Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita JabarGubernur Jawa Barat Cari Solusi Pengangkutan Sampah ke TPA Sarimukti Bandung Barat

Gubernur Jawa Barat Cari Solusi Pengangkutan Sampah ke TPA Sarimukti Bandung Barat

harapanrakyat.com,- Terkait penghentian sementara pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan, saat ini Pemprov Jawa Barat sedang mencari solusinya.

Sebagai informasi, saat ini TPA Sarimukti tidak bisa beroperasional karena amblasnya jalan menuju lokasi tersebut. Akibatnya, pengangkutan sampah ke TPA itu terganggu.

Ridwan Kamil mengakui, pengangkutan sampah di Jawa Barat, khususnya wilayah Bandung Raya, masih sering terjadi dinamika di lapangan.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera menyelesaikan permasalahan yang saat ini sedang terjadi di TPA tersebut.

“Selalu ada dinamika di banyak tempat (terkait pengangkutan sampah). Maka akan segera diselesaikan di level antar wilayah (kabupaten/kota) dan nanti dibereskan sama DLH (Dinas Lingkungan Hidup),” ungkapnya di Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (13/1/2023).

Baca Juga : Pemkot Bandung Optimalisasi Area Parkir dan PKL Masjid Al Jabbar

Akibat jalan yang amblas tersebut, sejak sepekan lalu pengangkutan sampah dari wilayah Bandung Raya ke TPA Sarimukti terhambat. Mengingat truk-truk pengangkut sampah tidak bisa menuju TPA tersebut.

Lebih jauh, pada Kamis (13/1/2023) kemarin, sejumlah truk pengangkut sampah mengantre hingga 6 kilometer menunggu giliran melakukan pembuangan ke TPA Sarimukti.

“Ini (kendala pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti), kan pernah kejadian sebelumnya dan selalu ada solusinya,” ungkap Ridwan Kamil.

Diguyur Hujan, Jalan Menuju TPA Sarimukti Amblas

Sebelumnya, akses menuju TPA Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat amblas. Hingga saat ini akses tersebut masih dalam perbaikan.

Dampak amblasnya jalan tersebut, para sopir truk pengangkut sampah harus sabar mengantre. Bahkan, ada beberapa sopir truk mengaku harus menginap di jalan akibat terjebak antrean ke lokasi TPA.

Pengelola TPA Sarimukti, Riswanto mengatakan, antrean truk pengangkut sampah ini sudah terjadi sejak satu pekan yang lalu. Selain amblasnya jalan menuju TPA, kata Riswanto, salah satu alat berat operasional di TPA, rusak. Akibatnya pelayanan pembuangan sampah terhambat.

Baca Juga : Gubernur Jawa Barat Ajak Warga Tingkatkan Koordinasi Keamanan Wilayah

“Antrean truk sampah ini karena akses menuju TPA ambles akibat tingginya intensitas hujan belakangan ini,” ucapnya.  (Rio/R13/HR-Online/Editor-Ecep)