Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruHP Tidak Bisa Cek Pulsa? Ini Cara Mengatasinya!

HP Tidak Bisa Cek Pulsa? Ini Cara Mengatasinya!

HP tidak bisa cek pulsa pastinya membingungkan. Apalagi masalah HP yang tidak bisa di cek pulsa ini sering muncul dengan tiba-tiba. Sehingga perlu tutorial HP tertentu untuk bisa mengatasi masalah ini dan bisa mengecek pulsa.

Sekarang pulsa pada ponsel memang sudah tidak memiliki peran sepenting dulu. Sebab pulsa sudah tergantikan dengan kuota internet atau WiFi. Kebanyakan orang, apalagi anak muda, mungkin juga sudah jarang menggunakan SMS maupun telepon.

Mereka lebih sering menggunakan aplikasi WhatsApp, Line, Telegram, dan sebagainya untuk berkomunikasi. Sebab aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fungsi yang lebih beragam, seperti mengirim foto bahkan video. Karena itu pun banyak yang beralih menggunakan berbagai aplikasi tersebut.

Baca Juga: Transfer eSIM ke HP Baru Android, Ini Cara Mudahnya!

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Cek Pulsa

Meskipun kini lebih banyak orang yang menggunakan kuota, namun masih ada yang memanfaatkan pulsa. Misalnya yaitu untuk mengirim suatu SMS dan menelepon pada HP model lama. Selain itu, pulsa juga bisa berfungsi untuk membeli kuota internet.

Kini untuk mendapatkan kuota internet memang ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan pulsa. Nantinya Anda bisa membeli kuota dan membayarnya menggunakan pulsa, bukan uang.

Cara ini juga banyak dilakukan oleh orang-orang, apalagi saat kondisi terdesak. Karena itulah hingga saat ini masih banyak orang yang membeli pulsa. Namun dalam penggunaan pulsa ada beberapa masalah yang bisa terjadi.

Salah satu masalahnya yang sering terjadi yaitu HP tidak bisa cek pulsa. Masalah ini tentunya sangat merepotkan sebab kita jadi tidak bisa melihat berapa sisa pulsa.

Akibatnya, saat hendak membeli pulsa kita malah jadi ragu sebab tidak tahu berapa sisa pulsanya.

Masalah HP satu ini juga bisa terjadi karena beberapa penyebab tertentu. Misalnya yaitu karena masa kartu yang sudah habis, ponsel error, atau karena kartu yang terblokir. Selain itu, bisa juga penyebabnya memang bukan berasal dari kartu.

Namun karena adanya gangguan jaringan yang berasal dari provider kartu sendiri. Berbagai penyebab tersebut mungkin masih jarang kita sadari sehingga tidak bisa mengatasi masalahnya. Nah, jika Anda mengalami masalah ini jangan dulu panik atau bingung.

Sebab terdapat beberapa cara mudah untuk mengatasinya sehingga kita bisa kembali mengecek pulsa. Beberapa cara tersebut yaitu:

Baca Juga: Cara Mengirim Paket Data ke HP Lain, Mudah Anti Ribet!

Cari Sinyal yang Bagus

Terkadang kondisi sinyal yang buruk juga bisa menjadi penyebab HP tidak bisa cek pulsa. Penyebab ini tentunya cukup sederhana dan sepele namun pengguna HP justru sering tidak menyadarinya.

Karena itu, jika mengalami masalah ini maka Anda bisa mengecek sinyal jaringan.

Jika memang sinyal buruk bahkan tidak ada sama sekali, maka bisa jadi itu penyebabnya. Solusinya Anda bisa berpindah tempat untuk mendapatkan sinyal yang lebih bagus dan lancar. Kemudian Anda bisa kembali mengecek pulsa HP seperti biasanya.

Aktifkan Mode Pesawat

Cara selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan mode pesawat yang sudah tersedia di ponsel. Mode pesawat ini memiliki fungsi utama untuk mematikan seluruh jaringan ponsel. Kita juga bisa menggunakannya untuk merefresh jaringan saat terjadi masalah.

Caranya sangat simpel, Anda hanya perlu menyalakan mode pesawat yang memiliki simbol pesawat. Kemudian tunggu selama beberapa saat dan biarkan mode pesawat terus menyala. Setelah itu, matikan kembali dan coba untuk melakukan pengecekan pulsa.

Hapus Data dan Cache Aplikasi Call Android

Cara mengatasi HP tidak bisa cek pulsa selanjutnya dengan menghapus data dan cache aplikasi Call Android. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid. Langkah-langkahnya juga tidak terlalu ribet.

Pertama Anda bisa membuka menu “Pengaturan” pada ponsel lalu buka menu Aplikasi. Selanjutnya carilah aplikasi “Call” atau “Panggilan Telepon” dan klik aplikasi tersebut. Terakhir klik “Hapus Data dan Cache” lalu Anda bisa mencoba mengecek pulsa lagi.

Baca Juga: SIM Card Tidak Terbaca? Ini Beberapa Cara Mengatasinya!

Restart HP

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan merestart HP. Anda bisa menekan tombol power HP selama beberapa saat hingga muncul menu. Pilihlah Mulai Ulang dan HP akan mati lalu hidup dengan sendirinya.

Itulah beberapa cara mengatasi HP tidak bisa cek pulsa. Saat mengalami masalah ini Anda bisa mencoba cara mengatasinya seperti di atas. (R10/HR-Online)