Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Menaikkan Battery Health iPhone Supaya Maksimal!

Cara Menaikkan Battery Health iPhone Supaya Maksimal!

Cara menaikkan battery health iPhone perlu Anda ketahui. Menaikkan battery health adalah cara agar kinerja baterai iPhone tetap optimal. Pasalnya, battery health atau kesehatan baterai memang sangat penting untuk para pengguna iPhone jaga.

Battery health iPhone bisa membantu untuk memantau kesehatan komponen baterai yaitu kapasitas maksimum. Kapasitas maksimum tersebut dapat mengindikasi daya maksimal yang masih bisa baterai tampung.

Seiring dengan bertambahnya umur, baterai akan mulai kehilangan kemampuannya untuk menampung daya maksimal.

Baca Juga: Cara Mirror Selfie iPhone agar Hasil Foto Tidak Terbalik

Cara Menaikkan Battery Health iPhone Agar Kinerja Tetap Terjaga

Baterai pada iPhone akan semakin boros setelah bertahun-tahun pemilik gunakan. Hal ini karena seiring berjalannya penggunaan unsur kimia pada baterai akan mengalami pengurangan kemampuan dalam menyimpan sejumlah daya.

Misalnya kapasitas baterai iPhone yang baru bisa menampung daya maksimal sebesar 3000 mAh dengan battery health 100%. Tetapi seiring bertambahnya umur dan penggunaan, penyimpanan daya dalam baterai dapat berkurang misal menjadi 2850 mAh battery health 95%. 

Tentu berkurangnya kemampuan dalam menyimpan daya maksimal tersebut, baterai menjadi lebih boros. Hal ini karena kemampuan daya tampung asli dari bawaan sudah berkurang.

Umumnya battery health pada iPhone akan mengalami penurunan hingga perlu melakukan ganti. Namun, tidak perlu khawatir karena terdapat berbagai cara menaikkan battery health iPhone yang bisa Anda coba seperti berikut ini:

Lakukan Kalibrasi Baterai Otomatis

Untuk menaikkan battery health iPhone Anda bisa memanfaatkan fitur kalibrasi baterai. Fitur kalibrasi baterai otomatis ini ada pada iOS 14.5 atau ponsel iPhone 11 series.

Fitur kalibrasi baterai ini memiliki tujuan untuk mengatur ulang dan cek kapasitas baterai maksimum dengan akurat. Proses kalibrasi baterai terjadi otomatis karena ponsel sudah terintegrasi langsung dengan sistem.

Selama proses kalibrasi baterai berjalan Anda bisa melihat notifikasi pada menu peraturan. Setelah itu, tekan baterai dan masuk pada menu kesehatan baterai.

Baca Juga: Aplikasi Bawaan iPhone yang Bisa Dihapus Secara Aman

Lakukan Kalibrasi Baterai Manual

Apabila iPhone Anda tidak bisa melakukan kalibrasi baterai secara otomatis bisa melakukannya secara manual. Cara menaikkan battery health iPhone ini sangatlah mudah namun, cukup memerlukan waktu yang lama.

Sehingga sebelum melakukan kalibrasi baterai secara manual pastikan Anda tidak sedang menggunakan iPhone. Berikut merupakan cara melakukan kalibrasi baterai iPhone secara manual:

1. Langkah pertama habiskan daya baterai ponsel terlebih dahulu sampai mati total.

2. Selanjutnya tunggu kurang lebih sampai 3 jam.

3. Setelah 3 jam isi daya baterai sampai mencapai 100% dan jangan cabut terlebih dahulu, tunggulah sampai 2 jam.

4. Setelah itu ulangi kembali proses ini dari langkah pertama.

5. Anda bisa menonaktifkan fitur yang tidak sedang dipakai.

Update Versi iOS Terbaru

IOS akan ada update terbaru setiap beberapa bulan sekali. Tentunya versi terbaru dari iOS akan hadir dengan berbagai perbaikan dan pengoptimalan.

Selain itu, tidak jarang juga para pengguna iPhone mengatakan bahwa battery health berubah setelah melakukan update iOS terbaru. 

Dengan melakukan update iOS versi terbaru bisa menambah battery health pada iPhone. Namun, sebaliknya bisa saja terjadi yaitu battery health akan berkurang.

Aktifkan Optimasi Pengisian Baterai

Cara menaikkan battery health iPhone selanjutnya yaitu mengaktifkan optimasi pengisian daya baterai. Fitur yang terdapat pada iPhone bisa Anda manfaatkan untuk perpanjangan usia baterai.

Cara kerja dari fitur optimasi pengisian daya baterai yaitu menggunakan machine learningMachine learning merupakan sistem yang bisa mempelajari kebiasaan dalam pengisian daya iPhone.

Biasanya para pengguna sering melakukan pengisian baterai satu malam penuh. Maka fitur ini yang akan mengurangi waktu dan menunda untuk baterai terisi penuh.

Baca Juga: Perbedaan iPhone Rekondisi dan Asli, Jangan Sampai Salah Pilih!

Ganti Baterai Baru

Apabila berbagai cara tersebut tidak berhasil untuk menaikkan battery health iPhone, masih terdapat satu langkah yang pasti akan berhasil. Cara tersebut yaitu mengganti baterai iPhone baru yang resmi.

Namun, pastikan mengganti baterai yang resmi dan original dari Apple. Biasanya iPhone tidak bisa membaca kesehatan baterai pada baterai yang tidak resmi dengan benar.

Mengganti baterai dengan yang baru sebaiknya Anda lakukan jika battery health sudah menunjukkan angka 80% ke bawah. Dengan mengganti baterai pada iPhone bisa mengembalikan kesehatan baterai menjadi 100% kembali.

Nah, itulah ulasan tentang cara menaikkan battery health iPhone supaya lebih maksimal. Berbagai cara tersebut bisa Anda coba apabila battery health mengalami penurunan. Mengingat pentingnya kesehatan baterai pada ponsel maka tidak salah apabila berusaha untuk menaikkannya. (R10/HR-Online)