Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruKandungan Surat Al Mulk dan Keutamaan Bagi yang Membacanya!

Kandungan Surat Al Mulk dan Keutamaan Bagi yang Membacanya!

Kandungan Surat Al Mulk sangat banyak yang bisa kita petik. Surat Al Mulk termasuk surat dalam Al-Quran yang memiliki banyak kandungan dan keutamaan. Maka dari itu, umat muslim harus paham dengan kandungan surat dalam Al Quran ini.

Al Mulk merupakan surat Al-Quran yang terdiri atas 30 ayat dan termasuk surat Makkiyah. Adapun pengertian dari Al Mulk yaitu kerajaan.

Baca juga: Kandungan Surat Ad Dukhan, Azab Bagi Kaum Kafir Mekah

Surat ini juga banyak disebut dengan surat Tabarok. Sebab, awal ayat dari surat ini berbunyi Tabarok yang artinya maha suci.

Inilah Kandungan Surat Al Mulk yang Penting Anda Pahami!

Surat al-Mulk merupakan salah satu surat yang ada dalam Al-Quran yang menjadi pertanda permulaan  juz ke-29 dari 30 juz. Dalam surat ini, tema pokoknya yaitu mengesakan Allah  SWT dengan menggambarkan berbagai macam kesempurnaan ciptaan-Nya.

Dengan berbagai macam ciptaan Allah yang bisa kita lihat, semua itu membuktikan jika hanya Allah SWT yang Maha tinggi (Tabaaraka).

Surat ini merupakan salah satu surat yang istimewa. Selain memiliki banyak keutamaan, banyak juga kandungan yang terdapat dalam surat Al Mulk ini, mulai dari ayat 1 sampai dengan ayat 30.

Adapun kandungan yang terdapat dalam surat Al Mulk antara lain adalah sebagai berikut:

Kandungan Ayat 1-5

Dalam surat Al Mulk ayat 1-5 merupakan penjelasan jika kemuliaan dan juga kekuasaan Allah SWT yang sudah menciptakan segala sesuatu yang ada di langit dan bumi.

Allah juga telah menciptakan langit sab 7 yang sangat luas dan banyak berhiaskan bintang-bintang. Bintang indah dan gemerlapan tersebut yang akan digunakan untuk mengusir setan.

Kandungan Ayat 6-11

Nah, untuk kandungan surat Al Mulk ayat 6-11 yaitu menjelaskan tentang siksaan atau azab untuk  orang-orang kafir yang telah mendustakan agama Allah.

Bahkan ada juga penjelasan dalam Al Quran tentang orang kafir yang berada dalam neraka mendapatkan pertanyaan dari malaikat penjaga neraka. Malaikat bertanya pada orang tersebut tentang semasa hidupnya, tak ada seseorang yang mengajaknya untuk beriman kepada Allah.

Seperti dalam Al Quran Surat Al Fatir ayat 36:

Hingga pada akhirnya, orang kafir tersebut mengaku akan dosa-dosanya yang tidak percaya dengan keberadaan Allah SWT.

Kandungan Ayat 12-15

Sebaliknya, dalam surat Al Mulk ayat 12-15 justru menjelaskan mengenai orang-orang yang beriman kepada Allah dengan  ikhlas dan mengharapkan ridhonya Allah.

Baca juga: Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Memudahkan, Melancarkan Rezeki

Seseorang yang beriman kepada Allah dan hanya ingin mendapatkan ridhonya Allah niscaya mereka akan memperoleh balasan dari Allah berupa rizki dan pengampunan yang banyak.

Kandungan Ayat 16-19

Dalam surat Al Mulk ayat 16-19 juga telah menjelaskan tentang ancaman dan kemurkaan Allah Pada orang-orang kafir yang berdusta terhadap Allah.

Bahkan, Allah juga telah menjelaskan kekuasaannya dalam ayat ini yang sanggup mendatangkan bencana atau siksaan. Antara lain berupa bencana gempa bumi dan badai yang dahsyat.

Allah juga menjelaskan jika memiliki kekuasaan untuk menahan sayap dari burung yang terbang.

Kandungan Ayat 20-22

Selanjutnya, kandungan surat Al Mulk ayat 20-22 juga menerangkan kekuasaan Allah yang akan terus menjaga dan memberikan rezeki kepada umat muslim dengan berbagai perantara.

Kandungan Ayat 23-30

Nah, dalam ayat 23-30 juga menjelaskan tentang kekuasaan Allah SWT dalam memberikan penglihatan, akal, pendengaran, dan membuat manusia bisa berkembang biak.

Kemudian, hanya Allah lah yang mampu mendatangkan air pada saat kita sedang dalam keadaan yang kekeringan.

Keutamaan Membaca Surat Al Mulk

Surat Mulk memang memiliki banyak kandungan dan hikmah yang bisa kita petik dan dijadikan sebagai peringatan. Selain mengerti tentang kandungannya, sebagai umat muslim Anda juga harus rajin-rajin membaca Surat Al Mulk ini.

Bahkan dalam hadits telah ada anjuran untuk membaca surat Al Mulk setiap hari, terutama sebelum tidur. Keutamaan Surat Al Mulk harus umat muslim ketahui dan pahami. Sebab, surat ini mempunyai keutamaan yang menakjubkan.

Baca juga: Kandungan Surat Al Jin, Mengisahkan Jin yang Menyembah Allah

Barang siapa yang bisa membaca dan mengamalkan surat Mulk, maka niscaya akan menjadi orang yang beruntung dunia dan akhiratnya.

Keutamaan membaca surat Al Mulk yaitu akan terbebas dari siksa kubur. Siksa kubur merupakan siksa yang amat pedih dan mengerikan setelah orang meninggal.

Dengan membaca surat Al Quran ini setiap hari, maka kita bisa terbebas dari siksa kubur yang menyakitkan.

Kandungan surat Al Mulk dari ayat 1-30 ini semoga bisa menjadi peringatan bagi kita semua untuk selalu iman dan bertaqwa kepada Allah SWT. (Muhafid/R6/HR-Online)