Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruElemen Pembentuk Ruang Interior, Buat Rumah Lebih Sempurna

Elemen Pembentuk Ruang Interior, Buat Rumah Lebih Sempurna

Elemen pembentuk ruang interior yang wajib ada dalam suatu bangunan rumah. Dengan adanya elemen pembentuk ini, interior ruang Anda bisa menjadi lebih sempurna. Dengan desain interior yang tepat, maka bisa tercipta hunian yang nyaman.

Dalam suatu rumah pasti ada elemen pembentuk yang memiliki keterkaitan atau ketergantungan. Ketika salah satu elemen tersebut tidak ada maka tidak bisa tercipta interior ruangan yang sempurna. Sebab dengan ketergantungan antara elemen satu dengan elemen lainnya, sebuah ruangan bisa berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Unsur-Unsur Penataan Interior Kantor Ciptakan Suasana Produktif

Elemen Pembentuk Ruang Interior dan Fungsinya

Setiap rumah pasti memiliki elemen pembentuk ruangan. Tanpa adanya elemen pembentuk pasti rumah tidak akan bisa berdiri dengan sempurna. Pemilihan desain elemen pembentuk juga bisa menentukan nilai estetika dari sebuah rumah.

Berikut ini adalah elemen pembentuk ruang interior yang harus Anda pahami.

Lantai

Sebuah rumah pastinya memiliki elemen lantai. lantai adalah bagian paling bawah yang ada dalam setiap ruangan. Fungsinya yaitu untuk menunjang kenyamanan aktivitas dalam ruangan itu.

Bahan atau material untuk membuat lantai sangat bermacam-macam. Setiap jenis bahan tentunya memiliki nilai dan kesan tersendiri dalam ruangan.

Jika anda ingin menciptakan suasana ruangan yang sejuk dan lebih dingin maka anda bisa menciptakan elemen lantai ini dengan memakai bahan seperti plester, marmer, granit, ataupun keramik.

Kemudian untuk menciptakan ruangan yang memberikan suasana lebih hangat, maka Anda bisa mencoba membuat lantai ruangan interior Anda dengan menggunakan bahan kayu.

Agar tercipta ruangan indah dan nyaman maka anda bisa memilih material pembuatan lantai tersebut sesuai dengan yang anda inginkan.  Hal tersebut tentunya juga disesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Harus Anda pahami, jika harga masing-masing material tersebut berbeda. Ada yang harganya sangat mahal dan ada yang harganya terjangkau.

Baca Juga: Cara Menata Ruang Kontrakan 3 Petak Dijamin Terasa Lebih Lega

Plafon 

Element interior rumah yang tidak kalah pentingnya yaitu plafon. Plafon merupakan bagian yang berada paling atas sebagai pembatas antara ruang bawah atap dan dinding yang punya ketinggian bervariasi.

Dengan adanya plafon, maka rumah bisa menjadi lebih nyaman dan lebih terjaga kebersihannya. Pada umumnya tinggi plafon yaitu sekitar 3 sampai dengan 4 meter. Semua itu bisa Anda sesuaikan dengan ukuran dan desain rumah Anda.

Pada dasarnya fungsi plafon yaitu untuk merapikan atau menyembunyikan area pemasangan listrik dan struktur atap.  Tempat instalasi listrik dan struktur atap yang tertutup membuat rumah terlihat lebih indah dan menarik dipandang.

Sebagai elemen pembentuk ruang, plafon hadir dengan berbagai macam desain dan gaya. Ada plafon rumah yang memiliki model biasa saja dan ada juga plafon rumah yang sangat mewah. Semua itu sesuai dengan konsep dan gaya yang ada pada rumah hunian.

Dinding

Elemen pembentuk ruang interior berikutnya yaitu dinding. Dalam suatu bangunan dinding menjadi elemen yang sangat penting dan wajib ada. Nah, dinding merupakan elemen yang pembangunannya pada bagian bawah plafon dan atas lantai.

Tak hanya itu saja dinding juga berfungsi sebagai pemisah dan pembentuk ruangan. Elemen inilah yang bisa menentukan keindahan sebuah rumah.

Sebab, pada bagian dinding biasanya bisa kita berikan dekorasi atau hiasan yang bermacam-macam. Sehingga bisa memiliki daya tarik tersendiri. 

Area Personal

Dalam pembuatan rumah Anda juga wajib memikirkan elemen area personal. Setiap manusia tentunya juga memiliki sifat-sifat yang bersifat Individual. 

Jadi dalam suatu bangunan harus dipertimbangkan area personal seperti kamar pribadi kamar mandi fasilitas ibadah dan lain sebagainya. Dengan adanya area personal ini, maka penghuni rumah bisa menjadi lebih aman dan nyaman. 

Baca Juga: Cara Menata Rumah Kontrakan Sempit Terkesan Luas dan Rapi

Aspek Pencahayaan

Aspek pencahayaan menjadi salah satu elemen yang penting sekali dalam sebuah rumah. Hampir setiap ruangan memiliki aspek pencahayaan tersendiri.

Dalam hal pencahayaan ini, pemilik rumah tidak hanya bisa mengandalkan penerangan dari lampu saja. Akan tetapi saat membangun rumah perlu Anda pertimbangkan tentang pencahayaan alami dari sinar matahari.

Tak hanya bisa menghemat listrik saja, pencahayaan alami juga membuat rumah Anda lebih nyaman sejuk dan sehat. Maka dari itu, pastikan ruangan Anda memiliki aspek pencahayaan yang bagus.

Dengan melengkapi berbagai macam elemen pembentuk ruang interior ini, bangunan rumah bisa menjadi lebih indah dan berfungsi dengan maksimal. (R10/HR-Online)