Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TasikmalayaKupat Tahu Mangunreja Asli Tasikmalaya, Kuliner Legendaris

Kupat Tahu Mangunreja Asli Tasikmalaya, Kuliner Legendaris

Kupat Tahu Mangunreja Asli Tasikmalaya merupakan salah satu kuliner legendaris dari sekian banyaknya makanan Sunda. Hidangan lezat yang terdiri dari ketupat, tahu, dan saus kacang ini menjadi makanan padat yang cocok untuk menu makanan padat di segala kondisi.

Sesuai namanya, kedai kupat tahu yang terenak ada di Jalan Raya Tasikmalaya – Garut KM 2, Kampung Toblong, Kecamatan Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Sebagai patokan, lokasi kedai ada di dekat Kantor Polres Tasikmalaya.

Ciri khas dari kupat tahu Mangunreja adalah teksturnya yang lembut dan bumbu kacangnya lebih kental. Ada rasa pedas dari sausnya karena berasal dari campuran bawang daun. Rasa manis dari kecap juga melengkapi cita rasa dan aroma hidangan kupat tahu.

Baca Juga: Rumah Makan Khas Sunda di Tasikmalaya, Sambalnya Bikin Nagih

Sejarah Kupat Tahu Mangunreja Asli Tasikmalaya

Lala Nurlaela, pengelola Kupat Tahu Mangunreja Asli Tasikmalaya dari generasi ketiga, engembangkan kedai tersebut bersama kerabatnya.

Mulanya, kakek buyut Lala, Abah Usam dan Ochi mulai berjualan kupat tahu pada tahun 1955. Pada saat itu, cara berjualan pun masih dengan cara berkeliling dari desa ke desa.

Pada generasi kedua, Mang Maman dan Ibu Tirah melanjutkan bisnis tersebut dengan membuka kedai. Sejak itu hingga sekarang, Lala menjadi orang yang dipercaya untuk mengurus bisnis Kupat Tahu Mangunreja Asli Tasikmalaya sebagai usaha keluarga.

Meski sudah turun temurun, resep dari Kupat Tahu Mangunreja yang ‘Asli’ terjaga dengan baik. Oleh karena itu, mereka tetap mendapatkan pelanggan setia dari waktu ke waktu meski tidak mematenkan nama Kupat Tahu Mangunreja.

Baca Juga: Nasi Cikur Khas Tasikmalaya, Bisa Perkuat Imun Tubuh

Tidak Membuka Cabang di Tempat Lain

Kupat Tahu Mangunreja Asli Tasikmalaya menjadi sasaran pemburu kuliner yang datang dari berbagai kota di Jawa Barat. Dalam sehari, mereka bisa menghabiskan sekitar 200-400 ketupat sebagai bahan utamanya. Satu porsi kupat tahu pun lumayan terjangkau, mulai dari Rp 20.000.

Untuk menjaga keaslian resep yang otentik, pihak pengelola tidak membuka cabang di tempat lain.

Saat ini memang banyak penjual kupat tahu di Tasikmalaya yang menggunakan nama Mangunreja. Namun, kupat tahu di tempat lain memiliki saus kacang yang lebih encer. Sehingga, dari rasa dan penyajian pun tetap berbeda. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)