Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Setel Karburator Brebet yang Mudah dan Benar

Cara Setel Karburator Brebet yang Mudah dan Benar

Cara setel karburator brebet sebenarnya tidak terlalu rumit. Bahkan Anda bisa mencoba cara ini untuk setel bagian karburator yang brebet. Karburator motor sendiri merupakan salah satu komponen yang penting dan berpengaruh bagi mesin.

Motor memang memiliki dua jenis sistem bahan bakar yang sering kita temui. Pertama yaitu karburator, sedangkan yang kedua yaitu full injection.

Motor keluaran terbaru zaman sekarang kebanyakan sudah menggunakan teknologi fuel injection.

Sebab teknologi ini mampu membuat mesin semakin bertenaga, irit, dan juga responsif. Meskipun begitu, masih ada juga pabrikan yang setia menggunakan teknologi karburator. Masyarakat bahkan juga banyak yang masih memilih motor karburator daripada fuel injection.

Baca Juga: Fungsi Karburator Motor Beserta Komponen-komponennya

Cara Setel Karburator Brebet yang Bisa Anda Coba

Karburator berfungsi dalam mencampurkan bahan bakar dan udara yang menuju ke mesin. Oleh sebab itu, jika karburator bermasalah maka kinerja mesin motor juga akan terganggu. Karenanya tentu penting untuk selalu menjaga kondisi motor.

Karburator motor memang bisa mengalami masalah, apalagi jika usia penggunaannya sudah lama. Salah satu masalahnya yang cukup sering terjadi yaitu karburator brebet.

Masalah tersebut bisa terjadi karena penyebab tertentu, bukan hanya masalah umur saja.

Penyebabnya yaitu biasanya jarum skep mulai oblak hingga seperti mau copot saat kita menggoyangkannya. Jarum skep sendiri berfungsi untuk penentu debit bahan bakar yang masuk ke ruang bakar.

Jika ia bermasalah, maka bahan bakar yang masuk juga tidak optimal sehingga membuat mesin brebet.

Jika mengalami masalah tersebut tentu banyak orang yang mencari cara setel karburator brebet. Tujuannya tentu saja agar masalah tersebut bisa terselesaikan dengan lebih cepat. Sehingga pemilik motor bisa menggunakan motor dengan lebih nyaman seperti biasa.

Cara menyetel karburator ini sebenarnya juga tidak terlalu sulit dan bisa Anda coba sendiri. Bahkan Anda tidak perlu ke bengkel, apalagi jika Anda memang gemar mengutak-atik motor. Untuk Anda yang penasaran, berikut adalah langkah-langkahnya:

Baca Juga: Penyebab Karburator Motor Banjir yang Sering Terjadi, Karena Ini!

Siapkan Alat

Pertama Anda harus menyiapkan alat terlebih dahulu, yaitu obeng untuk memutar sekrup. Karburator memiliki dua sekrup yang berfungsi menyetel udara dan menyetel gas. Nah, obeng yang kita butuhkan yaitu obeng min (-) untuk memutar sekrup tersebut.

Hidupkan Mesin

Setelah mendapatkan alatnya, cara setel karburator brebet berikutnya harus menghidupkan mesinnya dulu. Tujuannya yaitu agar Anda bisa mendapatkan setingan yang pas.

Setel Sekrup Gas

Saat mesin menyala dan tuas gas memang terasa brebet maka Anda bisa menyetel sekrup gas. Caranya yaitu dengan memutar sekrup gas ke kanan atau searah dengan jarum jam. Agar hasilnya maksimal pastikan untuk memutarnya satu hingga dua putaran saja.

Memutar sekrup gas ini bertujuan agar sekrup semakin masuk ke dalam karburator dan menekan katup gas. Sehingga membuatnya semakin terbuka dan RPM mesin semakin tinggi.

Setel Sekrup Penyetel Udara

Selanjutnya setel sekrup penyetel udara yang berfungsi menutup saluran idle. Putarlah sekrup ke arah kanan saat RPM naik hingga di atas 1.500 RPM. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi udara yang akan masuk ke mesin.

Buka Sekrup Angin

Cara setel karburator brebet selanjutnya buka sekrup angin dalam keadaan mesin masih menyala. Jika mesin mati sebelum saluran Anda tutup maka hentikan putaran sekrup angin lalu biarkan mesin mencapai RPM rendah. Selanjutnya putar sekrup dengan arah membuka agar RPM bisa naik setelah udara di tutup.

Baca Juga: Tanda-Tanda Karburator Vakum Rusak yang Penting Diketahui

Turunkan Setelan Gas

Langkah terakhir yaitu dengan menurunkan setelan gas untuk menghasilkan idle yang ideal. Putarlah skrup gas ke arah kiri hingga mencapai idle RPM yang Anda inginkan.

Anda juga bisa memutar sekrup hingga 900-1000 RPM yang merupakan idel RPM standar motor.

Setelah penyetelan selesai maka Anda bisa mencoba mesin motor dengan mematikannya dahulu. Kemudian nyalakan motor menggunakan tombol electric starter maupun kick starter. Jika penyetelan sudah benar maka motor akan langsung menyala.

Itulah cara setel karburator brebet yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Jika sekiranya mesin masih brebet maka bisa saja masalahnya terletak pada busi mesin. Untuk mengatasinya Anda bisa mengganti busi dan menyetel karburator motor. (R10/HR-Online)