Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Tes Shockbreaker Mobil Terjadi Masalah atau Tidak

Cara Tes Shockbreaker Mobil Terjadi Masalah atau Tidak

Cara tes shockbreaker mobil penting untuk Anda ketahui. Shockbreaker harus Anda cek dengan rutin untuk mengetahui apakah terdapat masalah atau tidak. Pada mobil terdapat bagian-bagian yang penting salah satunya yaitu shockbreaker mobil

Maka dari itu, penting untuk menjaganya supaya bisa terhindar dari berbagai masalah. Apabila bagian komponen mobil ini memiliki masalah tentu berkendara menjadi tidak nyaman. Namun, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara untuk mengetahui apakah shockbreaker mengalami masalah atau tidak.

Baca Juga: Tips Membeli Shockbreaker Mobil Bekas Agar Tidak Salah Pilih

Cara Tes Shockbreaker Mobil Terdapat Dua Cara

Untuk tes shockbreaker pada mobil apakah mengalami masalah atau tidak terdapat dua cara. Tentunya cara tersebut sangat mudah untuk Anda lakukan. Apabila terjadi masalah segera perbaiki atau ganti shockbreaker dengan yang baru. 

Hal ini harus Anda lakukan supaya bisa menghindari hal-hal yang buruk terjadi. Terdapat dua cara untuk tes shockbreaker mobil yaitu lihat tampilannya dan langsung mencoba mobil.

Melihat Kondisi dari Tampilan Shockbreaker

Cara tes shockbreaker mobil supaya mengetahui terdapat masalah atau tidak yang pertama yaitu dengan melihat kondisi tampilannya. Dengan melihat langsung tampilan shockbreaker Anda bisa mengetahui kondisinya seperti apa.

Anda bisa langsung masuk ke bawah mobil untuk melihat kondisi dari komponen tersebut. Apabila komponen mobil tersebut terlihat baik-baik saja dan tidak rusak, maka memang tidak ada masalah. 

Namun, beda lagi apabila Anda melihat kondisi shockbreaker bengkok. Komponen mobil tersebut bengkok sudah pasti terjadi masalah dan harus Anda lakukan penggantian.

Apabila tidak melakukan penggantian dan Anda biarkan saja tentu akan sangat berbahaya. Maka dari itu, sebaiknya langsung melakukan penggantian apabila melihat shockbreaker bengkok tidak lurus. 

Selain melihat kondisi komponen mobil tersebut lurus atau bengkok, Anda juga melihat Apakah terdapat oli yang keluar atau tidak. Apabila terdapat oli yang keluar dari shockbreaker maka terjadi masalah pada komponen tersebut.

Jika Anda menemukan kondisi kebocoran pada komponen mobil tersebut, sebaiknya segera lakukan penggantian. Apabila tidak menggantinya pasti saat berkendara akan kurang nyaman.

Baca Juga: Shock Breaker Mobil Bocor, Berikut Penyebab dan Sejumlah Bahayanya!

Langsung Mengendarai Mobil

Cara tes shockbreaker mobil mengalami masalah atau tidak selanjutnya yaitu langsung dengan mengendarai mobil. Untuk mengetahui shockbreaker mengalami kerusakan atau tidak anda bisa langsung mengendarai mobil tersebut untuk melakukan mengecek.

Anda bisa langsung melakukan tes dengan mengendarai kendaraan di jalanan seperti biasa. Apabila kondisi mobil Anda tetap nyaman dan tidak menimbulkan suara mencurigakan maka tidak sedang terjadi kerusakan pada shockbreaker. 

Tetapi, apabila saat Anda berkendara menimbulkan bunyi dan terasa keras tentu terdapat masalah kerusakan. Selain itu, mobil yang sedang Anda kendarai merasa tidak nyaman juga bisa terjadi karena shockbreaker mengalami masalah.

Apabila saat mengendarai mobil tersebut dalam kondisi cepat pada jalanan lurus namun, terasa sedikit limbung juga pertanda terjadi masalah. Apabila saat berkendara merasakan kondisi tersebut segera lakukan perbaikan atau penggantian karena shockbreaker telah mengalami masalah kerusakan.

Baca Juga: As Roda Mobil Rusak, Segera Ketahui Ciri-cirinya!

Tips Merawat Shockbreaker Mobil Supaya Tetap Nyaman

Supaya saat berkendara tetap nyaman sebaiknya harus menjaga shockbreaker dengan merawatnya. Hal ini bisa Anda lakukan agar komponen mobil tersebut tidak mudah rusak.

Pastikan selalu membersihkan bagian shockbreaker dengan rutin. Apalagi saat musim hujan tiba, tentunya bagian mobil tersebut akan terkena debu dan kotoran. 

Kotoran dan debu yang menempel bisa membuat gesekan pada dinding shockbreaker sehingga bisa cepat aus dan terkikis. Selain itu, air hujan yang menempel pada komponen mobil tersebut juga bisa menyebabkan timbulnya karat.

Sehingga shockbreaker pada mobil akan cepat rusak dan berkendara menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu, setelah melewati jalanan dalam kondisi hujan segera bersihkan komponen mobil tersebut dengan air bersih.

Tidak hanya itu, sebaiknya jangan sering melewati jalanan yang tidak rata dan bergelombang. Hal itu karena bisa membuat shockbreaker lebih cepat rusak. Tetapi, apabila memang harus melewati jalan tersebut jangan berkendara dalam kecepatan tinggi.

Nah, itu dia ulasan tentang cara tes shockbreaker mobil apakah terjadi masalah atau tidak. Apabila shockbreaker mengalami masalah kerusakan segera memperbaikinya atau mengganti dengan yang baru. Hal ini harus Anda lakukan supaya berkendara tetap nyaman dan tidak menimbulkan hal-hal buruk bisa terjadi. (R10/HR-Online)