Minggu, Januari 29, 2023
BerandaBerita TerbaruDoa Penutup Majelis Lengkap dengan Ragam Keutamaannya

Doa Penutup Majelis Lengkap dengan Ragam Keutamaannya

Doa penutup majelis perlu diamalkan oleh setiap umat muslim. Sebagai penutup majelis, doa yang perlu Anda baca juga mudah. Untuk mengetahui apa dan bagaimana bacaan doanya, Anda bisa simak ulasan di bawah ini.

Amalan Doa Penutup Majelis

Sesuai dengan namanya, doa penutup majelis merupakan doa yang kita baca saat menyelesaikan majelis. Majelis itu sendiri merupakan pertemuan. Misalnya saja pertemuan keilmuan seperti seminar, majelis taklim, dan pengajian.

Baca juga: Raudhah di Masjid Nabawi, Tempat Mustajabnya Doa

Namun tak hanya pertemuan keilmuan saja yang sunnah untuk membaca doa penutup majelis, melainkan juga pertemuan rapat. Baik itu rapat kepanitiaan, rapat organisasi, dan lain sebagainya.

Bahkan pertemuan dalam rangka reuni ataupun arisan juga baiknya kita tutup dengan doa ini.

Sementara untuk bacaannya, salah satu doanya dikutip dari HR. Abu Daud dan Ahmad. Adapun bacaan doanya ialah sebagai berikut.

Selain doa di atas, Anda juga bisa menutup majelis dengan membaca Surat Al Ashr. Hal ini sebagaimana yang tertuang secara jelas pada HR. Abu Daud dalam Az-Zuhd, Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman, dan Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Awsath.

Adapun bacaan surat Al Ashr ialah sebagai berikut.

Keutamaan Doa Penutup Majelis

Pada dasarnya, ada banyak keutamaan yang dimiliki doa penutup majelis. Dengan Anda mengamalkannya, maka bisa mendapatkan hikmah dan manfaat yang luar biasa. Lantas apa saja keutamaan tersebut?

Menebus Kesalahan dalam Majelis

Perlu untuk Anda ketahui bahwa doa penutup majelis juga dikenal sebagai doa kafaratul majelis. Doa ini bisa menebus dosa maupun kesalahan dalam majelis yang dihadiri.

Tak bisa kita pungkiri bahwa dalam bermajelis bisa saja melakukan kesalahan, baik itu dari tingkah laku maupun ucapan yang secara tidak sengaja menyakiti hati orang lain. Bisa juga melakukan kesalahan lain sehingga perlu kita hapus dengan membaca doa tersebut.

Bentuk Dzikir

Keutamaan lainnya yaitu membaca doa penutup majelis sama saja kita berdzikir kepada Allah SWT. Dzikir itu sendiri berarti mengingat Allah saat melakukan kegiatan dalam bermajelis tersebut.

Baca juga: Doa Keluar Rumah yang Mudah Dihafalkan, Allah Berikan Perlindungan

Sesuai dengan ucapan Rasulullah SAW dari Abu Hurairah, setiap pertemuan majelis yang berakhir tanpa berdzikir kepada Allah, maka seperti bangkai keledai.

Hal tersebut akan menjadi penyesalan saat hari kiamat tiba. Hal ini ada pada HR Abu Daud, no. 4855 dan Ahmad, 2: 389.

Tak kalah penting untuk kita sadari juga bahwa berdzikir juga mendekatkan kita kepada Allah SWT. Hati dan pikiran kita akan senantiasa mengikuti perintah Allah SWT sekaligus menjauhi semua larangan-Nya.

Karena jiwa dan raga dekat dengan Allah SWT, maka kita akan selalu berada dalam jalan yang lurus.

Pelengkap Amal Kebaikan

Keutamaan selanjutnya dari kebiasaan membaca doa penutup majelis yaitu sebagai pelengkap amal kebaikan. Hal ini sesuai dengan kebiasaan dan amalan Rasulullah saat bermajelis.

Rasulullah SAW  bersabda bahwa siapa saja yang berkata baik akan tertutup dengan hal baik pula. Sementara untuk orang yang berkata buruk, maka akan jadi penghapus dosa apabila membaca doa ini. Hal ini berdasarkan HR An Nasa’i.

Ilmu Jadi Bermanfaat

Keutamaan berikutnya yang tak kalah menarik untuk Anda ketahui dari kebiasaan membaca doa selesai bermajelis yaitu membuat ilmunya jadi lebih bermanfaat. Keutamaan yang satu ini bisa Anda dapatkan apabila menghadiri majelis keilmuan.

Bukan hanya bermanfaat, ilmu yang kita dapat juga lebih barokah sehingga menguntungkan di dunia maupun akhirat kelak.

Jalan Menuju Surga

Untuk Anda yang menghadiri majelis keilmuan, juga sama saja meraih jalan menuju surga. Sebagaimana yang kita tahu bahwa siapa saja yang menuntut ilmu, maka akan mudah dalam menuju pintu surga.

Baca juga: Doa Keteguhan Iman dan Cara Mempertahankannya, Amalkan!

Setiap umat muslim pastinya menginginkan hal tersebut. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk mengamalkan bacaan doa ini selesai bermajelis.

Kini Anda sudah mengetahui bagaimana bacaan doa penutup majelis dengan menyimak ulasan di atas. Pastikan Anda mengamalkannya setiap bermajelis sehingga bisa mendapatkan beragam keutamaan dan hikmahnya.

Setiap umat muslim tentu sudah tak asing lagi dengan doa karena bisa kita lakukan setiap saat. Semakin banyak berdoa, maka semakin ingat juga kita kepada Sang Pencipta. Selain mengakhiri majelis, ada juga doa pembuka majelis yang tak kalah penting untuk Anda amalkan. (Muhafid/R6/HR-Online)