Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruJenis Velg Mobil Berdasarkan Proses Pembuatannya

Jenis Velg Mobil Berdasarkan Proses Pembuatannya

Jenis velg mobil perlu untuk Anda perhatikan supaya tidak salah. Saat ini terdapat beberapa jenis velg pada mobil yang banyak orang gunakan. Velg mobil yang terjual pada pasaran sangat bermacam-macam sehingga bisa para pemilik mobil pilih.

Velg mobil sendiri merupakan salah satu komponen yang mempunyai fungsi penting bagi kendaraan tersebut. Lantas apa saja jenis velg yang biasa dipergunakan?

Baca Juga: Ganti Velg Mobil, Inilah Tips Tepat Sebelum Melakukan Penggantian

Jenis Velg Mobil, Proses Pembuatan dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Velg mobil merupakan kaki sementara ban yang mampu menopang beban kendaraan. Sebagai kaki kendaraan, velg harus bisa menjaga beban supaya tidak lentur dan bengkok. Sebagian orang memang belum tahu bahwa velg mobil memiliki jenis yang berbeda. 

Walaupun hampir semua terlihat sama, namun setiap jenis mobil memiliki model velg dan rims yang berbeda. Setiap jenis dari velg kendaraan tujuan pengelompokannya yaitu agar bisa pengguna sesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut ini merupakan beberapa jenis velg mobil berdasarkan proses pembuatannya.

Velg Alloy Wheel

Jenis velg alloy wheel menggunakan proses pembuatan yaitu dengan metode casting. Velg jenis ini menggunakan bahan dasar yang terbuat dari campuran logam dan aluminium.

Sehingga bisa mengakibatkan bobot yang ringan pada. Namun, walaupun bobot hanya ringan velg ini tetap kuat dan bisa menopang beban mobil. 

Velg alloy wheel memiliki kelebihan salah satunya yaitu terletak pada fisiknya yang mengkilap. Sehingga banyak orang yang memilih untuk menggunakan jenis velg alloy wheel. Bobot pada velg ini ringan sehingga sering digunakan oleh mobil-mobil sedan atau MPV. 

Selain kelebihan juga terdapat kelemahan dari jenis velg ini. Kelemahan tersebut seperti apabila terjadi bengkok para pengguna tidak akan merasa nyaman.

Jika terjadi bengkok tersebut maka harus melakukan press supaya bisa lurus kembali.

Velg Iron Cast Wheel

Jenis velg mobil selanjutnya yaitu iron cast wheel. Mungkin pada sepeda motor sering mendengar kata-kata CW. Kata CW tersebut berasal dari cast wheel yang merupakan velg cetak.

Jenis velg ini sering orang menyebutnya sebagai velg racing. Hal tersebut karena banyak kendaraan-kendaraan racing yang menggunakan velg jenis cast wheel. 

Sama seperti pada mobil, velg iron cast wheel terbuat dari besi cair yang menggunakan proses pembuatan cetakan. Pada mobil velg iron cast wheel kenal dengan kekuatannya dan anti bengkok.

Sehingga banyak kendaraan-kendaraan SUV yang menggunakan jenis velg ini. Tidak hanya kuat, velg iron cast wheel juga terlihat lebih stylish dan keren.

Hal ini karena model cetakan akan menggunakan gaya dan desain yang menarik. Sehingga tipe velg ini sudah menjadi standar velg mobil dan motor Indonesia.

Baca Juga: Perbedaan Pelek Casting, Forged dan Flow Forming

Velg Press Kaleng

Jenis velg kaleng memang sudah populer untuk mobil sejak dahulu. Velg yang satu ini memiliki bentuk rata dapat lubang-lubang kecil pada permukaan rims.

Lubang-lubang kecil tersebut berfungsi sebagai ventilasi dari velg velg mobil. Sesuai dengan namanya, teknik pembuatan jenis velg press kaleng yaitu menggunakan sistem press. 

Sistem tersebut yaitu sebuah baja lempengan atau besi akan melalui proses pers menggunakan cetakan berbentuk seperti velg. Setelah itu dalam sekejap akan berubah menjadi sebuah rims.

Anda bisa menemukan jenis velg press kaleng pada kendaraan niaga seperti truk atau pick up. Dengan proses pembuatan yang cukup mudah membuat velg kendaraan press kaleng tergolong murah dari jenis lain. 

Sehingga untuk menekan harga jual mobil tersebut, press kaleng ini banyak pada mobil-mobil yang memiliki harga murah. Kekuatan dari jenis velg press kaleng tergantung dari bahan dasar.

Bagi mobil sekelas bus atau truk akan menggunakan besi yang memiliki ketebalan lebih besar. Sedangkan untuk mobil sekelas LCGC umumnya menggunakan perpaduan aluminium dan baja.

Baca Juga: Merawat Velg Mobil Agar Tetap Bersih dan Mengkilap

Velg Spoke Wheel

Jenis velg mobil selanjutnya yaitu spoke wheel. Velg jenis ini terkenal populer sejak dulu menggunakan tipe rims jari-jari. Bentuk dari velg spoke wheel memang unik karena terdiri dari rangkaian baja yang tersusun dengan sudut tertentu. 

Walaupun begitu, jenis ini tergolong kuat dan akan nyaman saat Anda kendarai. Bahan yang terbuat dari rangkaian baja ini bisa melewati jalan tidak rata namun, tetap menimbulkan efek empuk.

Pada saat ini memang jarang mobil yang menggunakan jenis velg spoke wheel karena hanya beberapa saja.

Nah, itu tadi ulasan tentang berbagai jenis velg mobil berdasarkan dengan proses pembuatannya. Dari berbagai jenis velg tersebut tipe alloy wheel merupakan yang banyak orang gunakan pada kendaraan. (R10/HR-Online)