Kamis, Februari 9, 2023
BerandaBerita JabarCipak Koceak MZD Garut, Bikin Menjerit Kepedasan

Cipak Koceak MZD Garut, Bikin Menjerit Kepedasan

Cipak Koceak MZD Garut adalah jajanan viral yang terbuat dari tepung tapioka (aci) dengan bumbu minyak cabai. Rasanya yang gurih dan pedas membuat orang-orang khususnya pecinta pedas ketagihan memakannya, apalagi jika disajikan dengan hidangan mie.

Nama cipak merupakan singkatan dari aci dempak, bentuknya bulat gepeng seperti koin. Sedangkan koceak berasal dari ungkapan bahasa Sunda yang artinya menjerit.

Secara keseluruhan, nama cipak koceak adalah makanan bulat gepeng yang membuat siapa pun menjerit karena sangat pedas.

Lokasi kedai Cipak Koceak MZD berada di Jalan Cikamiri, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Cuanki Garut Kang Gayabag Tasikmalaya, Jajanan Enak Berkuah

Popularitas makanan ini membuat penggiat kuliner dari berbagai daerah datang langsung ke kedainya. Berikut ulasan singkat mengenai suasana di kedai dan rekomendasi menu makanan best seller yang bisa Anda coba.

Ulasan Cipak Koceak MZD Garut

Garut memiliki beberapa jenis makanan tradisional yang menyebar ke wilayah Jawa Barat, mulai dari dodol, cuanki, baso aci, sambal cibiuk, hingga es goyobod. Kehadiran cipak koceak pun menambah daftar kuliner khas Garut yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan.

Asiknya ‘Pesta Cabe’

Dalam dunia masak memasak, cabai atau cabe sudah menjadi bumbu dasar yang menciptakan rasa pedas. Meski harga cabe menjadi semakin mahal dari waktu ke waktu,

Cipak Koceak MZD Garut justru malah mengadakan pesta cabe untuk pelanggan. Artinya, setiap orang yang datang harus menyiapkan nyali untuk mencoba level tertinggi.

Mengutip akun sosial media resminya, kedai ini mengklaim sebagai pelopor cipak koceak pertama di Garut.

Makanan bulat gepeng yang pedas ini memiliki irisan daging ayam di dalamnya dengan sentuhan akhir perasan jeruk nipis. Hasilnya, makanan ini menghasilkan rasa gurih, pedas, dan asam yang benar-benar bikin menjerit.

Baca Juga: Baso Aci Acay Tasikmalaya, Jajanan Pedas Asal Garut

Ada Mie Riweuh dan Seseafoodtan

Bagi sobat kuliner pecinta pedas, budget untuk mencicipi masakan Cipak Koceak MZD Garut ternyata cukup terjangkau. Harga menu makanan berkisar antara Rp 8.000 hingga 27.000 per porsi, anti bangkrut sekalipun mentraktir teman.

Selain cipak koceak, ada juga Mie Riweuh yang menjadi salah satu menu terlaris. Sajian mie goreng dengan pangsit basah, pangsit kering, taburan pilus, dan daun bawang membuat rasanya tidak kalah enak dengan cipak koceak.

Ada juga Seseafoodtan, sajian frozen food yang terbuat dari makanan laut. Pelanggan bisa meminta bumbu pedas gurih atau pedas manis, tergantung suasana hati. Dijamin setelah makan disini, suasana hati akan membaik. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)