Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruKandungan Surat Al Qalam Ayat 4, Akhlak Mulia Rasulullah SAW

Kandungan Surat Al Qalam Ayat 4, Akhlak Mulia Rasulullah SAW

Kandungan surat Al Qalam ayat 4 berkaitan erat dengan Nabi Muhammad SAW. Lebih tepatnya, ayat 4 dalam surat Al Qalam memiliki kandungan yang berisikan soal karakter suri tauladan umat muslim.

Kandungan surat ini bukan hanya itu saja, melainkan masih ada banyak isi pokok lainnya yang tak kalah penting untuk Anda tahu.

Pahami Pokok Isi Kandungan Surat Al Qalam Ayat 4

Surat Al Qalam merupakan surat ke-68 dalam kitab suci Al-Quran. Surat ini berisikan 52 ayat dan tergolong surat Makkiyah karena turun di kota Mekah. Secara garis besar, surat Al Qalam membahas mengenai orang-orang kafir yang melakukan pertentangan kepada Rasulullah SAW.

Baca juga: Kisah Rasulullah dan Pengemis Buta, Selalu Bersabar Meski Dihina!

Tak hanya itu saja, di dalam surat ini juga berisikan kekaguman karena Rasulullah SAW sangat sabar dalam menghadapi pertentangan dari orang-orang kafir tersebut.

Selain memiliki kesabaran yang luar biasa, Nabi Muhammad SAW juga mempunyai akhlak mulia lainnya yang harusnya diteladani oleh semua umat Islam.

Dari 52 ayat dalam surat Al Qalam, ada salah satu ayat yang menarik untuk kita bahas yakni ayat ke-4. Mengenai bagaimana kandungan ayat 4 dalam Al Qalam tersebut, Anda bisa simak beberapa poin di bawah ini.

Akhlak Rasulullah

Salah satu kandungan dalam ayat tersebut yaitu penjelasan mengenai akhlak Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW mempunyai akhlak mulia dan luhur sebagaimana yang sudah diketahui oleh semua umat muslim. Dalam hal ini, Rasulullah SAW memiliki budi pekerti yang baik.

Membalas Tuduhan Orang Musyrik

Selain membahas mengenai akhlak Rasulullah SAW, ayat ini juga membalas tuduhan orang-orang musyrik yang menyebut bahwa Rasulullah SAW adalah orang gila.

Tuduhan tersebut nyatanya salah karena kandungan surat Al Qalam ayat 4 menjelaskan bahwa Rasulullah memiliki budi pekerti yang baik.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa orang yang memiliki budi pekerti baik jauh dari penyakit gila. Begitupun sebaliknya. Orang yang budi pekertinya buruk, maka dekat dengan penyakit gila.

Karena memiliki budi pekerti baik, Allah mengutus Rasulullah SAW untuk menyampaikan ajaran-Nya sekaligus menyempurnakan akhlak manusia.

Keteladanan

Pokok isi kandungan Al Quran selanjutnya yaitu keteladanan dari Nabi Muhammad SAW. Budi pekerti yang Rasulullah SAW miliki haruslah semua umat Islam teladani.

Selain itu, Rasulullah SAW juga senantiasa taat kepada Allah SWT dalam menyampaikan ajaran agama Islam. Hal ini juga perlu umat muslim teladani sebaik mungkin.

Keutamaan Membaca Surat Al Qalam

Selain berisikan kandungan pada ayat 4 yang penting untuk umat Islam ketahui, surat Al Qalam juga menawarkan banyak keutamaan. Berikut beberapa diantaranya.

Memperoleh Kelapangan Rezeki

Salah satu keutamaannya yaitu Allah SWT senantiasa memberikan kelapangan rezeki kepada orang-orang yang membaca surat Al Qalam dengan penuh keikhlasan dan bersungguh-sungguh.

Baca juga: Kandungan Surat Al Mulk dan Keutamaan Bagi yang Membacanya!

Maka dari itu, pastikan Anda membiasakan diri untuk membaca surat ini. Terutama ketika menunaikan sholat, baik itu sholat fardhu maupun sholat sunnah.

Selamat dari Himpitan Kubur

Selain memperoleh kelapangan rezeki, Anda juga bisa selamat dari himpitan kubur apabila sepenuh hati membaca surat Al Qalam. Inilah janji Allah SWT setelah umat muslim meninggal nantinya.

Setiap umat muslim pastinya ingin mendapatkan kemudahan dalam menjalani kehidupan di alam barzah. Surat ini pun bisa menjadi salah satu pelindung sekaligus kunci dalam mewujudkan keinginan tersebut.

Menyembuhkan Penyakit

Keutamaan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan membaca surat Al Qalam yaitu sembuh dari penyakit. Dalam hal ini, jenis penyakit yang dimaksud yaitu penyakit gigi.

Maka dari itu, apabila Anda kerap mengalami sakit gigi, jangan ragu untuk mengamalkan bacaan surat Al Qalam.

Al-Mufashshal untuk Nabi Muhammad SAW

Penting untuk kita ketahui bahwa surat Al Qalam ternyata menjadi bagian Al-Mufashshal untuk Nabi Muhammad. Dengan demikian, Rasulullah SAW mempunyai keistimewaan tersendiri daripada nabi-nabi sebelumnya.

Baca juga: Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 2, Simak Berikut Ini!

Menyadari hal tersebut, sudah seharusnya umat muslim meyakini dan mempelajari ajaran yang Rasulullah SAW bawa.

Review di atas menunjukkan bahwa ada banyak kandungan surat Al Qalam ayat 4 yang harus umat muslim pahami. Semakin penting untuk diketahui karena banyak keutamaan di dalam kandungan Al Quran ini. Untuk memperoleh keutamaan tersebut, sudah seharusnya membiasakan diri untuk membacanya. (Muhafid/R6/HR-Online/Editor: Muhafid)