Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita BanjarGerakan Pramuka di Kota Banjar Hijaukan Buper dengan Tanam Pohon

Gerakan Pramuka di Kota Banjar Hijaukan Buper dengan Tanam Pohon

harapanrakyat.com,- Gerakan Pramuka dari Kwartir Ranting Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, melaksanakan penghijauan, dengan menanam pohon. Kegiatan tersebut berlangsung di bumi perkemahan (Buper) Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Jumat (6/1/23).

Gerakan tanam pohon tersebut dilakukan sejumlah pengurus, Cabang Dinas Kehutanan wilayah 7 dan stakeholder terkait.

Ketua Kwarran Pramuka Pataruman, Dudung mengatakan, penghijauan tersebut merupakan upaya menjaga dan melestarikan alam. Hal tersebut agar tetap lestari sebagaimana salah satu Dharma Pramuka.

Menurutnya menanam dan upaya melestarikan lingkungan, memang tidak akan dirasakan langsung manfaatnya secara instan pada saat sekarang ini.

Baca Juga: MA PUI Cijantung Gelar Kegiatan Pramuka di Agrowisata Cibungureun Ciamis

Namun, katanya, dengan gerakan menanam ini akan menjaga keseimbangan dan keberlangsungan ekosistem lingkungan dalam jangka panjang. Selain itu juga sebagai bentuk investasi masa depan.

“Kegiatan ini tentu memiliki tujuan  bersama. Salah satunya menjaga ekosistem lingkungan, agar alam tetap lestari,” katanya melalui rilis yang diterima harapanrakyat.com, Sabtu (7/1/23).

Baca Juga: Anak Pramuka Ciamis Belajar Nanam Sayuran Bersama Nanang Permana

Lanjutnya menyebutkan, adapun jenis pohon yang ditanam oleh Gerakan Pramuka di Kota Banjar tersebut, yaitu pohon durian dan alpukat. Mereka menanam dengan jumlah sebanyak 100 pohon.

Pihaknya berharap, melalui gerakan menanam ini bisa menjadi motivasi, bagi anggota dan kader pramuka akan penting menjaga kelestarian lingkungan melalui upaya reboisasi.

“Ada dua jenis pohon yang kami tanam di lokasi ini. Semoga bisa bermanfaat. Kami juga ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Banjar,  Erie Wardhana, memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut. Terlebih, selama ini gerakan pramuka di Kota Banjar terbilang cukup aktif dan memiliki karakter.

“Ini menjadi kebanggaan bagi kami. Semoga bisa menjadi motivasi bagi anggota yang lain untuk lebih memajukannya gerakan pramuka di Banjar,” singkatnya. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor-Adi)