Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruKomponen Rem Tromol Mobil, Lihat Berbagai Fungsinya!

Komponen Rem Tromol Mobil, Lihat Berbagai Fungsinya!

Komponen rem tromol mobil memiliki fungsi penting untuk berjalannya sebuah kendaraan. Rem tromol pada mobil terdiri dari beberapa komponen yang bersatu sehingga bisa menjalankan fungsi dengan baik. Rem mobil yang bisa berfungsi dengan baik sangat pengguna butuhkan supaya tetap aman saat berkendara.

Baca Juga: Penyebab Rem Mobil Lengket yang Jarang Pemilik Ketahui!

Komponen Rem Tromol Mobil dan Fungsinya

Rem tromol mobil pada mobil merupakan salah satu komponen penting yang harus pengguna keadaanya. Apabila para pengguna tidak merawatnya dengan baik pasti bisa menyebabkan beberapa masalah besar.

Masalah besar tersebut yang bisa terjadi salah satunya kecelakaan.  Oleh karena itu, sebaiknya tetap menjaga komponen rem tromol supaya bisa berfungsi dengan baik.

Setiap komponen pada rem tromol memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tentunya fungsi tersebut sangat berguna untuk mendukung pengguna tetap aman saat berkendara.

Komponen Silinder Roda

Komponen silinder roda berfungsi untuk mengubah tekanan fluida menjadi gerakan mekanis. Terdapat dua tipe silinder roda yaitu trailing dan dual piston.

Terdapat beberapa bagian pada silinder roda yaitu piston, bleeder nut, spring, piston boot, housing, dan whell cylinder. Silinder roda yang sering ada pada rem tromol yaitu tipe wheel cylinder.

Komponen Backing Plate

Backing plate merupakan dudukan untuk komponen tromol yang lain seperti tempat pegas, wheel cylinder, dan brake shoe.

Bentuk dari komponen ini yaitu seperti piringan logam dan berada pada belakang rem tromol. Fungsi dari backing plate ini yaitu untuk pelindung komponen yang lain. 

Pada komponen rem tromol ini terdapat lekukan dan lubang yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Tujuan dari lubang ini yaitu untuk menyesuaikan dengan para standar pada rem tromol.

Baca Juga: Mengganti Minyak Rem Sesuai Spesifikasi, Cek Manfaatnya!

Komponen Sepatu Rem dan Kampas

Sepatu rem atau brake shoe memiliki bentuk lingkaran yang terdiri dari dua buah sepatu setengah lingkaran. Fungsi dari komponen ini yaitu sebagai tempat meletakkan kampas rem.

Sedangkan kampas rem merupakan komponen yang terdapat pada atas permukaan sepatu rem.

Komponen Brake Shoe Adjuster

Komponen rem tromol mobil selanjutnya yaitu brake shoe adjuster. Brake shoe adjuster berada pada bagian bawah rem tromol mobil.

Fungsi dari komponen ini yaitu untuk menyetel celah pada permukaan tromol dan kampas rem ada gerakan dari pedal rem.

Komponen Return Spring

Return spring memiliki fungsi yaitu untuk mengembalikan sepatu rem pada posisi awal saat ada tekanan dari tuas pedal. Terdapat dua sistem pada kinerja komponen ini yaitu lower spring dan upper spring.

Lower spring terletak pada sisi adjuster sedangkan upper spring berada di bawah roda silinder. Fungsi utama dari komponen ini yaitu menjaga dua sepatu rem tromol supaya bisa menekan bagian adjuster.

Komponen Parking Brake Lever

Komponen rem tromol mobil selanjutnya yaitu parking brake lever. Parking brake lever terdiri dari dua sistem parking yaitu brake shoe link dan park brake lever. Bagian ujung dari park brake lever memiliki engsel yang saling terhubung dengan kabel rem.

Sedangkan komponen brake shoe link memiliki fungsi untuk menghubungkan antara park brake lever dan brake shoe.

Komponen Brake Shoe Holder

Brake shoe holder merupakan komponen pelengkap untuk sepatu rem pada jenis rem tromol. Komponen ini memiliki fungsi yaitu untuk memastikan bahwa rem tromol bisa bekerja dengan baik.

Brake shoe holder memiliki komponen yang sangat beragam seperti alat penekan dan pegas.

Baca Juga: Vapor Lock pada Rem Mobil, Bahayanya dan Cara untuk Mencegah!

Komponen Parking Brake Cable

Parking brake cable berbentuk kabel baja yang memiliki fungsi untuk menarik sistem pada rem tromol. Jenis kabel yang ada pada komponen ini biasanya menggunakan kabel baja.

Selain itu juga memiliki fungsi untuk menghubungkan gerakan tuas rem parking dengan parking brake lever. Letak parking brake lever yaitu tepat berada dalam sistem rem tromol.

Komponen Rem Tromol

Drum brake atau rem tromol memiliki bentuk tabung seperti drum dan bertekstur keras. Komponen pada rem tromol ini terbuat dari bahan baja tuang sehingga kuat dan keras.

Fungsi utama dari rem tromol ini yaitu untuk media gesekan dengan kampas rem yang bisa menghentikan perputaran sebuah roda.

Nah, itulah ulasan tentang komponen rem tromol mobil dan berbagai fungsinya. Semua komponen yang ada pada rem tromol mobil memiliki fungsi untuk menunjang bekerjanya rem dengan maksimal. (R10/HR-Online)