Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TasikmalayaCuanki Garut Kang Gayabag Tasikmalaya, Jajanan Enak Berkuah

Cuanki Garut Kang Gayabag Tasikmalaya, Jajanan Enak Berkuah

Cuanki Garut Kang Gayabag Tasikmalaya merupakan jajanan enak yang berbahan dasar ikan, daging sapi, tepung tapioka, bakso, tahu, dan siomay. Jajanan khas Garut ini akan semakin enak ketika disajikan dengan kuah panas, taburan bawang goreng, dan daun seledri.

Sebagai jenis kuliner yang murah meriah, cuanki memiliki sejarah yang unik. Nama cuanki berasal dari merk dagang Bakso Tahu Kuah “Choan Kie” yang berarti rezeki. Karena mantan pegawai Choan Kie banyak yang menetap dan memproduksi sendiri, maka namanya berubah jadi cuanki.

Seiring perkembangan zaman, Garut menjadi produsen cuanki terbesar selain Bandung dan Ciamis. Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Kampung Cuanki di Kelurahan Garut Kota, Kabupaten Garut karena penduduknya memproduksi lebih dari seribu kemasan cuanki per bulan pada September 2022.

Baca Juga: Alchemist Coffee Roastery Tasikmalaya, Cocok untuk Me Time

Oleh karena itu, banyak pebisnis kuliner membuka kedai cuanki dengan resep asli Garut. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai Cuanki Garut Kang Gayabag Tasikmalaya.

Ulasan Cuanki Garut Kang Gayabag Tasikmalaya

Bisnis ini memiliki dua cabang, yaitu di Jalan Ibu Apipah dan Jalan Dokter Sukarjo (Dokar). Keduanya menyediakan cuanki dengan resep asli Garut sehingga warga Tasikmalaya bisa langsung datang ke kedai untuk menyantap hidangan.

Cabang Ibu Apipah

Beralamat di Jalan Ibu Apipah, lokasi kedai Cuanki Garut Kang Gayabag Tasikmalaya berada di samping sekolah BPK Penabur. Kawasan ini cukup dekat dengan Jalan BKR yang menjadi pusat kuliner Tasikmalaya dan aneka jajanan, sehingga lumayan ramai pengunjung meski hanya berupa lesehan sederhana.

Walaupun tempatnya tidak terlalu besar, namun cocok untuk makan-makan sambil nongkrong bareng bestie. Apalagi suhu di tempat terasa sejuk berkat adanya pepohonan rindang.

Menu yang tersedia mulai dari Rp 9 ribu untuk satu porsi Cuanki Gayabag. Pengunjung bisa menambahkan aneka topping seperti tulang ayam, ceker ayam, tulang sapi, siomay kering, baso aci, dan tahu. Minuman yang tersedia juga lumayan terjangkau untuk ukuran kantong pelajar.

Baca Juga: Huko Bowl Tasikmalaya, Rasa Enak Harga Ekonomis

Cabang Dokar

Cuanki Garut Kang Gayabag Tasikmalaya cabang Dokar memiliki kapasitas yang lebih luas. Kedai berupa rumah sederhana bergaya lesehan, sehingga pengunjung bisa duduk di atas tikar dan ada meja rendah.

Untuk menu tidak jauh berbeda dengan cabang Ibu Apipah. Namun, cabang Dokar lebih mengedepankan baso aci, tulang ayam, tetelan sapi, dan sambal khas Garut. Selain itu, pengunjung juga bisa menemukan minuman instan yang hemat versi warung.

Cara menyantap cuanki adalah dimakan ketika kuahnya masih hangat. Apabila suka pedas, pengunjung bisa menambahkan sambal sesuai keinginan. Sebagai tambahan, minuman jeruk dan susu juga harus ada supaya bisa menetralisir rasa pedas dari capsaicin. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)