Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruMakanan Alami Pengencer Darah untuk Mengatasi Darah Kental

Makanan Alami Pengencer Darah untuk Mengatasi Darah Kental

Makanan alami pengencer darah cukup penting. Jenis makanan untuk pengencer darah baik untuk mengurangi risiko penggumpalan. Kondisi pembekuan atau penggumpalan darah akan membuat tubuh menjadi tidak sehat dan berbahaya.

Oleh karena itu, para penderita kondisi tersebut harus mengonsumsi makanan sehat yang dapat menjadi obat alami untuk mengencerkan darah.

Jika Anda mengonsumsinya secara rutin, maka makanan tersebut dapat membantu memulihkan kondisi penggumpalan darah dalam tubuh. Dengan begitu, maka darah bisa mengalir dengan lancar dan menghindari risiko penyakit mematikan.

Baca Juga: Makanan untuk Kesehatan Kuku, Wajib Anda Coba!

Rekomendasi Makanan Alami Pengencer Darah

Darah manusia sebenarnya dapat membeku. Pembekuan pada darah tersebut sangat penting untuk menghentikan ketika terjadi pendarahan, sekaligus mempercepat masa penyembuhan.

Akan tetapi, gumpalan darah yang terlalu banyak itu dapat menyebabkan penyakit komplikasi. Darah kental serta gumpalan di dalam arteri dapat meningkatkan risiko stroke dan juga serangan jantung.

Orang-orang yang memiliki kelainan pembekuan atau penggumpalan darah harus mengonsumsi obat agar darah kembali encer dan dapat mengalir dengan normal.

Pengentalan Darah Akibat dari Apa?

Tentunya ada alasan kenapa penggumpalan darah dapat terjadi. Biasanya darah kental terjadi akibat dari adanya kelainan pada protein pembekuan darah, sel darah merah atau sel-sel lainnya dalam darah.

Kondisi ini bisa sangat berbahaya karena bisa mengganggu pada sistem saraf. Selain itu, pengentalan darah pada vena atau arteri yang terhubung ke otak bakal mengakibatkan gangguan saraf hingga penyakit stroke.

Selain itu, kinerja ginjal juga bisa menurun jika terdapat penyumbatan pembuluh darah akibat pengentalan darah di bagian ginjal.

Sebenarnya ada beberapa makanan alami pengencer darah yang sangat baik untuk mengurangi risiko penggumpalan. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Baca Juga: Cara Membersihkan Paru-Paru dengan Makanan Lezat & Sehat

Makanan Apa yang Bisa Mengencerkan Darah?

Merangkum dari berbagai sumber, terdapat beberapa jenis makanan pengencer darah yang bisa Anda konsumsi, yaitu sebagai berikut:

  1. Ikan dan minyak ikan mengandung DHA dan EPA asam lemak omega-3 yang terbukti memiliki efek pengencer darah. Beberapa jenis ikannya seperti salmon, cod, tuna, sarden, dan mackerel.
  2. Bawang putih dapat bekerja mengencerkan darah. Makanan ini juga membantu menurunkan tingkat kadar kolesterol dan trigliserida darah.
  3. Cabai rawit yang pedas mengandung tinggi salisilat sehingga menjadi makanan alami pengencer darah dan meningkatkan sirkulasi darah.
  4. Kunyit mengandung kurkumin. Senyawa tersebut membuatnya memiliki antikoagulan dan anti inflamasi yang bisa menghambat komponen penyebab pembekuan darah.
  5. Jahe juga memiliki sifat anti inflamasi yang bisa menghentikan penggumpalan darah. Makanan ini mengandung salisilat yang ampuh mencegah jantung dan stroke.
  6. Kayu manis mengandung coumarin sebagai zat antikoagulan yang kuat dan bisa menjadi makanan pengencer darah sekaligus meredakan peradangan akibat artritis dan peradangan lainnya.
  7. Ekstrak biji anggur mampu melindungi pembuluh darah dan mencegah hipertensi. Makanan ini juga baik untuk mengencerkan darah secara alami.
  8. Berbagai makanan yang mengandung vitamin E seperti kuning telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lainnya juga baik untuk meminimalisir pembekuan darah. Vitamin E merupakan antioksidan yang bisa melawan kerusakan sel.
  9. Ginkgo Biloba merupakan makanan alami pengencer darah dari Tiongkok. Makanan ini bisa mengatasi gangguan darah dan memori karena memiliki sifat fibrinolitik.
  10. Enzim bromelain sangat baik untuk mengencerkan darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Enzim ini terdapat di buah nanas.

Itulah beberapa herbal yang dapat Anda konsumsi agar kondisi penggumpalan darah teratasi dan tubuh bisa menjadi sehat seperti sedia kala.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Vitamin E untuk Imunitas dan Kulit

Apa Ciri-Ciri Darah Kental?

Ketika terjadi pengentalan darah di dalam tubuh, maka tentu akan ada ciri-ciri atau gejala yang timbul. Biasanya pembekuan atau penggumpalan darah di dalam tubuh menyebabkan rasa mual dan pusing pada kepala.

Darah yang kental dan menggumpal juga bisa memunculkan gangguan pencernaan, rasa sakit dari lengan, rahang, hingga punggung, hingga berkeringat.

Apabila kondisi pengentalan sudah parah, maka bisa menyebabkan nyeri dada dan kesulitan bernapas. Jika sudah seperti ini, maka Anda harus segera memeriksakan diri.

Jika memang benar terjadi pengentalan darah, maka dokter akan memberikan Anda suplemen pengencer agar keadaan kembali normal.

Tentunya Anda juga bisa mengonsumsi makanan alami pengencer darah tersebut. Hanya saja Anda harus tetap mengkonsultasikan makanan tersebut kepada dokter apakah boleh dikonsumsi bersama dengan suplemen atau tidak. (R10/HR-Online)