Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruDoa Memulai Pekerjaan, Amalkan agar Lancar dan Berkah

Doa Memulai Pekerjaan, Amalkan agar Lancar dan Berkah

Doa memulai pekerjaan penting diamalkan. Saat memulai pekerjaan memang harus diawali dengan doa. Untuk mengetahui bagaimana bacaan doanya, bisa ikuti terus pembahasan berikut.

Amalkan Doa Memulai Pekerjaan

Setiap aktivitas yang kita lakukan harus diawali dengan doa, tak terkecuali pula ketika bekerja. Adapun bacaan doanya ialah sebagai berikut.

Anda bisa mengamalkan doa di atas ketika akan memulai pekerjaan kapanpun itu. Jangan sampai Anda melupakan atau sengaja melewatkannya.

Baca juga: Doa Penutup Majelis Lengkap dengan Ragam Keutamaannya

Pada dasarnya, doa memang harus dibiasakan setiap hari oleh setiap umat muslim yang taat beragama.

Pentingnya Doa Sebelum Bekerja

Sebelum bekerja, kita harus memanjatkan doa kepada Allah SWT. Kebiasaan ini sangatlah penting dan harus dilakukan setiap saat. Mengapa demikian? Cek beberapa alasannya di bawah ini.

Bernilai Ibadah

Salah satu alasan kenapa doa sangat penting dipanjatkan sebelum memulai pekerjaan yaitu karena bernilai ibadah. Setiap pekerjaan yang kita lakukan untuk mencari rizki halal dan berkah jelas memiliki nilai ibadah di dalamnya.

Sudah seharusnya pekerjaan yang baik tersebut kita ikuti dengan doa guna menyempurnakan nilai ibadahnya.

Bisa Mengubah Takdir

Selain bernilai ibadah, doa sebelum bekerja juga mampu mengubah takdir kita. Bisa jadi hari ini adalah hari terakhir kita untuk bekerja karena terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) ataupun masalah lainnya. Dengan berdoa, kita bisa mengubah takdir yang buruk tersebut.

Baca juga: Perbedaan Doa Qunut Imam dan Makmum dalam Agama Islam

Berkat doa, takdir kita juga akan lebih baik dari sebelumnya. Sebagai contohnya, Anda akan mendapatkan kenaikan jabatan, kenaikan gaji, memperoleh bonus, dan masih banyak lagi. Anda tentu menginginkan hal tersebut bukan?

Sebagai Benteng dari Perbuatan Tercela

Dalam lingkup pekerjaan, sering kita temui berbagai perbuatan tercela yang merugikan orang lain. Mulai dari penggelapan dana, bersikap zalim kepada pelanggan, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menghindari perbuatan tercela tersebut, Anda bisa memulai pekerjaan dengan doa terlebih dahulu.

Mendapatkan Kekuatan untuk Menghadapi Musuh

Musuh bisa ada di mana-mana, tak terkecuali dalam lingkungan pekerjaan. Anda tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut apabila berdoa sebelum bekerja.

Berkat doa yang Anda panjatkan, maka Allah SWT akan memberikan kekuatan agar mampu menghadapi musuh.

Meningkatkan Semangat

Alasan lainnya kenapa doa sebelum memulai pekerjaan sangat penting Anda lakukan yakni karena bisa meningkatkan semangat. Semangat memang sangat kita butuhkan ketika bekerja.

Tanpa adanya semangat, maka hasil kinerja kita tak akan optimal. Tak bisa kita pungkiri bahwa semangat seringkali luntur karena bosan dengan aktivitas pekerjaan, kelelahan, rasa kantuk, dan masih banyak lagi.

Menghindari dari Rasa Kecewa

Setiap manusia pastinya pernah merasakan bagaimana rasa kecewa. Kecewa dengan hasil pekerjaan ataupun kinerja yang Anda lakukan tak akan lagi mengganggu apabila berdoa. Doa bisa menghindari Anda dari rasa kecewa yang berkaitan dengan pekerjaan.

Sebagai contoh, pelanggan merasa tidak puas dengan layanan atau produk yang Anda tawarkan, atasan kurang percaya dengan kinerja yang Anda lakukan, dan hal lainnya yang membuat Anda kecewa.

Oleh karena itu, pastikan Anda membiasakan untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan.

Melancarkan Pekerjaan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa doa mampu melancarkan setiap aktivitas yang kita lakukan, termasuk pula pekerjaan. Bukan hanya melancarkan pekerjaan, akan tetapi apa yang kita lakukan juga akan lebih berkah.

Terhindar dari Murka Allah

Sebelum memulai pekerjaan, jangan lupa untuk berdoa. Doa menjadi salah satu bentuk kita mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Doa juga bisa menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Dengan demikian, kita bisa terhindar dari murka Allah SWT.

Menunjukkan Rasa Syukur

Biasakan untuk berdoa sebelum bekerja karena menjadi salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT. Tanpa seizin dan karunia Allah SWT, kita tak akan bisa mendapatkan pekerjaan tersebut.

Baca juga: Doa sebelum Ujian, Lakukan di Waktu Mustajab dan Raih Manfaat!

Pada dasarnya, semakin banyak kita bersyukur, maka semakin berlimpah pula nikmat yang Allah SWT berikan.

Dari review di atas, Anda tentu sudah mengetahui bagaimana bacaan doa memulai pekerjaan sehingga mudah dalam menghafal maupun mengamalkannya. Ketahui pula betapa pentingnya doa sebelum bekerja dan pastikan untuk membiasakannya setiap saat. (Muhafid/R6/HR-Online: Editor: Muhafid)