Selasa, Januari 31, 2023
BerandaTeknologiAplikasiCara Membuat WA Messenger dengan Mudah di Android

Cara Membuat WA Messenger dengan Mudah di Android

Cara membuat WA messenger sebenarnya cukup sederhana. Cara membuatnya dengan pembuatan akun baru di smartphone. Meski terbilang cukup mudah sayangnya masih banyak pengguna aplikasi WA yang belum tahu cara penggunaannya.

Padahal dengan menggunakan WA messenger komunikasi secara individu bisa Anda lakukan dengan mudah. Pastikan dulu jika Anda masih menggunakan nomor telepon yang masih aktif.

Sehingga nomor tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk daftar akun WhatsApp (WA). Pastikan nomor tersebut tidak hilang karena akan berdampak buruk terhadap informasi terkait akun WA yang Anda gunakan.

Baca Juga: Instal Ulang WhatsApp Tanpa Menghapus Data, Panduan Mudah

Cara Membuat WA Messenger Bagi Pemula

Sebagian besar pengguna media sosial tentu sudah menggunakan aplikasi populer  WhatsApp. Ada banyak varian versi WA baik itu bisnis dan individual atau WA (WhatsApp) .

WA messenger ini sendiri merupakan aplikasi pesan instan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan, foto, video, dokumen, dan panggilan suara dengan mudah.

Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis pada perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet. WhatsApp juga memiliki fitur grup yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan beberapa orang sekaligus.

Untuk membuat aplikasi WhatsApp Messenger, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Daftar untuk mendapatkan aplikasi WhatsApp Business dari WhatsApp.
  • Selanjutnya unduh WhatsApp Business API untuk memulai pengembangan aplikasi Anda.
  • Gunakan bahasa pemrograman seperti Java atau Python untuk membuat aplikasi Anda.
  • Setelah itu, pastikan untuk mengikuti semua aturan dan ketentuan WhatsApp Business saat mengembangkan aplikasi Anda.
  • Setelah selesai, Anda dapat mengupload aplikasi Anda ke toko aplikasi seperti Google Play atau App Store.

Pembuatan Akun WA Messenger di Android

Perlu Anda ingat sebelum cara membuat aplikasi WA Messenger Anda harus membuat akunnya terlebih dulu. Ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk pembuatan akun tersebut.

Baca Juga: Cara Install WhatsApp Mod di Android Sesuai dengan Versi 2023

Setelah berhasil baru Anda bisa menggunakan WA Messenger dengan mudah. Untuk membuat akun WhatsApp di Android, Anda harus mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:

  1. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp di perangkat Android Anda.
  2. Buka aplikasi WhatsApp.
  3. Pada halaman utama, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon Anda. Masukkan nomor telepon Anda yang aktif dan valid.
  4. Anda akan menerima kode verifikasi melalui pesan teks atau panggilan telepon. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima.
  5. Anda akan diminta untuk mengisi informasi profil Anda, seperti nama depan dan belakang, foto profil, dan status.
  6. Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, Anda sekarang dapat menggunakan WhatsApp untuk mengirim dan menerima pesan teks, panggilan suara, dan panggilan video.

Cara Menggunakan Aplikasi

Setelah Anda tahu cara membuat WA messenger, kini Anda perlu tahu bagaimana menggunakannya. Untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut coba ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Android Anda.
  2. Masuk dengan nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar akun WhatsApp.
  3. Setelah masuk, Anda akan dibawa ke halaman utama aplikasi.
  4. Untuk mengirim pesan teks, tekan ikon “New chat” di sisi kiri atas layar atau tekan ikon “+” di bagian bawah layar. Pilih kontak yang ingin Anda kirim pesan.
  5. Ketik pesan Anda di kolom yang tersedia dan tekan “Send” untuk mengirim pesan.
  6. Anda juga dapat mengirim foto, video, lokasi, dokumen, dll. dengan menekan ikon “Attachment” di kolom pesan.
  7. Untuk melakukan panggilan suara atau video, tekan ikon telepon atau kamera di sisi kiri bawah layar, pilih kontak yang ingin Anda panggil, dan tekan tombol call.
  8. Anda juga dapat membuat grup chat dengan menekan ikon “New Group” di halaman utama aplikasi dan menambahkan kontak yang ingin Anda masukkan ke grup.

Baca Juga: Cara Setting Proxy WhatsApp di Android, Kirim Chat Tanpa Internet

Fitur

Aplikasi WhatsApp menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan mudah dan efisien. Fitur ini pun kemungkinan besar juga dimiliki oleh WA messenger. Beberapa fitur utama aplikasi WhatsApp antara lain:

  • Pesan Teks
  • Panggilan Suara dan Video
  • Grup Chat
  • Media Sharing
  • Status
  • End-to-end encryption
  • Backup chat
  • Multi-platform

Sebagai pengguna WhatsApp Anda juga perlu tahu bagaimana pembuatan akun dan cara membuat WA messenger. Apalagi aplikasi ini mampu menawarkan berbagai fitur menarik untuk penggunanya. (R10/HR-Online)