Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruKeutamaan Bulan Rajab, Waktu Istimewa untuk Beramal Shaleh

Keutamaan Bulan Rajab, Waktu Istimewa untuk Beramal Shaleh

Keutamaan Bulan Rajab sangat istimewa bagi umat muslim. Untuk mendapatkan keutamaan tersebut, umat muslim harus melakukan beberapa amalan sunnah di Bulan Rajab. Amalan sunnah inilah yang nantinya akan menjadi ladang pahala bagi yang menjalankannya.

Bulan Rajab adalah bulan yang penuh rahmat dan memiliki keistimewaan. Selain itu, bulan ini juga menjadi bulan yang dekat dengan bulan Ramadhan. Peristiwa Isra’ Mi’raj pun juga terjadi di bulan ini.

Baca Juga: Niat Puasa Rajab Menentukan Pahala Ibadah Sunnah bagi Umat Muslim

Keutamaan Bulan Rajab dan Pengamalannya

Untuk mendapatkan keistimewaan Bulan Rajab ini, ada banyak amalan sunnah yang bisa Anda amalkan. Maka dari itu, jangan sampai menyia-nyiakan bulan yang istimewa dan penuh dengan keberkahan ini.

Banyak Pengampunan

Adapun keutamaan yang bisa Anda dapatkan pada bulan Rajab ini yang pertama yaitu banyaknya pengampunan yang Allah SWT berikan pada hambanya. 

Kesempatan ini bisa kita gunakan untuk bertaubat atas segala macam dosa yang telah kita perbuat. Baik itu dosa yang kita sengaja maupun yang tanpa kita sengaja.

Perbanyaklah membaca bacaan istighfar agar bisa mendapatkan pengampunan sebanyak-banyaknya. Dengan memperbanyak bacaan istighfar, dosa-dosa kita akan Allah ampuni. Selain itu, ada juga keutamaan lain yang bisa kita dapatkan dari banyak mengamalkan istigfar ini, terutama di saat bulan rajab.

Barang siapa yang memperbanyak bacaan istighfar, maka Allah akan mendatangkan rizki yang tidak disangka-sangka pada orang yang membacanya.

Sangat disayangkan jika kita tidak menyempatkan waktu untuk membaca istighfar ini. Sebab, ini merupakan amalan yang ringan kita lakukan, namun bisa menghasilkan pahala yang sangat besar.

Baca Juga: Keutamaan Puasa Tasua Akan Lebih Sempurna dengan Puasa Asyura

Waktu Mustajab untuk Berdoa

Ada waktu-waktu mustajab yang Allah berikan pada hambanya. Pada saat kita berdoa di waktu tersebut, maka doa-doa itu tidak akan Allah tolak. Adapun waktu mustajab untuk berdoa atau keutamaan tersebut yaitu malam Jumat, malam Nisfu Sya’ban, dua malam hari raya, dan malam bulan Rajab ini.

Maka dari itu, umat muslim dianjurkan untuk melakukan sholat malam pada bulan ini. Untuk mendapatkan keistimewaan yang lebih, maka bisa melaksanakan sholat malam pada waktu sepertiga malam yang akhir.

Sebab, waktu tersebut sangat istimewa untuk ibadah dan memanjatkan doa. Keutamaan bulan Rajab ini sebaiknya tidak Anda sia-siakan.

Amalan untuk Puasa Sunnah

Puasa sunnah bisa kita lakukan di beberapa waktu, salah satunya pada bulan Rajab ini. Pada bulan ini Anda bisa berpuasa pada awal bulan, tengah, dan juga akhir bulan.

Pahala puasa sunnah tersebut sama halnya menjalankan puasa selama satu bulan penuh. Namun puasa sunah pada bulan ini tidak dianjurkan selama satu bulan penuh. Sebab, agar puasa sunnah ini tidak menyamai puasa wajib bulan Ramadhan.

Bisa juga puasa sunnah bulan Rajab ini selama sehari, 7 hari, 8 hari, atau puasa 10 hari. Masing-masing mempunyai keutamaan yang besar.

Sebab, barangsiapa yang puasa bulan Rajab satu hari, maka pahalanya seperti berpuasa setahun. Jika melakukan puasa sunnah 7 hari bulan Rajab, keutamaan yang mereka dapatkan yaitu pintu-pintu neraka jahanam yang tertutup untuknya.

Sedangkan jika puasa sunnah selama 8 hari bulan Rajab, maka Allah akan membukakan 8 pintu surga. Untuk puasa sunnah selama 10 hari, maka Allah akan mengabulkan doanya.

Bahkan, ada juga riwayat yang menjelaskan jika orang yang berpuasa sehari saja pada bulan Rajab ini, maka Allah akan memberikan minum hamba tersebut dari Telaga Rajab yang istimewa.

Telaga Rajab merupakan telaga yang memiliki sumber air dari surga. Siapa saja yang minum satu kali air telaga ini, maka orang tersebut tidak akan merasakan haus selamanya.

Baca Juga: Puasa Sunnah Dzulqa’dah Memiliki Keutamaan Pahala Dilipatgandakan

Bulan Istimewa untuk Sedekah

Sedekah memang menjadi amalan yang Allah cintai. Amalan ini bisa orang lakukan kapan saja. Pahala yang Allah berikan pada orang bersedekah juga sangat besar.

Apalagi orang yang bersedekah di bulan Rajab ini, bisa mendapatkan keutamaan yang lebih besar lagi. Salah satunya yaitu Allah akan menjauhkan orang yang bersedekah tersebut dari dahsyatnya api neraka.

Maka dari itu, bersedekahlah pada orang yang membutuhkan dengan niat karena mencari ridha Allah SWT.

Dengan mengetahui banyaknya keutamaan bulan Rajab yang Allah berikan, mari kita tingkatkan semangat kita dalam melakukan berbagai macam amalan sunnah tersebut. Sehingga bisa menghasilkan banyak pahala di bulan Rajab ini. (R10/HR-Online)