Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruJok Motor Anti Pegal, Berkendara Pasti Lebih Nyaman

Jok Motor Anti Pegal, Berkendara Pasti Lebih Nyaman

Jok motor anti pegal pastinya sangat penting. Sebab dengan jok motor yang anti pegal ini maka kita bisa berkendara dengan nyaman. Jok motor memang menjadi komponen sepeda motor yang memiliki peran sangat penting bagi pengendara.

Beberapa orang mungkin tidak terlalu memperhatikan bagaimana kondisi atau kualitas jok. Mereka hanya berpendapat yang terpenting jok masih memiliki tampilan yang bagus. Tidak mengalami rusak atau cacat seperti robek maupun berlubang.

Kemudian, ada juga yang merasa selama jok masih berfungsi maka tidak masalah. Maksudnya yaitu jok masih bisa mereka duduki selama berkendara di jalanan. Mereka merasa tidak perlu mengganti jok dengan yang baru dan lebih bagus.

Namun sebenarnya untuk mengganti jok, Anda tidak perlu menunggu hingga kondisinya rusak. Penggantian bisa Anda lakukan ketika merasa jok sudah tidak nyaman untuk badan. Misalnya jok terasa keras, licin bahkan membuat badan pegal.

Baca Juga: Jenis Kulit Jok Motor yang Bisa Anda Pilih dan Cara Merawatnya

Tips Mendapatkan Jok Motor Anti Pegal

Jok motor memang menjadi komponen yang sangat mempengaruhi kenyamanan. Sebab bagian tersebutlah yang langsung menopang tubuh ketika kita mengendarainya. Jika jok nyaman maka badan juga akan nyaman begitu pula dengan sebaliknya.

Jika jok terasa tidak nyaman maka badan kita juga tidak akan terasa nyaman. Hal tersebut tentunya membuat kita harus menggunakan jok yang benar-benar nyaman. Apalagi jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan motor untuk jarak jauh.

Dengan jok yang nyaman maka sensasi berkendara bisa menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Selain itu dengan kenyamanan ini maka keselamatan diri juga bisa terjaga. Sebab saat badan lelah dan pegal maka bisa saja menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Untuk mendapatkannya Anda bisa memilih mengganti jok lama dengan jok motor anti pegal. Artinya jok tersebut akan terasa nyaman dan juga tidak akan membuat badan pegal. Hasilnya Anda akan kembali mendapatkan pengalaman berkendara yang baik.

Biasanya jok motor yang masih baru masih akan terasa nyaman kita gunakan. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan penggunaan, kenyamanan jok akan berkurang. Akhirnya jok menjadi terasa tidak nyaman dan bisa menyakiti badan.

Lalu bagaimana cara mendapatkan jok anti pegal tersebut? Berikut adalah beberapa tipsnya yang bisa Anda terapkan.

Baca Juga: Cara Membuat Jok Motor Tidak Licin Menggunakan Langkah Ini

Pilih Busa yang Teksturnya Lembut

Untuk mendapat jok motor anti pegal pertama pilihlah busa yang bertekstur lembut dan empuk. Sebab faktor kenyamanan jok bisa terlihat dari kualitas busa yang ada di dalamnya. Jika busa empuk maka badan akan terasa nyaman dan tidak akan pegal.

Selain lembut pastikan juga bahwa busa tersebut tebal dan berkualitas bagus. Dengan begitu maka badan akan merasa lebih nyaman selama berkendara. Jika jok standar motor sudah mulai keras dan tidak nyaman Anda pun harus segera menggantinya.

Buat Papas Jok Berbentuk Lekukan

Tips selanjutnya yaitu papas jok membentuk lekukan namun jangan sampai terlalu tipis. Tujuannya agar posisi badan saat berkendara tidak mudah berubah dan tetap terasa nyaman. Selain kenyamanan, hal ini juga akan menunjang penampilan motor menjadi semakin bagus.

Pilih Jenis Kulit yang Tepat

Jenis kulit jok motor ternyata juga bisa memengaruhi kenyamanan selama berkendara. Karena itu Anda tidak bisa sembarangan memilih kulit jok ketika berniat menggantinya. Jangan sampai Anda salah pilih karena malah bisa membuat jok terasa tidak nyaman.

Pilihlah kulit memiliki bahan dasar lentur untuk mendapatkan jok motor anti pegal. Sebab ketika duduk maka kulit jok bisa mengikuti lekuk tubuh yang menempel pada jok. Akibatnya badan akan terasa lebih nyaman dan tidak mudah pegal.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jok Motor Rembes dengan 3 Metode Sederhana

Menggunakan Latex

Untuk membuat jok semakin empuk dan nyaman Anda juga bisa memanfaatkan latex. Caranya yaitu cukup dengan mengganti sebagian busa dari jok motor dengan lapisan latex. Namun pastikan pemasangan lapisan latex juga tidak sembarangan.

Anda bisa mengikis busa jok bagian motor terlebih dahulu baru memasang satu lembar latex. Cobalah duduki, jika masih kurang empuk maka tambahkan satu lapisan latex lagi. Namun pastikan hanya menggunakan dua lembar saja, jika lebih maka jok akan terlalu tinggi.

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan jok motor anti pegal. Anda bisa mencoba cara di atas untuk mendapatkan jok yang paling nyaman. (R10/HR-Online)