Minggu, Januari 29, 2023
BerandaTeknologiAplikasiCara Mengirim Pesan Suara di Facebook dengan Mudah

Cara Mengirim Pesan Suara di Facebook dengan Mudah

Cara mengirim pesan suara di Facebook bisa kita lakukan dengan sangat mudah. Saat ini, kita tidak hanya bisa mengirim pesan teks di Facebook, tetapi ada pula cara kirim pesan suara. Hal inilah yang kemudian membuat Facebook semakin banyak penggunanya.

Sebagai salah satu aplikasi sejuta umat, Facebook tidak henti-hentinya melakukan pembaruan. Salah satunya adalah dengan merilis fitur voice message atau pesan suara.

Fitur ini bisa digunakan oleh pengguna Android maupun iOS. Fitur tersebut berfungsi untuk merekam maupun mengirimkan pesan dalam bentuk suara.

Bahkan, kita bisa mengirim pesan suara tersebut ke semua kontak yang dimiliki. Berkat hadirnya fitur ini, memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya untuk menjalin komunikasi.

Baca Juga: Cara Hapus Album Foto di FB dengan Bantuan 2 Metode

Inilah Cara Mengirim Pesan Suara di Facebook

Selain memanfaatkan fitur voice message tersebut, ada cara lain yang bisa kita gunakan, yakni dengan memanfaatkan peramban Chrome.

Ekstensi Chrome ini lebih kita kenal sebagai Talk and Comment. Talk and Comment dapat menambahkan fitur pesan suara dari maupun ke pengguna lainnya.

Mengirim Pesan Suara di Facebook Melalui Ekstensi Talk and Comment

Untuk mengirim pesan suara di Facebook dengan memanfaatkan cara ini, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, silahkan unduh serta install ekstensi Talk and Comment.
  2. Tunggulah hingga proses install selesai. Setelah itu, kita akan diminta izin untuk memberikan akses microphone. Langsung saja klik tombol “Allow”.
  3. Langkah selanjutnya, masuk ke akun Facebook pribadi dan mulailah untuk membuat pesan baru.
  4. Bila ingin mengirim pesan suara klik ikon “Mic”. Kita bisa menemukannya di sebelah ikon kamera.
  5. Tahan hingga beberapa saat sampai selesai membuat pesan suara. Kemudian, lepaskan dan klik untuk mengirim unggahan pesan suara tersebut.
  6. Bila proses unggah tersebut selesai, akan muncul link dalam kotak pesan. Cukup tekan “Enter” dan pesan suara itu pun akan terkirim.
  7. Pada langkah ini, cara mengirim pesan suara di Facebook sudah selesai. Namun, kita bisa memastikan apakah pesan suara tersebut berhasil terkirim atau tidak.

Dalam beberapa kasus, pesan suara tersebut berubah menjadi link. Kita bisa klik link tersebut dan akan membuka tab baru.

Meskipun begitu, ketika link tersebut kita klik akan muncul pesan suara. Pesan suara tetap terdengar secara normal. Itu artinya, pesan suara masih bisa diterima.

Baca Juga: Cara Keluar dari Grup Facebook Melalui HP dengan Mudah

Mengirim Komentar Suara

Selain mengirim pesan suara di Facebook, ada pula cara lainnya yang tak kalah seru, yakni mengirim komentar suara.

Memberi komentar pada postingan Facebook ternyata tidak hanya berupa teks saja. Melainkan juga bisa menggunakan komentar suara.

Caranya tak jauh berbeda dengan sebelumnya, yakni menggunakan ekstensi Talk and Comment. Kita bisa menemukannya melalui Toko Web Chrome dan mendukung semua versi Google Chrome.

  1. Langkah pertama, silahkan unduh dan install ekstensi Talk and Comment.
  2. Bila sudah, masuk ke akun Facebook.
  3. Silahkan lihat kolom komentar, bisa ke akun milik sendiri maupun orang lain.
  4. Setelah itu, klik dua kali, kemudian tahan tombol mic hingga menunjukkan warna merah atau recording.
  5. Selama menahan atau menekan, mulailah untuk merekam suara melalui mic tersebut.
  6. Jika dirasa cukup, silahkan lepas.
  7. Tunggulah selama beberapa saat hingga proses upload selesai, jika sudah tinggal tekan “Enter”.
  8. Selesai, komentar suara tersebut akan terkirim ke penerima.

Baca Juga: Cara Menghapus Tag di FB dengan Mengaktifkan Reviewnya

Kelebihan dan Kekurangan

Cara mengirim pesan suara di Facebook memang terbilang mudah. Namun, cara ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Salah satu kelebihannya, komentar menjadi lebih hidup. Umumnya, komentar dalam bentuk teks atau stiker cenderung monoton.

Kelebihan lainnya, lebih seru karena kita bisa mengatakan sesuatu kepada seseorang melalui komentar maupun pesan.

Selain kelebihan, ada pula kekurangannya yakni kita harus memiliki koneksi internet stabil. Bila koneksi internet tidak stabil, proses recording maupun pengiriman suara akan terhambat.

Bagi pengguna yang tidak mempunyai microphone, ada kemungkinan hasil rekaman kurang jelas dan jernih. Kemudian, masih belum ada efek suara seperti yang kita temukan di Kakao Talk atau aplikasi semacamnya.

Itulah tadi cara mengirim pesan suara di Facebook yang tak ada salahnya untuk diterapkan. Kini, komunikasi dan interaksi kita di Facebook semakin mudah dan seru. (R10/HR-Online)