Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruHP iPhone SE 4 Ditunda atau Batal Meluncur? Simak Alasannya!

HP iPhone SE 4 Ditunda atau Batal Meluncur? Simak Alasannya!

HP iPhone SE 4 akan segera diumumkan sebagai penerus SE 3. Akan tetapi, Apple sepertinya akan menunda atau membatalkan rencana pengumuman iPhone SE 4 yang akan datang. Kabar terbaru terkait HP iPhone yang akan datang ini berdasarkan analisis dari Apple Ming-Chi Kuo.

Tidak diketahui apakah perangkat ini akan datang untuk tahun berikutnya, atau bahkan perusahaan akan benar-benar membatalkan rencana peluncuran ponsel tersebut.

Baca Juga: HP iPhone Fold Miliki Tampilan Layar OLED, Siap Debut di 2025!

Kabar Terkini HP iPhone SE 4

Seri iPhone SE merupakan jajaran smartphone entry level Apple dengan penambahan terakhir datang belum lama ini dalam bentuk iPhone SE 3. Namun berdasarkan rumor yang ada, bahwa penggantinya sedang dalam proses pengerjaan.

iPhone SE menjadi iPhone ramah anggaran Apple yang menawarkan kinerja unggulan dengan setengah harga iPhone kelas atas Apple. Pada iPhone SE generasi ketiga memiliki desain dan tampilan inti yang sama dengan iPhone 8 yang resmi rilis pada tahun 2018.

Ini memang terlihat sedikit ketinggalan zaman apabila kita bandingkan dengan kompetisi Android kelas menengah. Namun rumor menunjukkan bahwa semuanya dapat berubah dengan iPhone SE generasi berikutnya, yang kabarnya akan rilis pada tahun 2023 atau 2024.

Alasan Kemungkinan Penundaan Peluncuran iPhone SE 4

Selama beberapa bulan terakhir, telah terdengar desas-desus tentang HP iPhone SE 4. Namun, tampaknya peluncuran smartphone ini masih jauh dari harapan.

Baca Juga: HP iPhone 15 Plus Akan Tiba dengan Kisaran Harga Terjangkau!

Kini analis Ming-Chi Kuo melaporkan bahwa Apple bahkan mempertimbangkan untuk membatalkan ataupun menunda produksi massal iPhone SE 4 hingga 2024.

Kuo mengklaim alasan penundaan ini karena permintaan yang lebih rendah dari harapan yang ada untuk iPhone kelas menengah ke bawah. Ini termasuk iPhone 13 mini, dan iPhone 14 Plus baru.

Menurut beberapa laporan yang ada, Apple telah berjuang dengan penjualan model iPhone ini karena tidak semenarik perangkat pesaing dalam kisaran harga yang sama.

Tahun ini, model iPhone 14 Pro merupakan model dengan permintaan tertinggi. Namun mengalami kendala pasokan yang mempengaruhi jajaran Pro .

Ini bukanlah satu-satunya alasan mengapa Apple mempertimbangkan untuk membatalkan rencananya meluncurkan iPhone SE baru.

Kuo juga mengungkapkan di Twitter bahwa meningkatkan perangkat dengan desain layar penuh akan menghasilkan peningkatan biaya produksi yang signifikan.

Dalam hal tersebut model perangkat saat ini masih mengadopsi desain yang sama dengan pendahulunya, iPhone 8. Perangkat hadir dengan panel LCD 4,7 inci serta tombol Home dan Touch ID.

Baca Juga: HP iPhone 12 Mini Desain Ringkas Miliki Fitur Premium, Cek Harga!

Rumor yang Menguatkan Penundaan iPhone SE 4

Kuo percaya bahwa resesi ekonomi global yang membayangi pada tahun 2023 juga dapat menjadi faktor kematian iPhone SE 4. Ini akan menjelaskan mengapa Kuo menegaskan bahwa penundaan hingga 2024 dapat dilakukan.

Terkait hal ini, analis lain seperti Ross Young telah menyatakan bahwa Apple tidak akan memperbarui iPhone XR sebagai HP iPhone SE 4 hingga 2024. Namun kemungkinan besar ada iPhone SE Plus yang akan datang. Ini diyakini Young akan tiba pada tahun 2023 dengan layar 4,7 inci, sebagai ganti ponsel yang batal meluncur. (R10/HR-Online)