Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita CiamisJelang Tahun Baru Imlek, Begini Persiapan Kelenteng Hok Tek Bio Ciamis

Jelang Tahun Baru Imlek, Begini Persiapan Kelenteng Hok Tek Bio Ciamis

harapanrakyat.com,- Jelang perayaan Tahun Baru Imlek, Kelenteng Hok Tek Bio yang berada di Kampung Kerukunan, Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai melakukan berbagai persiapan.

Pantauan HR Online, Sabtu (14/1/2023) petugas kelenteng mulai melakukan pembenahan sampai bersih-bersih tempat ibadah umat Khonghucu tersebut.

Selain itu, petugas Kelenteng juga sedang melakukan pemasangan beberapa lampion serta pernak-pernik lainnya.

Salah satu petugas Kelenteng, Durani Supriyanto mengatakan, jelang Tahun Baru Imlek, pihaknya sudah melakukan renovasi Kelenteng Hok Tek Bio pada bagian gerbang atau pintu masuk. Selain itu juga melakukan pengecatan ulang supaya bisa terlihat bagus.

“Kita juga pasang bendera dan umbul-umbul serta lampion di sekitar Kelenteng. Hal itu merupakan kegiatan yang rutin dilakukan saat akan tahun baru Imlek,” katanya, Sabtu (14/1/2023).

Baca Juga: Kelenteng Hok Tek Bio Ciamis Bersolek Jelang Imlek 2022

Sementara untuk prosesi pemandian patung dewa-dewi, akan dilaksanakan pada hari Minggu (15/1/2023) besok. Maka dari itu, nanti pihaknya akan menyiapkan beberapa keperluan untuk pemandian patung dewa-dewi itu.

“Mungkin kita nanti akan beres-beres di bagian dalam Kelenteng, untuk kegiatan besok memandikan dewa-dewi, seperti meja dan lainnya,” tuturnya.

Duren sapaan akrab Durani Supriyanto mengaku, bahwa perayaan tahun baru Imlek tahun ini kemungkinan besar akan berlangsung meriah dari tahun sebelumnya. 

Pasalnya, katanya, nanti pada tanggal 5 Februari 2023 itu akan ada kirab atau pawai di sepanjang jalan Kota Ciamis. Kirab tersebut tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan pada tahun 2014 silam. 

“Jelang Tahun Baru Imlek nanti, pada tanggal 5 Februari itu akan ada kirab. Jadi persiapannya sangat mendetail. Kirab tersebut baru kali ini lagi akan diadakan lagi, setelah beberapa tahun tidak,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)