Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruContoh Energi Gerak Menjadi Bunyi yang Ada di Kehidupan

Contoh Energi Gerak Menjadi Bunyi yang Ada di Kehidupan

Contoh energi gerak menjadi bunyi terjadi di kehidupan. Perubahan energi gerak menjadi bunyi ini cukup sering terjadi. Adapun perubahan energi menjadi hal yang sangat menarik.

Di kehidupan sehari-hari, manusia akan melakukan berbagai jenis aktivitas. Dalam melakukan aktivitas tersebut, manusia membutuhkan satu hal yang bernamama energi.

Energi di dalam tubuh manusia akan terbentuk dari asupan makanan. Manusia tidak akan bisa melakukan apapun tanpa adanya energi.

Di dunia ini ternyata ada beberapa jenis energi. Setiap energi tersebut juga pastinya dapat mengalami perubahan, misalnya energi gerak yang berubah menjadi bunyi.

Baca Juga: Bentuk Perubahan Energi, Kenali Pengertian dan Contohnya!

Apa Saja Contoh Energi Gerak Menjadi Bunyi?

Energi pada dasarnya sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari. Setiap kegiatan yang manusia lakukan akan membutuhkan energi.

Apabila energi berkurang, maka artinya manusia tidak akan bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Sepanjang sejarah, manusia juga berhasil menciptakan berbagai macam alat yang dapat menghasilkan energi.

Hal tersebut selaras dengan bunyi hukum kekekalan energi, yaitu yang menyatakan bahwa energi sebenarnya tidak dapat diciptakan maupun musnah, melainkan hanya berubah ke wujud lain.

Dalam hal ini, manusia dapat membuat mesin yang mampu mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Contoh paling mudah adalah mesin mobil.

Mesin pada mobil menggunakan sumber kimia yang berasal dari bakar, kemudian energi tersebut berubah menjadi energi gerak.

Ada berbagai macam jenis energi yang dapat berubah bentuk, mulai dari energi cahaya, energi panas, energi kinetik, energi gerak, energi potensial, hingga energi bunyi.

Melansir dari Wikipedia, energi bunyi merupakan suatu bentuk energi. Bunyi adalah sebuah geombang mekanik dan terdiri dari osilasi kompresi elastis dan juga osilasi perpindahan fluida.

Terdapat perubahan energi gerak menjadi bunyi di kehidupan.Simak contoh energi gerak menjadi bunyi berikut ini!

Baca Juga: Jenis Gerak Benda: Pengertian dan Berbagai Contohnya

Kegiatan Tepuk Tangan

Contoh yang pertama dari perubahan energi gerak menjadi energi bunyi adalah ketika kita bertepuk tangan. Ketika melakukan tepuk tangan, maka pastinya kedua tangan Anda akan bergerak.

Ketika keduanya bertemu, maka akan muncul sebuah bunyi. Hal yang harus Anda ketahui adalah bunyi dapat muncul karena benda yang bergetar.

Bunyi pada saat tepuk tangan terjadi karena terdapat sebuah pertemuan antara dua telapak tangan. Pertemuan tersebut menjadikan sebuah getaran atau gesekan permukaan.

Dari sanalah contoh energi gerak menjadi bunyi terjadi. Getaran di telapak tangan pada akhirnya akan menciptakan bunyi nyaring.

Permainan Alat Musik

Perubahan energi gerak menjadi energi bunyi selanjutnya juga terjadi ketika memainkan alat musik. Ketika Anda tengah memainkan alat musik, maka pastinya akan mendapat getaran.

Sebagai contoh ketika tengah memainkan alat musik drum. Ketika Anda menabuh permukaan drum dengan stik, maka akan menimbulkan bunyi.

Bunyi tersebut berasal dari gerakan yang pemainnya lakukan. Aktivitas lain sebagai bentuk perubahan energi gerak menjadi energi bunyi dari alat musik adalah gitar.

Ketika bermain gitar, maka Anda harus memetik senarnya. Petikan tersebut menghasilkan gerak dan getaran sehingga gitar dapat mengeluarkan bunyi yang merdu.

Kemudian contoh yang lainnya adalah ketika memukul kentongan. Energi gerak yang ada pada pemukul kentongan akan berubah menjadi energi bunyi.

Contoh energi gerak menjadi bunyi tersebut timbul karena kentongan yang mendapat pukulan menggunakan tenaga.

Baca Juga: Energi Potensial Listrik: Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Pita Suara Manusia

Ternyata tubuh manusia juga melakukan perubahan energi ini. Bunyi yang muncul ketika manusia sedang melakukan aktivitas berbicara merupakan contoh lainnya dari perubahan energi gerak menjadi energi bunyi.

Hal itu karena ketika manusia berbicara, maka pita suara yang ada di dalam leher akan bergetar. Sehingga, getaran tersebut akan menghasilkan bunyi ataupun suara.

Gerakan yang terjadi berupa getaran pita suara di dalam leher. Anda bahkan bisa merasakan getaran tersebut ketika meletakkan telapak tangan di bagian tenggorokan ketika bersuara.

Tentu saja suara yang manusia hasilkan berbeda-beda. Ada yang menghasilkan suara sangat nyaring, tetapi ada juga yang menghasilkan suara lirih.

Itulah berbagai contoh energi gerak menjadi bunyi yang ada di sekitar kita. Perubahan energi ini sangat bermanfaat di kehidupan. Selain menjadi bunyi, energi gerak juga bisa berubah ke energi lainnya, seperti energi listrik dan cahaya. (R10/HR-Online)