Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruGanti IMEI HP Android dengan Maupun Tanpa Root

Ganti IMEI HP Android dengan Maupun Tanpa Root

Ganti IMEI HP bisa Anda lakukan sendiri. Cara ganti nomor IMEI pada HP Android juga bisa Anda lakukan dengan maupun tanpa root. IMEI atau International Mobile Wquipment Identity merupakan indentitas utama HP Android.

Sebenarnya IMEI bersifat tidak bisa kita ubah dan berguna untuk proses registrasi kartu SIM. Jika HP tidak memiliki nomor IMEI maka kartu SIM tidak akan bisa kita gunakan. IMEI Biasanya terdiri dari 15 digit angka yang berbeda setiap ponsel.

Fungsinya agar HP yang tercuri tidak bisa mengakses jaringan apa pun dan mencegah HP luar negeri masuk tanpa membayar bea cukai. Sebenarnya Anda juga bisa mengubah nomor IMEI untuk keperluan tertentu. Sebab mengubah nomor IMEI juga tidak melanggar aturan selama untuk testing.

Baca Juga: Mengaktifkan Fitur NFC pada HP Android dan iPhone

Cara Ganti IMEI HP

IMEI HP bisa kita ketahui dengan cukup mudah melalui HP kita sendiri. Caranya yaitu dengan menekan kode dial *#06# dan nomor IMEI akan muncul. Selain itu Anda juga bisa mengeceknya pada bagian belakang ponsel masing-masing.

Beberapa orang mungkin ingin mengganti nomor IMEI pada HP mereka. Namun kebanyakan dari mereka mungkin tidak bisa dan belum tahu caranya. Sebab cara mengubah nomor IMEI ini memang berbeda dengan cara lainnya.

Apalagi masyarakat umum memang jarang yang sering mengganti IMEI. Namun Anda tak perlu khawatir sebab ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Cara tersebut yaitu dengan maupun tanpa root, berikut adalah pembahasannya.

Ganti IMEI dengan Root

Cara ganti IMEI HP yang pertama yaitu dengan root. Namun dengan cara ini ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Misalnya yaitu perangkat Android harus di root dan memiliki koneksi internet.

Baca Juga: Cara Menambahkan Ringtone Android, Ubah Nada Dering Jadi Menarik!

Kemudian Anda juga harus mengunduh aplikasi Xposed Installer dan juga aplikasi IME Changer. Pastikan memenuhi persyaratan tersebut agar caranya bisa berjalan dengan lancar. Nah, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama sebelum mengubah nomor IMEI catatlah nomor asli pada kertas atau media lain.
  • Selanjutnya navigasikan ke aplikasi Xposed Installer yang terpasang pada ponsel Anda.
  • Kemudian arahkan ke modul lalu centang pada aplikasi IMEI Changer.
  • Jika sudah maka reboot HP Anda, bisa juga langsung dari aplikasi Xpsed Installer.
  • Cara ganti nomor IMEI HP selanjutnya navigasikan ke aplikasi IMEI Changer. Anda akan melihat nomor IMEI asli muncul di aplikasi.
  • Anda pun bisa mengubah nomor IMEI sesuai yang Anda inginkan.
  • Jika sudah maka klik “Apply”.
  • Jika ternyata nomor masih belum berubah maka Anda bisa boot ulang HP untuk memastikan bahwa perubahan sudah tersimpan.
  • Untuk memastikan sekali lagi cobalah periksa nomor IMEI dengan kode dial *#06#.

Ganti IMEI Tanpa Root

Cara ganti IMEI HP yang kedua yaitu tanpa root. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama buka aplikasi dial pada ponsel, lalu tekan *#7465625# atau *#*#3646633#*#* dan klik ikon telepon.
  • Selanjutnya cari dan temukan opsi “Informasi CDS” dan tap opsi tersebut.
  • Jika sudah maka Anda bisa mencari “Informasi Radio”
  • Kemudian akan muncul opsi sesuai dengan model HP milik Anda. Jika HP menggunakan SIM ganda maka akan tersedia dua opsi. Untuk SIM 1 yaitu AT + EGMR = 1, 7, “IMEI_1”. Sedangkan untuk SIM 2 yaitu AT + EGMR = 1, 10, “IMEI_2”.
  • Gantilah “IMEI_1” dan “IMEI_2” dengan nomor yang Anda inginkan.
  • Jika sudah maka klik “Kirim” untuk menyimpan perubahan nomor IMEI HP Android Anda.
  • Selesai, nomor IMEI sudah terganti dengan nomor yang baru.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sistem UI Berhenti di HP Android, Dijamin Berhasil!

Kesimpulan

Cara ganti IMEI HP pertama yaitu dengan root sebenarnya juga sedikit beresiko. Untuk berjaga-jaga Anda harus melakukan backup penuh pada sistem ponsel melalui custom recovery. Tujuannya yaitu agar semua yang tersimpan di ponsel tetap aman.

Kemudian cara kedua cukup mudah untuk Anda coba sendiri di rumah. Akan tetapi cukup beresiko jika gagal sehingga Anda harus teliti dan berhati-hati. Perlu Anda ketahui juga bahwa metode yang kedua ini tidak akan berhasil untuk semua HP Android.

Demikianlah pembahasan mengenai cara ganti IMEI HP baik dengan maupun tanpa root. Semoga cara ini bermanfaat dan bisa membantu Anda yang sedang ingin mengganti nomor IMEI. (R10/HR-Online)