Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Cek Chipset HP Android Lewat Pengaturan dan Aplikasi

Cara Cek Chipset HP Android Lewat Pengaturan dan Aplikasi

Cara cek chipset HP bisa Anda lakukan dengan mudah. Untuk cek chipset bisa langsung menggunakan menu peraturan pada HP Android. Selain itu, untuk mengetahui chipset HP Anda juga bisa memanfaatkan sebuah aplikasi tambahan. Dengan begitu pemilik HP bisa chipset apa yang ada dalam Android.

Baca Juga: Transfer eSIM ke HP Baru Android, Ini Cara Mudahnya!

Cara Cek Chipset HP Android dengan Akurat

Smartphone Android memiliki berbagai komponen penting yang menjadi satu untuk memenuhi kebutuhan pemilik. Berbagai komponen tersebut terdiri dari prosessor, memori eksternal, dan internal.

Procesor merupakan salah satu bagian terpenting dari perangkat Android. Prosesor tersebut terdiri dari chipset yang memiliki berbagai core dengan clock speed yang berbeda. 

Anda bisa cek chipset untuk berbagai keperluan seperti mengetahui spesifikasi perangkat keras smartphone. Dengan cek chipset tersebut Anda bisa mengetahui standar atau tidaknya perangkat Android.

Selain itu, juga bisa mencegah terjadinya penipuan dari penjual. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui chipset yang ada pada smartphone Android.

Cek Chipset Melalui Menu Pengaturan

Cara cek chipset HP yang pertama yaitu bisa memanfaatkan pengaturan dari smartphone Android. Tanpa aplikasi tambahan para pemilik HP Android sudah bisa mengetahui chipset yang ada pada smartphone.

Caranya cukup mudah hanya dengan melakukan beberapa langkah saja sudah bisa mengetahui chipset HP. Berikut merupakan cara cek chipset Android menggunakan menu peraturan:

1. Langkah pertama bukalah menu peraturan pada smartphone Android terlebih dahulu.

2. Selanjutnya scroll sampai menemukan menu setting lalu klik menu tersebut.

3. Kemudian pilih opsi tentang ponsel atau about phone.

4. Setelah itu, pilih menu device information.

5. Pada menu ini Anda akan melihat berbagai informasi perangkat. Informasi perangkat tersebut yaitu seperti tipe smartphone, processor, RAM, dan ROM. Pada processor ini Anda bisa melihat detail informasi chipset.

Baca Juga: Cara Mengatasi Tertunda di PlayStore, Pasti Berhasil!

Cek Chipset Melalui Situs Resmi Android

Selain melalui menu pengaturan Anda juga bisa cek chipset melalui situs resmi dari HP Android yang Anda gunakan. Tentunya cara ini mungkinkan Anda cek chipset secara online pada situs.

Namun, Anda harus memiliki koneksi internet untuk membuka browser pada HP. Langkahnya cukup mudah Anda bisa langsung membuka browser pada HP sesuai dengan keinginan. 

Setelah itu ketikan website resmi dari smartphone Android yang Anda gunakan. Setelah muncul pilihlah tipe Android yang sesuai, lalu Anda akan mendapat berbagai informasi tentang prosesor.

Tidak hanya informasi tentang prosesor saja tetapi juga terdapat informasi lain. Informasi mengenai tipe kamera, fitur kamera, memori, dan penyimpanan juga bisa Anda dapatkan.

Cek Chipset Melalui Aplikasi CPU-Z

Cara cek chipset HP selanjutnya Anda bisa memanfaatkan aplikasi tambahan yaitu CPU-Z. Tentunya Anda harus melakukan penginstalan aplikasi terlebih dahulu agar bisa menggunakannya. Aplikasi CPU-Z bisa Anda dapatkan pada Google PlayStore. 

Namun, banyak aplikasi sejenis yang ada pada PlayStore sehingga Anda harus menemukan yang asli. Aplikasi CPU-Z asli memiliki logo seperti bentuk processor yang berwarna putih dan latar belakang warna ungu. Berikut merupakan cara cek chipset menggunakan aplikasi CPU-Z:

1. Langkah pertama bukalah aplikasi CPU-Z terlebih dahulu setelah berhasil terinstal.

2. Setelah aplikasi terbuka, pada tab SoC Anda bisa melihat berbagai informasi tentang prosesor salah satunya chipset. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat informasi lain seperti baterai, sensor, sistem, dan device.

Baca Juga: Cara Mengganti Kunci Layar HP yang Mudah!

Cek Chipset Melalui Aplikasi Droid Hardware

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Droid Hardware untuk bisa mengetahui chipset pada smartphone Android. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan pada Google PlayStore secara gratis. Caranya cukup mudah, hanya dengan melakukan beberapa langkah saja seperti berikut ini:

1. Langkah pertama untuk dan aplikasi Droid Hardware terlebih dahulu pada PlayStore.

2. Setelah berhasil terunduh lakukan penginstalan dan langsung buka aplikasi.

3. Jika aplikasi sudah berhasil terbuka masuk pada menu tab system.

4. Pada menu ini Anda bisa melihat berbagai informasi seperti chipset, CPU, clock speed, cores, dan board.

Nah, itulah ulasan tentang berbagai cara cek chipset HP Android yang mudah. Anda bisa melakukan cek chipset tersebut tanpa aplikasi yaitu melalui menu peraturan langsung dan sebuah situs. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi yang ada pada PlayStore. (R10/HR-Online)