Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruKonektor Baterai HP Patah, Inilah Tanda dan Cara Mengatasinya

Konektor Baterai HP Patah, Inilah Tanda dan Cara Mengatasinya

Konektor baterai HP patah tentu menyebabkan masalah. Saat konektor pada baterai HP tiba-tiba patah maka bisa menyebabkan dampak untuk HP tersebut. Dampak tersebut tentunya juga memiliki hubungan dengan kondisi baterai HP.

Seperti yang kita ketahui, baterai merupakan komponen yang sangat penting untuk HP. Berkat baterai tersebut maka HP bisa menyala dan bisa kita gunakan dengan maksimal.

Bayangkan jika tidak ada baterai, maka HP tidak akan pernah bisa menyala walaupun hanya sebentar.

Agar bisa menghidupkan HP, baterai haruslah memiliki daya yang cukup. Sebab, nantinya daya inilah yang mampu membuat HP menjadi menyala. Jadi ketika daya baterai sudah habis hingga benar-benar 0% maka secara otomatis HP akan mati.

Jika hal tersebut terjadi Anda tidak perlu khawatir, sebab baterai tersebut bisa di cas. Artinya kita bisa kembali mengisi dayanya hingga 100% dengan bantuan charger dan listrik. Dengan begitu maka HP bisa kita nyalakan dan gunakan sama seperti sebelumnya.

Baca Juga: Cara Menaikkan Battery Health iPhone Supaya Maksimal!

Tanda-Tanda Konektor Baterai HP Patah dan Cara Mengatasinya

Dalam proses pengisian daya baterai, terdapat komponen yang memiliki peran sangat penting. Komponen tersebut yaitu konektor baterai HP yang bisa membuat proses pengisian daya berjalan.

Dengan adanya port ini selama proses pengecasan, maka daya baterai bisa terisi dengan lancar.

Artinya jika tidak ada konektor ini maka proses pengecasan bisa saja terganggu. Karena sangat penting tentunya kita harus membuat kondisi konektor ini tetap aman.

Tujuannya agar kita tidak mengalami kesulitan atau masalah saat ingin mengecas baterai HP.

Akan tetapi, sayangnya konektor HP ini juga rentan mengalami masalah tertentu. Apalagi kita memang sering mengecas HP, bahkan hampir setiap hari kita melakukannya.

Hal tersebut pun bisa memicu konektor baterai rusak apalagi dengan cara pengecasan yang salah.

Masalah konektor baterai ini juga cukup beragam, baik masalah yang berat maupun ringan. Misalnya masalah yang berat seperti konektor baterai HP patah atau longgar. Kemudian masalah ringan seperti terkena debu maupun kotoran yang menumpuk.

Masalah ringan tentunya masih bisa kita bereskan dengan mudah dan simpel. Misalnya yaitu dengan membersihkan kotoran menggunakan cotton buds.

Akan tetapi jika masalahnya cukup berat seperti patah maka perlu cara mengatasi yang lebih rumit lagi.

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi masalah konektor yang patah ini, kita akan membahas mengenai tandanya. Berikut adalah beberapa tanda konektor patah yang bisa Anda kenali:

Baca Juga: Cara Hidupkan HP Tanpa Baterai Menggunakan Alat Sederhana

1. Pengisian Daya Lama

Tanda konektor baterai HP patah pertama yaitu proses pengisian daya berjalan lebih lama dari sebelumnya. Sebab konektor yang patah membuat kabel charger tidak bisa tersambung sempurna. Akibatnya daya listrik yang tersalur juga tidak maksimal dan membuat pengisian daya lama.

Misalnya jika sebelumnya 2 jam baterai sudah penuh, namun kini memakan waktu hingga 3 jam. Hal ini tentunya sangat menyebalkan, sebab daya terisi sedikit demi sedikit. Akhirnya Anda pun harus menunggu lebih lama hingga baterai terisi penuh.

2. Daya Kadang Masuk Kadang Tidak

Mungkin Anda pernah mengalami kondisi yang mana daya kadang masuk kadang tidak saat di cas. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu dan bisa membuat pengisian baterai semakin lama. Kondisi ini juga bisa menandakan konektor patah atau longgar.

3. Daya Baterai Sama Sekali Tidak Terisi

Tanda konektor baterai HP patah selanjutnya yang lebih parah yaitu daya baterai sama sekali tidak terisi. Padahal Anda sudah mengecasnya dalam waktu yang lumayan lama. Hal tersebut tentunya sangat menyebalkan dan malah membuat daya baterai semakin habis.

Baca Juga: Cara Charge HP yang Benar, Performa Baterai Optimal dan Lebih Awet!

Cara Mengatasi Konektor Patah

Apabila mengalami masalah konektor patah ini tentunya Anda ingin segera mengatasinya bukan? Jika tidak, maka proses pengisian daya baterai akan terus terganggu. Berbeda dengan masalah ringan lain, masalah ini memiliki cara mengatasi yang berbeda.

Cara tersebut yaitu dengan mengganti konektor HP dengan yang baru. Sebab, konektor yang sudah patah tentunya tidak bisa kita perbaiki maupun kita akali. Anda bisa mencoba menggantinya sendiri maupun membawanya ke tempat service HP.

Demikianlah pembahasan mengenai tanda dan cara mengatasi konektor baterai HP patah. Semoga cara ini bisa membantu Anda yang memang sedang mengalami masalah ini. (R10/HR-Online)