Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Google Maps Error Bisa dengan Hapus Cache

Cara Mengatasi Google Maps Error Bisa dengan Hapus Cache

Cara mengatasi Google Maps error perlu Anda ketahui. Google Maps yang error bisa Anda atasi dengan berbagai cara. Pastinya pengguna akan kesal apabila Google Maps sedang mengalami masalah.

Hal itu karena, tidak bisa membantu untuk mencari lokasi tujuan dengan petunjuk arah. Google Maps memiliki manfaat yang penting bagi para pengguna, sehingga apabila terjadi error sangat merugikan.

Google Maps yang error biasanya akan keluar sendiri dari aplikasi, tidak bisa dibuka, dan petunjuk jalan berhenti secara tiba-tiba.

Baca Juga: Cara Share Location di iPhone Mudah dengan Beberapa Langkah

Cara Mengatasi Google Maps Error yang Bisa Pengguna Lakukan

Google Maps yang error memang sering penggunaan Android alami. Tentu hal ini sangat merugikan apabila sedang membutuhkan aplikasi tersebut untuk sebuah keperluan. Namun, jangan langsung panik apabila aplikasi Google Maps mengalami error.

Terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini merupakan cara mengatasi Google Maps error yang bisa Anda lakukan:

Hapus Data Cache Aplikasi

Menghapus data cache aplikasi Google Maps merupakan cara alternatif yang bisa pengguna lakukan. Apabila mendapati aplikasi tersebut sedang error tidak perlu khawatir. Salah satu cara untuk mengatasinya Anda bisa menghapus data cache dari aplikasi tersebut.

Lama kelamaan data cache akan menumpuk dan bisa menyebabkan aplikasi error. Maka dari itu Anda perlu melakukan penghapusan secara manual. Berikut merupakan langkah untuk menghapus data cache aplikasi Maps:

1. Langkah pertama bukalah menu pengaturan terlebih dahulu pada Android.

2. Setelah aplikasi berhasil terbuka, klik menu aplikasi terinstal.

3. Kemudian, scroll dan pilih aplikasi Google Maps.

4. Selanjutnya klik pada menu penyimpanan.

5. Setelah itu, klik hapus memori atau hapus cache.

Baca Juga: Mengaktifkan Fitur NFC pada HP Android dan iPhone

Aktifkan Izin Akses Aplikasi

Cara mengatasi Google Maps error selanjutnya yaitu bisa mengaktifkan izin akses pada aplikasi. Google Maps yang error bisa terjadi karena izin aksesnya belum pengguna aktifkan atau berikan. Maka dari itu sebaiknya cek terlebih dahulu apakah izin akses sudah aktif atau belum.

Hampir seluruh aplikasi akan meminta izin akses kepada pengguna. Hal ini terjadi untuk meminimalisir terjadi pencurian data atau pengendalian jarak jauh. Berikut merupakan langkah untuk memberikan izin akses aplikasi Google Maps:

1. Langkah pertama masuk terlebih dahulu pada menu peraturan.

2. Setelah berhasil masuk klik menu aplikasi terinstal.

3. Kemudian cari aplikasi Google Maps, lalu klik aplikasi tersebut.

4. Setelah itu klik opsi izin dan aktifkan izin akses pada bagian lokasi Anda.

5. Selain itu, juga aktifkan izin akses pada penyimpanan.

Lakukan Update Aplikasi

Cara mengatasi Google Maps error selanjutnya yaitu lakukan update aplikasi. Aplikasi yang sudah kadaluarsa bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya error. Dengan memperbarui versi aplikasi, bisa memperbaiki kerusakan dan bugs dengan cepat dan mudah.

Selain itu, update aplikasi biasanya juga akan menghadirkan berbagai tampilan dan fitur baru. Tetapi, untuk memperbarui aplikasi siapkan memori penyimpanan smartphone jangan sampai penuh. Berikut merupakan cara untuk update aplikasi Google Maps:

1. Langkah pertama bukalah aplikasi Google Play Store terlebih dahulu pada smartphone.

2. Setelah aplikasi berhasil terbuka, ketik Google Maps pada kolom pencarian dan klik cari.

3. Selanjutnya, akan muncul aplikasi Google Maps dan klik opsi update.

4. Tunggu sampai beberapa waktu supaya proses update selesai.

5. Setelah proses update selesai dilakukan penginstalan. Maka aplikasi Google Maps siap Anda gunakan.

Baca Juga: Trik Tersembunyi Android 13 yang Bermanfaat untuk Pengguna

Penyebab Maps Tidak Akurat Saat Mencari Lokasi

Saat menggunakan petunjuk arah, sebagian orang mengeluhkan bahwa lokasi tersebut tidak akurat. Sistem navigasi pada aplikasi tidak akurat terjadi karena beberapa faktor eksternal dan internal.

Faktor eksternal yang bisa menyebabkan hasil GPS tidak akurat yaitu karena jaringan internet yang lambat dan efek ROM bug. Penyebab selain itu juga bisa terjadi karena root pada sistem dan HP rusak.

Sedangkan untuk faktor internal yang bisa menjadi Google Maps tidak akurat yaitu kesalahan konfigurasi dalam pengaturan. Selain itu, jarang melakukan update aplikasi juga bisa menjadi salah satu penyebab maps tidak akurat.

Maka dari itu, cara mengatasi Google Maps error perlu Anda lakukan. Sehingga aplikasi berjalan dengan lancar dan bisa menjadi petunjuk jalan dengan akurat. (R10/HR-Online)