Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita CiamisDPRD: Pemkab Ciamis Tidak Punya Anggaran untuk Acara Mojang Jajaka

DPRD: Pemkab Ciamis Tidak Punya Anggaran untuk Acara Mojang Jajaka

harapanrakyat.com,- Komisi B DPRD Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mengungkap Pemkab Ciamis tidak punya anggaran untuk acara Mojang Jajaka 2023 yang digelar beberapa waktu lalu.

Hal itu setelah Komisi B melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pariwisata, buntut dari viralnya video Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang marah kepada kepala dinas karena hadiah Mojang Jajaka 2023 hanya Rp 1 juta.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Ciamis Drs Komar Hermawan mengaku datang ke Dinas Pariwisata dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan.

“Dinas pariwisata mitra kami dari komisi B yang mana telah melaksanakan dan membantu kegiatan Yayasan Moka menggelar kegiatan pemilihan. Tentunya kami melakukan kontrol, benar tidak ada anggaran kegiatan tersebut, sehingga membuat marah Bupati,” ungkapnya, Jumat (20/1/2023).

Komar menuturkan setelah melakukan komunikasi dengan Kepala Dinas Pariwisata, pihaknya menemukan, memang tidak ada anggaran dari Dinas maupun Pemerintah melalui APBD untuk kegiatan Pemilihan Mojang Jajaka Ciamis 2023.

“Kami harus mengetahui permasalahan kenapa kejadian seperti ini begitu viral terlebih menyangkut materi anggaran. Namun setelah kami temui ternyata tidak ada anggaran apapun untuk kegiatan tersebut,” katanya.

Baca Juga: Bupati Herdiat Marahi Kadis, Komisi A DPRD Ciamis Sebut Hal Wajar

Lanjut Komar, Komisi B langsung mengunjungi Dinas Pariwisata lantaran disebutkan pemilihan Mojang Jajaka Ciamis menggunakan anggaran cukup besar. 

“Pada kenyataanya itu hanya kreatifitas dan inisiatif dari pihak Yayasan Moka yang menyediakan hadiah dari pihak sponsor, bukan dari Pemerintah Ciamis,” ungkapnya.

Pemkab Ciamis Tak Punya Anggaran untuk Acara Mojang Jajaka, DPRD: Dinas Pariwisata Tidak Salah

Komar menilai Dinas Pariwisata tidak salah, akan tetapi kurangnya komunikasi yang kemudian membuat Bupati Ciamis marah besar. 

“Dinas pariwisata dalam hal ini hanya membantu kegiatan tersebut. Seperti menyediakan kendaraan bagi peserta, tempat menginap dan juga tempat acara puncak kegiatan yaitu di Islamic Center. Sedangkan untuk anggaran kegiatan ternyata tidak ada,” ungkapnya.

Pihaknya, kata Komar, penting melakukan klarifikasi terkait kebenaran yang menyebut ada anggaran untuk acara Pemilihan Mojang Jajaka 2023. Hal itu agar permasalahan ini tidak semakin melebar dan bisa diketahui duduk permasalahannya, sehingga kedepan bisa menjadi bahan evaluasi.

“Ternyata anggaran dari APBD tidak ada. Informasi itu kami peroleh dari pihak Dinas Pariwisata saat kami melakukan klarifikasi,” lanjutnya.

Baca Juga: Hadiah Mojang Jajaka Ciamis 2023 Cuma Rp 1 Juta, Bupati Ngamuk Sentil Kepala Dinas

Komar menganggap wajar apabila Bupati Ciamis marah. Apalagi hadiah yang diberikan hanya Rp 1 juta. Namun begitu dia berharap setelah semuanya jelas tidak ada lagi simpang siur serta kedepan harus menjadi evaluasi.

Sementara itu, harapanrakyat.com berusaha menghubungi Sekda Ciamis untuk melakukan konfirmasi, namun Sekda Ciamis tengah rapat di Bandung. (ES/R7/HR-Online/Editor-Ndu)