Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Meninggikan Shock Depan Sepeda Motor, Mau Coba?

Cara Meninggikan Shock Depan Sepeda Motor, Mau Coba?

Cara meninggikan shock depan bisa Anda coba sendiri atau meminta bantuan. Sebab, cara untuk meninggikan shock bagian ,depan memang sedikit sulit. Karena itu tidak semua orang bisa mencoba tips otomotif ini sendiri di rumah.

Shock atau shockbreaker merupakan komponen sepeda motor yang memiliki peran penting. Shock berfungsi untuk meredam hentakan energi kinetik sebab melewati jalanan bergelombang.

Saat berkendara kita memang sering melewati jalan yang tidak rata maupun banyak lubang.

Akibatnya saat melewatinya akan terasa guncangan yang mengganggu pengendara maupun penumpang. Di sinilah peran shock bermula, ia membuat guncangan yang terjadi tidak berlebihan.

Sehingga selama berkendara kita akan merasa aman dan nyaman tanpa terganggu guncangan.

Selain meredam guncangan, shock juga memiliki peran yang penting ketika melewati tikungan.

Selama mengendarai motor dan melewati tikungan, komponen shock akan menjaga motor agar tidak oleng. Dengan begitu kita bisa berkendara dengan aman meskipun melewati berbagai medan.

Baca Juga: Cara Membuat Shock Belakang Motor Empuk, Cek Seal dan Olinya

Cara Meninggikan Shock Depan Sepeda Motor

Shockbreaker motor bukan hanya satu saja, namun ada dua yaitu di bagian depan dan belakang. Komponen motor ini sendiri terbuat logam baja yang kuat. Tujuannya yaitu agar shock memiliki daya tahan yang bagus, kuat, dan juga tidak mudah rusak.

Shock motor juga termasuk salah satu bagian yang menjadi sasaran modifikasi pemiliknya. Salah satu contoh modifikasinya yaitu dengan meninggikan shock baik depan maupun belakang.

Modifikasi tersebut juga bukan tanpa tujuan, namun memiliki maksud dan fungsi tertentu.

Misalnya yaitu untuk membuat penampilan motor menjadi lebih keren dan menarik. Shock yang tinggi memang akan membuat motor terlihat keren, apalagi jika berpadu dengan ban lebar.

Selain untuk mengubah penampilan, meninggikan shock juga bisa bertujuan untuk menyesuaikan medan jalanan.

Seperti yang kita tahu, tidak semua jalanan mulus, namun ada pula jalanan yang kurang baik. Akibatnya motor harus bisa melalui berbagai medan tersebut selama kita mengendarainya.

Dengan meninggikan shock, maka motor akan terasa lebih nyaman ketika melewati berbagai medan.

Orang-orang banyak yang mencoba cara meninggikan shock depan dengan berbagai tujuan di atas. Meninggikan shock ini juga bisa Anda terapkan pada sepeda motor Anda.

Nah, jika tertarik untuk mencobanya berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan:

Baca Juga: Cara Membuat Shock Depan Motor Empuk dengan Beberapa Langkah Ini

Menggunakan Peninggi Shock

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memasang peninggi shock. Biasanya produsen sudah menyesuaikan ukuran maupun posisinya untuk semua jenis motor. Dengan begitu, maka pemasangan peninggi shock tersebut akan menjadi lebih mudah.

Misal pada peninggi shock depan pemasangannya bisa disambung dengan as shock motor. Meskipun terkesan sangat mudah, namun penggunaan peninggi shock ini juga memiliki kekurangan. Misalnya yaitu mudah rusak dan menyebabkan motor menjadi tidak seimbang ketika berkendara.

Mengganti As Shockbreaker yang Ukurannya Lebih Panjang

Cara meninggikan shock depan selanjutnya yaitu dengan mengganti as shockbreaker dengan yang ukurannya lebih panjang.

Cara ini tentunya sangat mudah, aman, dan cocok untuk Anda terapkan. Anda hanya perlu mengganti as shock yang berdiameter sama namun ukurannya lebih panjang.

Dengan begitu maka shock depan motor akan menjadi lebih tinggi serta tetap aman. Cara ini pun tidak membutuhkan bahan tambahan lain selain as shock. Akhirnya Anda bisa lebih menghemat dan tidak perlu repot mencari bahan lainnya.

Baca Juga: Kapan Shockbreaker Motor Harus Diganti, Ketahui Gejalanya

Mengganjal Bagian Suling

Cara terakhir yang bisa Anda coba yaitu dengan mengganjal bagian suling. Tujuannya yaitu agar posisi as sok menjadi lebih naik atau menjadi lebih tinggi. Untuk mengganjalnya, Anda bisa menggunakan pen piston yang sudah tidak terpakai.

Cara memasangnya Anda bisa meletakkan pen piston di bawah pipa suling. Jika posisinya sudah benar di dalam tabung sok, maka bisa Anda pasangi baut. Jangan lupa juga untuk menambah kapasitas oli agar kekerasannya bisa kembali sesuai.

Itulah cara meninggikan shock depan sepeda motor yang bisa Anda terapkan. Anda bisa memilih cara mana yang paling mudah dan juga aman bagi kendaraan. Jika sekiranya tidak bisa menerapkan cara di atas sendiri, maka sebaiknya Anda meminta bantuan ahlinya saja. (R10/HR-Online)