
  • 70/90-17 lebar velg 1,60
  • 80/90-17 lebar velg 1,85
  • 100/90-17 lebar velg 2,50
  • 60/100-17 lebar velg 1,60
  • 50-17 lebar velg 1,60
  • 75-17 lebar velg 1,85
  • 00-17 lebar velg 1,85

Ciri-Ciri Ban Motor Harus Segera Anda Ganti

Setelah memahami ukuran ban motor ring 17 selanjutnya akan kita bahas mengenai waktu penggantian bannya.

Ban motor memang termasuk komponen yang harus Anda ganti dengan rutin. Tujuannya agar ban bisa bekerja dengan baik dan tidak membahayakan pengguna.

Beberapa orang mungkin masih belum tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban. Sebenarnya ada beberapa ciri yang menandakan ban harus segera Anda ganti. Beberapa ciri-ciri tersebut seperti:

Baca Juga: Ban Motor untuk Cornering, Perhatikan Teknik Ini Agar Aman!

Ban Sudah Botak

Ciri pertama yaitu ban sudah botak alias sudah aus karena alur kembang ban sudah menghilang. Kondisi ini membuat ban terlihat lebih mulus namun malah membuat motor kurang nyaman.

Sebab daya cengkramnya menjadi tidak kuat, sehingga malah bisa menyebabkan kecelakaan.

Ban Terasa Bergoyang Saat Berbelok

Ketika melewati belokan mungkin Anda pernah merasa seolah ban bergoyang. Hal tersebut bisa menandakan daya cengkram ban ke aspal sudah berkurang. Karena itu Anda harus segera menggantinya dengan ban yang baru.

Ban Sudah Menipis

Ciri ban motor ring 17 harus diganti selanjutnya yaitu ban sudah terlihat menipis. Untuk mengeceknya Anda bisa mencari tanda TWI yang ada di ban. Jika ban sudah menipis maka TWI juga semakin samar bahkan tidak terlihat sama sekali.

Ban Retak

Kualitas ban yang kurang baik dan faktor cuaca bisa membuat ban mengalami keretakan. Hal tersebut berbahaya, bisa menyebabkan kebocoran dan letusan pada ban. Karena itu jika ban sudah retak maka Anda harus segera menggantinya.

Baca Juga: Ganti Ban Motor, Perhatikan Cara dan Tekniknya!

Adanya Benjolan

Ciri selanjutnya yaitu muncul benjolan pada ban sebab terkena benturan kuat saat kekurangan angin. Benjolan tersebut bisa menyebabkan ban meletus tiba-tiba saat Anda gunakan berkendara. Akibatnya pun bisa sangat membahayakan.

Itulah pembahasan mengenai ukuran ban motor ring 17 dan juga waktu mengganti bannya. Pastikan untuk mengganti ban jika sudah waktunya dengan menggunakan ban yang ukurannya tepat. (R10/HR-Online)