Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruBentuk Perubahan Energi, Kenali Pengertian dan Contohnya!

Bentuk Perubahan Energi, Kenali Pengertian dan Contohnya!

Bentuk perubahan energi tidak hanya satu. Terdapat beberapa jenis bentuk dari perubahan energi. Berbagai perubahan energi tersebut ada di sekitar kita.

Ketika terjadi pemadaman listrik oleh PLN pusat, maka lampu rumah pasti tidak dapat menyala. Hal tersebut terjadi karena tidak ada arus listrik yang mengalir ke lampu untuk memberikan energi.

Nah, arus listrik tersebut menghasilkan energi yang bernama energi listrik. Nantinya, energi listrik tersebut bermanfaat sebagai energi pembangkit tenaga filamen lampu dan berbagai barang elektronik lainnya.

Ilustrasi tersebut merupakan salah satu contoh dari perubahan energi. Ada juga contoh perubahan lainnya, yuk simak bersama!

Baca Juga: Teori Kecepatan Cahaya: Pengertian dan Cara Menghitungnya

Apa Saja Bentuk Perubahan Energi?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, energi berarti kemampuan untuk melakukan kerja. Dengan kata lain, energi merupakan suatu kemampuan yang berfungsi untuk melakukan suatu usaha.

Dalam hal ini, maksud dari usaha sendiri adalah suatu objek atau seseorang yang melakukan, menghasilkan, dan juga bekerja.

Sedangkan perubahan energi memiliki arti sebagai perubahan energi satu menjadi ke bentuk lainnya. Hal ini sejalan dengan hukum kekekalan energi.

Dalam hukum tersebut menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan ataupun musnah, tetapi bisa berubah bentuk dari satu bentuk ke lainnya. Saat ini kita akan membahas berbagai bentuk perubahan energi tersebut.

Perubahan Energi Potensial

Energi potensial merupakan energi yang ada pada benda karena kedudukannya. Benda yang memiliki energi ini akan berpotensi bergerak (memiliki energi kinetik). Dalam artian energi potensial dapat berubah menjadi energi kinetik.

Contoh perubahan energi potensial menjadi energi kinetik adalah buah kelapa yang jatuh dari pohonnya ke bawah tanah.

Perubahan Energi Kinetik

Nyatanya energi kinetik juga dapat berubah menjadi energi lain. Perubahan bentuk energi kinetik bisa menjadi energi panas atau bunyi. Contoh perubahannya adalah:

  • Ketika tangan terkenal bola yang bergerak dengan kecepatan tinggi pasti akan terasa panas, ini merupakan perubahan energi kinetik menjadi energi panas.
  • Energi kinetik menjadi bunyi ketika tong sampah yang kita lembar dengan batu akan mengeluarkan bunyi nyaring.

Baca Juga: Teori Kinetik Gas pada Fisika, Ini Pengertian dan Hukum Gas Idealnya!

Perubahan Energi Kimia

Selanjutnya terdapat perubahan dari energi kimia. Energi ini bisa berubah bentuk ke energi lainnya, yaitu:

  • Perubahan energi kimia menjadi energi gerak ketika makanan yang masuk ke dalam tubuh mengalami metabolisme kimiawi hingga menghasilkan energi untuk bergerak.
  • Energi kimia menjadi energi listrik ketika baterai yang tersusun atas senyawa kimia dapat mengoperasikan perangkat elektronik. Contoh lainnya adalah aki yang menjadi listrik untuk kendaraan bermotor.
  • Perubahan energi kimia ke energi panas ketika kompor gas yang bahan bakarnya memanfaatkan LPG. Gas LPG tersebut tersusun atas senyawa kimia.
  • Bentuk perubahan energi kimia menjadi energi cahaya ketika baterai dapat menghidupkan senter.

Perubahan Energi Cahaya

Energi cahaya dapat berubah menjadi energi lainya. Perubahan energi cahaya menjadi energi listrik, misalnya seperti panel surya.

Kemudian energi cahaya juga bisa menjadi energi kimia. Contohnya seperti tumbuhan yang melakukan fotosintesis.

Perubahan Energi Listrik

Listrik kini menjadi penunjang kehidupan. Energi listrik dapat berubah menjadi energi lainnya, seperti:

  • Perubahan energi listrik menjadi energi gerak, contohnya pada kipas angin yang berputar karena arus listrik.
  • Energi listrik menjadi energi kimia, contohnya proses penyepuhan emas dengan prinsip elektrolisis.
  • Perubahan energi listrik menjadi panas, contohnya kompor listrik yang memanfaatkan arus listrik.
  • Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya, misalnya seperti lampu yang menyala karena aliran listrik.
  • Energi listrik menjadi energi kinetik, contohnya mobil-mobilan baterai yang bergerak jika tombol on menyala.
  • Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi, misalnya seperti sound system yang dapat menghasilkan bunyi. Selain itu ada juga televisi, handphone, microphone, dan lainnya.

Perubahan Energi Panas

Energi panas juga bisa berubah menjadi energi lainnya. Bentuk perubahan energi panas ini bisa menjadi energi listrik, energi cahaya, dan juga energi gerak.

Baca Juga: Rumus Daya Listrik, Contoh Soal dan Segudang Manfaatnya

Perubahan Energi Nuklir

Energi nuklir sangat berguna. Pemanfaatan energi nuklir dapat merubahnya menjadi energi listrik, energi gerak, serta energi cahaya dan panas.

Kini bentuk perubahan energi nuklir sudah cukup banyak dimanfaatkan di kehidupan. Namun begitu, energi nuklir perlu pengawasan ekstra karena bisa berdampak negatif. (R10/HR-Online)