Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruKecerahan Layar Android Tidak Berfungsi, Begini Cara Mengatasinya!

Kecerahan Layar Android Tidak Berfungsi, Begini Cara Mengatasinya!

Kecerahan layar Android tidak berfungsi sering terjadi. Ketika kecerahan layar HP Android sedang tidak berfungsi maka akan sangat mengganggu. Sebab kita tidak bisa mencerahkan atau meredupkan layar, sehingga butuh segera tips HP satu ini untuk mengatasinya.

Masalah pada HP ini tentunya sangat mengganggu bagi para pengguna HP selama menggunakannya. Apalagi kecerahan layar memang sangat penting selama kita menggunakan HP.

Tingkat kecerahan yang pas membuat layar terlihat lebih jelas dan membuat nyaman selama melihatnya.

Begitu pula sebaliknya, jika kecerahan layar tidak pas maka bisa mengganggu sang pengguna. Saat layar terlalu gelap maka pengguna tidak akan bisa melihat tampilan layar dengan jelas. Jika tampilan layar terlalu terang maka pengguna juga tidak akan bisa melihat layar dengan baik.

Baca Juga: Cara Mengganti Kunci Layar HP yang Mudah!

Solusi Tepat Mengatasi Kecerahan Layar Android Tidak Berfungsi

Karena pentingnya kecerahan layar ini, perusahaan HP sengaja membuat fitur untuk mengatur kecerahan layar. Artinya, nantinya pemilik bisa mengatur seberapa tinggi tingkat kecerahan layar HP mereka.

Misal dalam keadaan gelap maka pengguna bisa mengatur kecerahan ke tingkat yang paling rendah. Sebaliknya jika keadaan terang maka pengguna bisa mengatur kecerahan layar tinggi.

Tujuan pengaturan tersebut yaitu agar informasi yang terpampang di layar HP bisa terlihat lebih jelas. Selain itu, juga untuk menjaga keamanan mata agar tidak terkena cahaya yang terlalu terang atau redup.

Hal tersebut karena saat keadaan gelap, layar yang terlalu terang akan menyakiti mata. Sementara itu, pada kondisi terang layar yang gelap membuat mata tidak bisa melihat informasi di dalamnya. Karena itu penting untuk mengatur kecerahan layar sendiri sesuai dengan kondisi.

Namun sayangnya, terkadang mungkin muncul masalah dalam mengatur kecerahan ini. Misalnya, kecerahan layar Android tidak berfungsi sehingga tidak bisa kita atur. Masalah ini tentunya cukup mengganggu dan membuat penggunaan HP menjadi tidak maksimal.

Ketika mengalami masalah satu ini, Anda tidak perlu bingung atau khawatir. Anda juga tidak perlu membawanya ke tukang service langsung, sebab ada beberapa cara untuk mengatasinya. Cara ini juga tergolong mudah dan bisa Anda terapkan sendiri di rumah.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kecerahan layar yang tidak berfungsi:

Baca Juga: Android Sering Kembali ke Menu Utama? Ini Cara Mengatasinya!

Atur Kecerahan Melalui Setelan

Pertama, Anda bisa mencoba mengatur kecerahan layar HP melalui menu Setelan. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Bukalah menu Setelan atau Settings di HP Android Anda.
  2. Selanjutnya, buka menu pengaturan Tampilan atau Display.
  3. Berikutnya, pilihlah menu Tingkat Kecerahan atau Brightness Level.
  4. Kemudian akan muncul bar yang menyatakan kecerahan layar. Anda bisa mencoba menggeser atau mengatur tingkat kecerahan tersebut hingga sesuai dengan kebutuhan dan keadaan.

Restart HP Android

Cara kedua untuk mengatasi kecerahan layar Android tidak berfungsi yaitu dengan merestart HP. Restart memiliki fungsi untuk menghilangkan eror yang mungkin saja terjadi. Jadi, jika merestart HP mungkin saja masalah satu ini akan selesai.

Untuk melakukannya Anda tinggal memencet tombol power pada HP selama beberapa saat. Selanjutnya pilih opsi Muat Ulang dan HP akan mati dan hidup kembali secara otomatis. Jika sudah, maka Anda bisa mengecek apakah kecerahan layar sudah kembali normal atau belum.

Matikan Fitur Kecerahan Layar Otomatis

Beberapa HP Android mungkin menggunakan fitur kecerahan layar secara otomatis. Artinya saat keadaan gelap maka kecerahan layar bisa menurun dengan sendirinya. Sebaliknya saat keadaan cerah maka kecerahan layar bisa meningkat dengan sendirinya.

Namun ternyata, fitur ini juga bisa mengakibatkan masalah kecerahan layar Android tidak berfungsi. Karena itu Anda bisa memilih untuk mematikan fitur brightness otomatis tersebut. Caranya yaitu dengan membuka menu Brightness Level, kemudian matikan opsi Kecerahan Otomatis.

Baca Juga: Cara Mengirim Paket Data ke HP Lain, Mudah Anti Ribet!

Matikan Fitur Hemat Daya

Selain fitur kecerahan otomatis, fitur hemat daya juga bisa menyebabkan kecerahan tidak berfungsi. Karena itu Anda bisa mencoba mematikan mode hemat daya terlebih dahulu.

  1. Buka menu Settings atau Setelan pada HP Android Anda.
  2. Selanjutnya, pilihlah opsi Baterai dan Performa atau Battery & Performance.
  3. Kemudian, Anda bisa memilih opsi Power.
  4. Lalu matikan opsi Penghemat Baterai. Setelah itu, bisa saja masalah kecerahan HP tidak berfungsi akan terselesaikan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kecerahan layar Android tidak berfungsi yang bisa Anda terapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil. (R10/HR-Online)