Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita CiamisHUT ke 50, PDIP Ciamis Bersihkan Sungai Cimamut dan Tanam Pohon

HUT ke 50, PDIP Ciamis Bersihkan Sungai Cimamut dan Tanam Pohon

harapanrakyat.com,- Dalam rangka memperingati HUT ke-50 tahun, DPC PDIP Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melaksanakan bakti sosial bersih-bersih Sungai Cimamut dan gerakan tanam pohon bersama masyarakat Maleber, Minggu (15/1/2022).

Kegiatan itu diikuti ratusan kader PDIP Ciamis, melibatkan masyarakat dan relawan Jurig Cai. Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Bedi Budiman Wakil Ketua DPD PDIP Jabar.

Pada kesempatan itu, Bedi Budiman mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan PDIP Ciamis, dalam rangka memperingati HUT PDI Perjuangan ke 50 tahun.

Ia mengungkapkan, rangkaian bakti sosial ini diselenggarakan secara serentak atas arahan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Dimana peringatan HUT ke 50 ini, seluruh kader harus turun langsung melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Serta menyerap aspirasi-aspirasi tentang permasalahan yang terjadi saat ini.

“Saya hari ini terjun langsung bersama para pengurus dan kader PDIP Ciamis, membersihkan sungai Cimamut hingga melakukan penanaman pohon di beberapa wilayah di Ciamis,” ujar Bedi.

Baca juga: Tanam Serentak Kebun Rakyat PDIP Ciamis untuk Perkuat Ketahanan Pangan

Menurutnya, gerakan membersihkan sungai dan menanam pohon, dipilih oleh PDI Perjuangan sebagai bentuk kepedulian partai terhadap lingkungan, sejalan dengan filosofi perjuangan Megawati Soekarnoputri, yakni kemanusiaan, kebangsaan dan merawat lingkungan.

“Penanaman pohon memang sudah menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan oleh PDI Perjuangan. Sehingga hari ini diselenggarakan secara serentak seluruh Indonesia,” katanya.

Bedi berpesan, kepada semua kader PDIP khususnya di Jawa Barat, agar ikut andil dalam mengelola lingkungan hidup.

“Pengelolaan lingkungan hidup saat ini menjadi prioritas utama PDIP, karena Ibu Megawati orang yang sangat konsen dalam permasalah -permasalahan lingkungan hidup,” jelas anggota Komisi A DPRD Jabar ini.

Menurutnya, sebagai kader partai politik, semua kader dituntut untuk menjalankan program yang membumi bersama masyarakat.

“Ini bentuk dedikasi kita untuk masyarakat Indonesia dalam menjaga dan melestarikan bumi kita ini,” tandasnya.

Nanang Permana: PDIP Ciamis Konsen Lestarikan Lingkungan

Di tempat yang sama, Ketua DPC PDIP Ciamis H Nanang Permana menuturkan, program tanam pohon dan melestarikan lingkungan, menjadi konsen PDIP di daerah. Sehingga penyelenggaraan penanaman pohon bersama selalu diselenggarakan setiap tahunnya.

“Ibu ketua umum PDIP sudah menginstruksikan dari tahun 2020 yang lalu, dimana pohon yang kita tanam bukan pohon yang ditebang kayunya, akan tetapi pohon yang bisa diambil manfaatnya untuk keberlangsungan hidup di masyarakat khususnya kabupaten Ciamis,” tuturnya.

Nanang menyebut, rangkaian acara peringatan HUT PDIP ke 50, akan diselenggarakan dari bulan Januari sampai dengan 1 Juni, bertepatan dengan hari lahir Presiden Soekarno.

“Sehingga rangkaian kegiatan bakti sosial ini akan terus dilaksanakan guna memberikan sebuah manfaat kepada masyarakat,” kata Nanang.

Ia pun mengajak kepada seluruh kader PDIP, agar ikut serta dalam menjaga ekosistem alam dan keseimbangan lingkungan. Agar keberadaan PDIP dirasakan manfaatnya oleh rakyat. (Fahmi/R8/HR Online/Editor Jujang)