Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita PangandaranKawasan Tanjung Cemara di Pangandaran akan Dijadikan Green Belt

Kawasan Tanjung Cemara di Pangandaran akan Dijadikan Green Belt

harapanrakyat.com,- Kawasan Tanjung Cemara di Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, akan dijadikan green belt (jalur hijau) daerah tersebut. Sebanyak 2.500 bibit mangrove dan 500 pohon cemara pun ditanam di kawasan Tanjung Cemara Karangtirta, tepatnya Blok Cipari, Desa Sukaresik.

Penanaman ribuan bibit pohon tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-50 partai berlambang banteng PDI Perjuangan.

Ketua DPC PDI Perjuangan, Jeje Wiradinata yang juga Bupati Pangandaran mengatakan, pihaknya menggelar penanaman pohon mangrove dan cemara di kawasan Tanjung Cemara.

Ke depan kawasan tersebut akan menjadi green belt kawasan hijau pantai karena adanya pohon bakau yang bisa bermanfaat di masa yang akan datang.

“Tanjung Cemara ini luas wilayahnya sekitar 22 hektar. Ke depan akan semakin ramai karena pemda telah membangun poros jalan lintas Pantai Pangandaran-Karang Tirta-Batuhiu dan akan tembus ke Bojongsalawe, Parigi,” kata Jeje Wiradinata kepada harapanrakyat.com, Minggu (15/01/2023).

Baca Juga: Wujudkan Pangandaran Bebas Sampah, Pegiat Lingkungan Minta Pemerintah Tegas

Menurutnya, perairan akan produktif subur apabila ada pohon bakau. Di Pangandaran sendiri lahan hijaunya masih kurang. Tetapi Pangandaran masih termasuk bagus dari daerah lain.

“Kita mengajak menanam dan memberikan edukasi, siapa yang menanam dan siapa yang memanen untuk menjaga kelestarian lingkungan. Jadi jangan asal main tebang,” ujarnya.

Jeje juga menyebutkan, status tanah kawasan Tanjung Cemara sedang dalam proses penelusuran. Karena sebelumnya dalam rapat muncul adanya kepemilikan sertifikat tanah di lokasi tersebut.

“Lokasi Tanjung Cemara ini memiliki dua muka, yakni menghadap pantai dan menghadap muara sungai. Saya belum bisa ngomong apa-apa sebelum status tanah ada kepastian. Kita pastikan dulu BPN untuk menelusuri legalitasnya,” kata Jeje.

Kegiatan penanaman pohon di kawasan Tanjung Cemara itu diikuti oleh sejumlah Satuan Perangkat Daerah lingkup Pemkab Pangandaran. Serta seluruh kader PDI Perjuangan Kabupaten Pangandaran. (Madlani/R3/HR-Online/Editor-Eva)