Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruBulan Purnama Mikro 7 Januari 2023, Ini Penjelasannya!

Bulan Purnama Mikro 7 Januari 2023, Ini Penjelasannya!

Bulan Purnama Mikro tengah terjadi. Fenomena Bulan Purnama ini termasuk peristiwa langka. Kabarnya fenomena astronomi ini hanya akan terjadi selama dua kali sepanjang tahun 2023 ini.

Salah satunya fenomena ini akan terjadi pada awal tahun, yakni pada bulan Januari. Karena termasuk jarang terjadi, maka tentunya akan sangat sayang untuk dilewatkan.

Anda perlu mencatat tanggal dan waktu fenomena astronomi langka ini agar dapat mengamatinya secara langsung.

Baca Juga: Fenomena Astronomi di Januari 2023, Jangan Sampai Terlewat!

Bulan Purnama Mikro di Januari 2023

Baru memasuki awal tahun, ternyata sudah ada sederet fenomena astronomi yang menyambut. Bahkan, di bulan Januari saja sudah ada beberapa fenomena yang terjadi.

Salah satu fenomena astronomi yang akan terjadi selanjutnya di bulan Januari 2023 adalah Purnama Mikro. Ini merupakan fenomena pada bulan yang tidak biasa.

Bahkan, bulan purnama ini termasuk ke dalam jajaran peristiwa alam langka yang hanya terjadi dalam waktu tertentu. Apa sebenarnya pengertian dari bulan purnama satu ini?

Pengertian Sebenarnya dari Purnama Mikro

Mungkin memang sangat wajar jika Anda tidak terlalu familiar dengan fenomena astronomi satu ini. Melansir dari LAPAN, peristiwa Purnama Mikro merupakan fase purnama yang jatuh bertepatan dengan Apoge.

Apa itu Apoge? Apoge sendiri adalah kondisi ketika posisi bulan mencapai jarak terjauhnya dari Bumi. Dalam siklus satu tahun, terdapat 0-3 Purnama Mikro.

Baca Juga: Perlombaan Luar Angkasa NASA dan China Semakin Memanas

Itupun hanya 0-1 peristiwa yang benar-benar dapat disebut sebagai bulan mikro. Istilah bulan purnama ini juga terkenal dengan sebutan Micro Full Moon.

Ketika peristiwa Bulan Purnama Mikro terjadi, jarak relatif bulan purnama akan lebih besar 90% dari jarak bulan saat Apoge.

Oleh karena itu, selisih waktu terjadinya fenomena purnama astronomis ini tidak boleh melebihi 81 jam terhadap Apoge.

Catat Tanggalnya

Mengutip dari akun Instagram LAPAN RI @lapan_ri, peristiwa bulan purnama ini akan terjadi sebanyak dua kali, salah satuanya pada bulan Januari.

Peristiwa astronomi bulan purnama ini akan terjadi pada bulan Januari akan berlangsung pada tanggal 7. Bulan mikro akan berlangsung dari pukul 06.08 WIB / 07.08 WITA / 08.08 WIT (34,2 jam sebelum Apoge terjadi). Bulan akan berada pada jarak 405.789 Km.

Sedangkan bulan mikro selanjutnya akan terjadi pada 6 Februari 2023 pada pukul 01.29 WIB / 02.29 WITA / 03.29 WIT (36,6 jam setelah Apoge). Peristiwa ini akan berjarak sekitar 405.830 Km.

Baca Juga: Hujan Meteor Quadrantid 2023 Jadi Suguhan Tahun Baru Terbaik!

Terlepas dari Purnama Mikro, LAPAN juga mengungkap bahwa fenomena purnama yang terjadi pada bulan Januari terkenal dengan sebutan Wolf Moon atau Bulan Serigala.

Penamaan ini merujuk pada sekelompok serigala yang melolong karena kelaparan di luar perkampungan. Wolf Moon juga mengacu pada waktu purnama yang berlangsung setelah berlangsungnya perayaan yule atau puncak dari musim dingin, sehingga penduduk asli Amerika memilih berdiam di dalam rumah.

Jangan sampai Anda melewatkan peristiwa Bulan Purnama Mikro yang langka ini. Siapkan juga teleskop Anda agar bisa mendapatkan penampakan yang jauh lebih jelas. (R10/HR-Online)