Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Memperbaiki Sensor Pintu Mobil yang Rusak, Mudah!

Cara Memperbaiki Sensor Pintu Mobil yang Rusak, Mudah!

Cara memperbaiki sensor pintu mobil perlu untuk Anda ketahui. Hampir semua mobil memiliki sensor yang terletak pada pintunya. Pintu mobil merupakan salah satu bagian kendaraan yang terdapat sensor.

Sensor pintu mobil yang rusak bisa mengakibatkan alarm berbunyi terus. Alarm mobil yang berbunyi terus tanpa kenal waktu tentu sangat mengganggu. Hal tersebut bisa terjadi pasti karena beberapa penyebab.

Baca Juga: Penyebab Pintu Mobil Terkunci Sendiri yang Umum Terjadi

Cara Memperbaiki Sensor Pintu Mobil yang Rusak dengan Mudah

Pada pintu mobil terdapat sensor yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke control unit. Akan mengirimkan sinyal ke control unit apabila mobil mengalami guncangan atau getaran.

Selain itu, sensor mobil atau door switch ini juga bisa untuk mendeteksi suara yang keras seperti saat kaca pecah. Pengiriman sinyal pada kontrol unit tersebut bisa mengakibatkan alarm pada mobil berbunyi. 

Terdapat berbagai penyebab yang mengakibatkan alarm mobil tersebut berbunyi. Penyebab tersebut seperti pintu mobil yang belum tertutup dengan rapat.

Walaupun sudah merasa menutup pintu dengan rapat, ternyata masih ada yang membuat pintu belum tertutup rapat seperti tersangkut sesuatu. 

Hal ini akan mengakibatkan door switch mendeteksi sinyal keamanan sehingga alarm berbunyi. Pintu mobil yang tidak tertutup rapat bahaya bagi para penumpang apabila sedang melaju.

Memperbaiki Sensor Pintu Mobil

Sensor pintu mobil yang rusak bisa mengakibatkan alarm berbunyi dengan sendirinya. Alarm bisa berbunyi apabila terdapat gangguan pada sekitar mobil.

Namun tidak jarang alarm mobil berbunyi tanpa penyebab yang jelas. Sensor pintu mobil yang rusak, salah satunya adalah alarm berbunyi sendiri. 

Cara memperbaiki sensor pintu mobil yang rusak sangatlah mudah. Hanya dengan melakukan beberapa langkah saja alarm mobil tidak akan berbunyi sendiri lagi.

Apabila mendapati sensor pintu mobil rusak tentu harus membelinya yang baru. Hal ini supaya tidak akan ada kerusakan lainnya karena sensor sudah termakan usia. 

Baca Juga: Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil dengan Langkah Mudah

Lepaskan Baut yang Ada

Anda bisa membeli sensor pintu mobil tersebut di toko terdekat atau toko online. Apabila sudah berhasil mendapatkan sensor yang sesuai dengan jenis mobil, langsung lakukan cara memperbaiki sensor pintu mobil.

Langkah pertama cari letak sensor pintu yang rusak dan lepas bautnya menggunakan kunci. Apabila baut sudah terlepas, lanjut cabut soket berwarna putih antara door switch dengan kabel. 

Apabila merasa sulit melepas soket, gunakan bantuan obeng atau benda lainnya. Pastikan sebelum mencabut soket tersebut sensor pintu mobil yang baru sudah Anda siapkan.

Hal ini karena soket memiliki kabel pendek, sehingga jika Anda tidak memegangnya bisa masuk pada body. Jika hal tersebut terjadi maka susah untuk mengambilnya. 

Pasang Sensor yang Baru

Setelah mencabut soket tersebut lalu pasang door switch baru yang sudah Anda beli. Setelah itu, pasang dan kencangkan baut soket, pastikan memasangnya dengan benar agar tidak mudah terlepas.

Kemudian saat door switch sudah berhasil terpasang dengan benar lakukan pengetesan dengan menutup semua pintu. 

Setelah itu, tekan lock unlock pada remote mobil. Apabila sudah beberapa kali mencoba pada saat menekan button lock tidak berbunyi, berarti sensor pintu sudah kembali normal.

Selalu Lakukan Servis dan Cek Kondisi Aki

Untuk menghindari adanya kerusakan pada door switch atau sensor pintu mobil sebaiknya lakukan servis kendaraan dengan rutin. Saat melakukan servis biasanya montir akan cek semua kondisi mobil.

Dengan melakukan servis secara rutin bisa menghindari kerusakan yang ringan sampai berat. Seperti saat ada kerusakan pada sensor pintu yang mengakibatkan alarm berbunyi sendiri. 

Selain itu, dengan cek kondisi aki mobil secara rutin juga bisa mencegah sensor rusak. Aki mobil yang bermasalah bisa menjadi penyebab sensor rusak karena kesalahan saat melakukan output dan input data.

Oleh karena itu, selalu cek kondisi aki mobil supaya bisa melakukan pekerjaan dengan optimal. 

Baca Juga: Pengait Pintu Mobil Rusak, Faktor Penyebab dan Cara Memperbaiki

Anda bisa cek kondisi aki dengan cara melepas kepala yang bertanda minus. Setelah itu, kendorkan bagian tersebut dan angkat kepala aki dengan perlahan. Lalu diamkan selama tiga sampai lima menit dan pasang kembali.

Nah, itu tadi ulasan tentang cara memperbaiki sensor pintu mobil yang sudah rusak. Sensor pintu mobil memiliki peranan yang sangat penting. Apabila door switch rusak bisa mengakibatkan hal yang merugikan seperti alarm berbunyi terus, maka dari itu segera perbaiki dengan mengganti yang baru. (R10/HR-Online)