Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruJenis Gerak Benda: Pengertian dan Berbagai Contohnya

Jenis Gerak Benda: Pengertian dan Berbagai Contohnya

Jenis gerak benda ada beberapa macam. Pergerakan benda ini terbagi ke beberapa jenis. Di dalam ilmu fisika, jenis gerak pada benda menjadi salah satu materi yang perlu Anda kuasai.

Anda pastinya pernah melihat benda bergerak. Benda tersebut akan bergeser atau bahkan berpindah posisi ketika melakukan pergerakan.

Gerak sendiri merupakan suatu gejala alam yang terjadi setiap saat di lingkungan sekitar yang kita tinggali. Dalam kehidupan sehari-hari, ada begitu banyak makhluk hidup maupun benda yang tidak lepas dari pergerakan.

Baca Juga: Pengertian Gerak Parabola: Karakteristik, Rumus, dan Juga Contohnya!

Pengertian dan Jenis Gerak Benda

Gerak benda memiliki pengertian sebagai perubahan posisi suatu benda dari satu tempat ke tempat lainnya yang mengacu pada titik tertentu.

Artinya, benda yang diam terhadap suatu titik acuan tertentu sama saja tidak bergerak. Di dalam ilmu fisika terdapat berbagai macam gerak yang dapat benda lakukan.

Tentu saja perlu untuk Anda memahami berbagai jenis gerak pada benda tersebut. Nah, berikut ini beberapa jenis gerak benda yang penting untuk Anda pahami.

Gerak Benda Berdasarkan Bentuk Lintasannya

Kelompok pertama adalah jenis gerak yang berdasarkan dari bentuk lintasan. Di dalam kelompok ini, terdapat tiga jenis gerak, yaitu:

  1. Gerak Lurus

Gerak lurus merupakan perubahan posisi suatu benda yang ada di lintasan lurus. Saat mempelajari gerak lurus, Anda akan mengenal beberapa besaran seperti perpindahan, jarak, kelajuan, percepatan, waktu tempuh, dan juga kecepatan.

  1. Gerak Melingkar

Selanjutnya ada gerak melingkar yang merupakan perubahan posisi pada suatu benda saat berada di lintasan yang bentuknya melingkar atau lingkaran. Sebagai contoh yaitu ketika tengah mencoba wahana roller coaster.

Gerak melingkar ini terbagi menjadi dua, yaitu gerak melingkar beraturan (GMB) dan gerak melingkar berubah beraturan (GMBB). Anda juga akan mempelajari banyak besaran pada gerak melingkar ini.

  1. Gerak Parabola

Jenis gerak benda berikutnya adalah gerak parabola yang merupakan perubahan posisi dari suatu benda di lintasan yang berbentuk parabola atau menyerupai setengah lingkaran.

Gerak parabola ini merupakan kombinasi gabungan antara gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. Contoh gerak ini adalah ketika menendang bola.

Baca Juga: Gerak Parabola pada Bidang Miring, Jenis, Contoh, dan Cirinya

Gerak Benda Berdasarkan Kecepatannya

Anda juga bisa mengelompokkan gerak benda berdasarkan kecepatannya. Terdapat empat jenis gerak di kategori ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Gerak Lurus Beraturan

Jenis gerak ini merupakan gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatan yang tetap. Hal ini berarti, kecepatan benda tersebut bakal selalu sama di setiap posisi sehingga perubahannya sama dengan nol.

  1. Gerak Lurus Berubah Beraturan

Seperti namanya, ini merupakan gerak benda di lintasan lurus dengan perubahan percepatan secara konstan. Kecepatan benda akan senantiasa berubah secara teratur. Sebagai contoh, detik k3-5 percepatan bedanya 20 m/s, titik ke-6 25 m/s, titik ke-7 30 m/s dan seterusnya.

Karena perubahannya konstan, maka gerak ini memiliki percepatan dan kecepatan. GLBB juga kembali terbagi menjadi dua, yakni GLBB dipercepat (percepatan bernilai positif) dan juga diperlambat (percepatan bernilai negatif).

  1. Gerak Melingkar Beraturan

Berikutnya ada jenis gerak benda melingkar beraturan. Artinya, gerak benda ada pada lintasan melingkar dengan kecepatan sudut yang tetapi tetapi percepatan sudut bendanya sama dengan nol.

  1. Gerak Melingkar Berubah Beraturan

Artinya adalah gerak benda yang terdapat pada lintasan melingkar dengan perubahan kecepatan sudut secara konstan. Sama seperti GLBB, gerak melingkar berubah beraturan ini juga berlaku percepatan sudut.

Baca Juga: Pengertian Medan Magnet, Sejarah, dan Penerapannya di Fisika

Gerak Benda Berdasarkan Titik Acuan Pengamat

Berdasarkan titik acuan pengamatan, jenis gerak benda terbagi menjadi 3, yaitu:

  1. Gerak Semu

Gerak semu merupakan gerak benda yang seolah-olah bergerak terhadap pengamat, padahal kenyataannya benda tersebut diam. Contohnya seperti ketika Anda berada di dalam mobil berjalan, maka rumah-rumah yang terlihat seperti bergerak padahal diam.

  1. Gerak Nyata

Ini merupakan gerak yang terjadi karena ada perubahan posisi dan memiliki titik acuan yang merupakan benda diam. Contohnya seperti ibu yang sedang duduk di kursi dan Anda ingin mendekatinya. Jika titik acuannya ibu tersebut, maka Anda yang bergerak terhadapnya.

  1. Gerak Relatif

Terakhir ada gerak relatif yang berasal dari titik acuan pengamatnya. Objek di luar titik acuan akan dianggap bergerak terhadap titik tersebut.

Ternyata ada cukup banyak jenis gerak benda yang perlu kita ketahui. Mempelajari jenis gerak ini akan menambah wawasan di dalam diri. (R10/HR-Online)