Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Setting Sensor Gerak di HP, Bisa Melalui Menu Pengaturan

Cara Setting Sensor Gerak di HP, Bisa Melalui Menu Pengaturan

Cara setting sensor gerak di HP bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah. Setting sensor gerak pada HP dapat Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Maka dari itu simak tutorial HP di bawah ini hingga selesai.

Sensor HP bisa bermacam-macam jenis salah satunya yaitu sensor gerak. Hampir semua HP saat ini memiliki sensor gerak yang bisa melengkapi kebutuhan.

Baca Juga: Cara Cek Chipset HP Android Lewat Pengaturan dan Aplikasi

Cara Setting Sensor Gerak di HP Android yang Mudah

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, HP memiliki berbagai fitur yang bermanfaat. Salah satu fitur yang umum yaitu sensor gerak.

Sensor gerak berfungsi untuk memantau berbagai pergerakan perangkat. Berbagai pergerakan tersebut seperti guncangan, ayunan, rotasi, atau gerakan miring. 

Semua gerakan ini biasanya berupa refleksi input dari pengguna langsung. Selain itu, juga bisa menjadi refleksi dari lingkungan fisik tempat perangkat tersebut berada.

Sensor gerak juga biasa disebut dengan sensor gyro. Sensor gyro adalah sensor yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi suatu gerakan sesuai dengan gravitasi bumi atau gerakan dari pengguna. 

Pada HP Android umumnya akan terdapat sensor gerakan, tetapi ada juga yang tidak support. Bagi pemilik HP Android yang sudah dengan sensor tidak ada salahnya untuk menyetingnya.

Berikut merupakan cara setting sensor gerak di HP Android yang perlu Anda ketahui.

Setting Melalui Menu Pengaturan

Bagi Anda pengguna smartphone Android bisa melakukan setting langsung pada menu pengaturan. Selain bisa melakukan setting, melalui menu pengaturan ini Anda juga bisa melihat sensor apa saja yang ada pada smartphone tersebut.

Caranya cukup mudah, hanya dengan beberapa langkah saja. Berikut merupakan cara setting sensor gerak melalui menu pengaturan:

  1. Langkah pertama buka menu pengaturan terlebih dahulu.
  2. Setelah berhasil terbuka scroll sampai menemukan menu about phone, lalu klik.
  3. Kemudian carilah menu versi kernel yang umumnya terletak pada bagian bawah sendiri.
  4. Apabila sudah menemukan tap menu tersebut sebanyak lima kali.
  5. Setelah itu, akan masuk pada engineering mode, pada menu ini bisa menemukan berbagai opsi untuk setting atau tes sensor satu per satu.

Baca Juga: Rotasi Layar Tidak Berfungsi? Ini Cara Mengatasinya!

Setting Melalui Kode USSD

Cara setting sensor gerak di HP selanjutnya yaitu bisa melalui kode USSD. USSD juga biasa disebut dengan kode rahasia yang memiliki banyak fungsi sesuai dengan kombinasi angka, pagar, dan bintang.

Anda bisa melakukan langkah ini melalui menu telepon sama seperti pada saat akan cek pulsa. 

Dengan langkah ini Anda bisa mengakses berbagai menu setting dan pengujian sensor. Ada banyak yang bisa Anda lakukan yaitu bisa setting dan tes pada sensor gyro, koneksi WiFi, layar, dan bluetooth.

Berikut merupakan cara setting sensor gerak melalui kode USSD:

  1. Langkah pertama bukalah menu telepon terlebih dahulu pada Android.
  2. Setelah itu, akses menu yang bisa memunculkan papan ketik.
  3. Kemudian ketikan kombinasi *#*#64663#*#*.
  4. Selanjutnya Anda akan masuk pada laman pengujian hardware.

Baca Juga: Cara Mengganti Kunci Layar HP yang Mudah!

Setting Melalui Aplikasi Sensor Box for Android

Selain melalui fitur yang ada pada Android secara langsung Anda juga bisa memanfaatkan sebuah aplikasi tambahan. Anda bisa menggunakan aplikasi Sensor Box for Android untuk bisa melakukan setting pada sensor gerak.

Aplikasi ini merupakan salah satu yang terbaik karena jumlah penduduknya sudah lebih dari 5 juta. 

Pada aplikasi ini Anda bisa menemukan berbagai menu sensor. Apabila perangkat Android tidak mendukung sebuah sensor, maka akan terdapat pemberitahuan. Berikut merupakan cara setting sensor gerak melalui Aplikasi Sensor Box for Android.

  1. Langkah pertama install terlebih dahulu aplikasi Sensor Box for Android pada Play Store.
  2. Buka aplikasi Play Store pada Android lalu ketik Sensor Box For Android pada kolom pencarian.
  3. Setelah aplikasi muncul, klik tombol install dan tunggulah beberapa saat sampai proses selesai.
  4. Setelah proses pengunduhan selesai lanjut untuk menginstall aplikasi tersebut.
  5. Apabila proses install sudah selesai lanjut untuk buka aplikasi. Kemudian pilih menu gyroscope sensor untuk melakukan setting atau pengujian.

Nah, itulah ulasan tentang cara setting sensor gerak di HP Android yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mengikuti berbagai langkah tersebut untuk memenuhi kebutuhan setting sensor gerak. Namun, apabila tidak berhasil berarti Android Anda belum mendukung sensor gerak. (R10/HR-Online)