Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Pasang Power Tape Mobil 2 Channel dan 4 Channel

Cara Pasang Power Tape Mobil 2 Channel dan 4 Channel

Cara pasang power tape mobil bisa Anda lakukan sendiri tanpa pergi ke bengkel. Memasang power tape mobil harus benar dan sesuai. Terkadang orang memasang power tape mobil untuk memenuhi kebutuhan.

Memang mobil saat ini masih menjadi minat utama bagi masyarakat. Maka tidak heran apabila mobil banyak berlalu lalang, sehingga membuat jalanan padat dan ramai.

Bahkan tidak jarang jalanan kota menjadi macet dan mobil tidak bisa bergerak sedikitpun. Pasti hal tersebut membuat para pengendara sedikit kecewa. Biasanya para pengendara akan memutar musik untuk meningkatkan mood saat macet.

Baca Juga: Menghubungkan HP ke Tape Mobil, Berikut Pilihan Cara Mudahnya

Cara Pasang Power Tape Mobil 2 Channel dan 4 Channel yang Sesuai

Saat akan memasang power tape pada mobil tentu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Perhatikan segi audio pada mobil supaya saat mendengarnya terasa nyaman. Anda bisa memilih power tape yang memiliki kualitas unggul agar suaranya enak didengar. 

Selain itu juga harus memperhatikan cara pemasangan power tape harus tepat dan sesuai. Dalam melakukan pemasangan sendiri Anda bisa mengikuti petunjuk yang ada pada power tape tersebut.

Namun, juga harus benar-benar mengetahui spesifikasi dan jenis dari masing-masing tape tersebut. 

Hal ini karena terdapat berbagai jenis power tape mobil seperti power amplifier 2 channel dan 4 channel. Anda juga harus mengetahui apakah power tape tersebut memiliki kestabilan supaya bisa bekerja impedansi speaker berapa ohm.

Perhatikan Komponen Tambahan

Tidak hanya itu, Anda juga harus mengetahui apakah power tape tersebut mendukung bridge atau tidak. Jika Anda menambahkan beberapa komponen lain seperti bridge model, maka power amplifier akan berubah.

Power amplifier tersebut bisa menjadi power dengan output tunggal atau mono dengan bridge output 200 watt. Power dengan output mono dan bridge output 200 watt akan bekerja baik pada impedansi speaker 2 Ohm.

Baca Juga: Bagian-Bagian Dashboard Mobil, Kenali Fungsinya Berikut Ini!

Pasang Power Tape 2 Channel

Cara pasang power tape mobil 2 channel dapat Anda lakukan sendiri, namun tetap harus mengikuti petunjuk. Power tape 2 channel umumnya digunakan oleh pemilik mobil yang senang dengan suara langsung dari head unit.

Head unit tersebut biasanya juga telah terpadu standar dengan empat speaker bawaan mobil. Power tape 2 channel juga ada pada rangkaian sistem audio yang menggunakan amplifier untuk menggerakkan sebuah speaker spl.

Untuk pemasangan power tape 2 channel pastikan sesuai dengan petunjuk pada tape yang Anda beli. Sambungkan kabel dari head unit ke speaker yang sesuai.

Namun, apabila ingin menambah suara bass supaya keras, Anda bisa menambah satu power audio mobil 2 channel. 

Jadi, 2 output pada power cukup untuk bridge mono sehingga bisa menggerakkan satu speaker subwoofer. Pemasangan power tape 2 channel menggunakan komposisi speaker 2 ohm.

Pada rangkaian tersebut bisa Anda konfigurasikan dengan satu speaker atau menggabung 2 speaker. 

Tetapi, asalkan impedansinya mampu power Anda sokong. Misal pada power tape yang Anda miliki memiliki detail bread model 1×400 watt/ 2 ohm.

Anda bisa menggunakan dua speaker subwoofer yang masing-masing memiliki 200 watt dengan komposisi 2 ohm.

Pasang Power Tape 4 Channel

Cara pasang power tape mobil 4 channel sebenarnya memiliki rangkaian yang sama dengan 2 channel. Namun, power tape 4 channel memiliki output empat buah yang keluar dan bisa disambungkan pada dua speaker sisi kanan dan kiri.

Power tape 4 channel mempunyai dua subwoofer yang masing-masing memiliki impedansi 2 ohm. Untuk pemasangannya Anda bisa mengikuti petunjuk langsung dari power tape. 

Sambungkan kabel pada head unit ke power amplifier yang sesuai. Selain itu Anda juga harus menyambungkan kabel dari speaker ke power amplifier.

Pastikan saat menyambung kabel harus tepat dan sesuai supaya tidak terjadi korsleting arus listrik mobil. 

Anda hanya memerlukan 2 channel output untuk speaker midbass dan tweeter. Selain itu satu buah subwoofer untuk menambah output dari suara bass.

Dengan menambah 2 channel pada power tape 4 channel bisa membuat daya subwoofer semakin besar. 

Baca Juga: Cara Membersihkan Dashboard Mobil dengan Mudah dan Simpel

Dalam pemasangan power tape 4 channel Anda harus memperhatikan bahwa konfigurasi subwoofer yang ada yaitu 2 ohm. Tetapi, Anda bisa mengubahnya menjadi satu ohm atau 4 ohm sesuai kemampuan power amplifier. Hal ini karena setiap power amplifier akan memiliki spesifikasi yang berbeda.

Demikian ulasan tentang cara pasang power tape mobil 2 channel dan 4 channel. Dalam pemasangan power pastikan selalu berhati-hati serta memasangnya dengan tepat dan sesuai. (R10/HR-Online)