Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita JabarAntisipasi Inflasi, Disdagin Kota Bandung Pantau Stok dan Harga Kebutuhan Bahan Pokok

Antisipasi Inflasi, Disdagin Kota Bandung Pantau Stok dan Harga Kebutuhan Bahan Pokok

harapanrakyat.com,- Sebagai upaya dalam mengendalikan inflasi di Kota Bandung, Jawa Barat, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung terus melakukan pemantauan harga kebutuhan bahan pokok masyarakat.

Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan, pemantauan ini sebagai langkah pemerintah dalam mengambil kebijakan pengendalian inflasi. Selain itu, pihaknya juga memastikan stok bahan pokok untuk masyarakat mencukupi.

“Jadi salah satu upaya untuk mengendalikan inflasi di Kota Bandung dengan melakukan monitoring rutin, baik ketersediaan maupun harga kebutuhan bahan pokok,” ungkapnya di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/1/2023).

Baca Juga : Cegah Tindak Asusila di Ruang Publik, Satpol PP Kota Bandung Rutin Patroli

Menurut Elly, apabila harga kebutuhan bahan pokok mengalami kelangkaan dan kenaikan harga di atas rata-rata, maka pihaknya akan menggelar kegiatan pasar murah.

Kegiatan pasar murah tersebut, lanjut Elly, biasa digelar di kecamatan. Lebih jauh, pihaknya biasa menggelar pasar murah tersebut menjelang hari-hari besar keagamaan.

“Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan momentum pasar murah untuk melengkapi kebutuhan pokok,” ujarnya.

Jaga Ketersediaan Bahan Pokok Saat Ramadhan dan Idul Fitri

Elly menjelaskan, untuk ketersediaan kebutuhan bahan pokok menjelang Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri tahun ini, pihaknya akan melaksanakan rapat dengan stakeholder dan pihak terkait.

“Untuk Ramadhan itu pada Maret, maka kita akan rapat mengundang distributor soal kebutuhan pokok, seperti beras, minyak, terigu dan gula. Kita ingin tahu bagaimana kesediaan stok di bulan Ramadhan,” ucap Elly.

Baca Juga : Rutan Bandung Segera Proses Pemindahan Herry Wirawan

Elly tidak membantah jika setiap menjelang Ramadhan maupun Idulfitri, kebutuhan masyarakat semakin meningkat. Sehingga, pihaknya harus memastikan ketersediaan bahan pokok tidak terganggu.

“Baik itu setiap Ramadan juga menjelang Lebaran, kebutuhan pasti meningkat. Istilahnya munggahan. Ini sesuatu yang setiap tahun akan terjadi. Kami berupaya monitoring stok ketersediaan juga harganya,” ucapnya.

Ia menambahkan, kebutuhan pokok pada momentum tersebut cukup banyak. Namun yang perlu mendapat perhatian khusus, yakni daging sapi, daging ayam dan telur.

“Biasanya kebutuhan bahan pokok yang meningkat itu seperti telur, daging sapi, dan ayam. Tiga komoditas yang selalu jadi primadona di masyarakat ketika Ramadhan hingga Idul Fitri,” ucap Elly. (Rio/R13/HR-Online/Editor-Ecep)