Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita TerbaruMakanan untuk Darah Rendah, Tetap Lezat dan Berkhasiat!

Makanan untuk Darah Rendah, Tetap Lezat dan Berkhasiat!

Makanan untuk darah rendah tidak sembarangan. Tidak semua makanan cocok untuk penderita darah rendah. Padahal, sebenarnya ada berbagai makanan sehat yang menjadi pilihan terbaik untuk para penderita kondisi tersebut.

Pastinya salah satu alasan kenapa penderita darah rendah tidak ingin mengonsumsi makanan sehat adalah karena rasanya yang kurang lezat. Anggapan tersebut sebenarnya salah besar.

Nyatanya tidak sedikit makanan yang menyehatkan untuk tubuh tetapi tetap lezat di lidah. Anda mungkin hanya belum menemukannya saja.

Untuk itu, berikut ini kami rekomendasikan beberapa makanan yang cocok untuk penderita darah rendah tetapi tetap lezat dan menggugah selera.

Baca Juga: Bahaya Penyedap Rasa Makanan Berlebih pada Kesehatan, Simak!

Pilihan Terbaik Makanan untuk Darah Rendah

Dalam mengonsumsi makanan memang tidak bisa sembarangan. Apalagi jika memang Anda telah memiliki suatu kondisi seperti darah rendah.

Darah rendah atau hipotensi merupakan kondisi ketika tekanan darah di dalam tubuh berada di bawah batas normal. Dari remaja hingga orang tua bisa merasakan hal ini.

Ketika darah rendah, maka tubuh akan pusing dan mudah lelah. Anda jadi tidak bersemangat, lesu, bahkan ada yang sampai pingsan. Ini tentu saja sangat mengganggu aktivitas.

Darah Rendah Disebabkan Oleh Apa?

Normalnya, kondisi tekanan darah berada di rentang 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Penyebab gangguan ini karena hal-hal yang ada di luar penyakit.

Contohnya meliputi riwayat keluarga terkait tekanan darah ataupun efek samping dari obat-obatan. Selain itu, faktor lain penyebab hipotensi adalah kekurangan cairan, aktivitas yang padat, usia, hingga karena gaya hidup yang kurang sehat.

Hipotensi juga bisa menjadi gejala penyakit yang lebih serius. Untuk itu, sangat penting memperhatikan makanan untuk darah rendah. Tujuannya tentu saja agar menjaga tekanan darah tidak terlalu jauh di bawah normal.

Penderita gangguan darah rendah tidak bisa mengonsumsi makanan sembarangan. Gangguan tekanan darah rendah ini bisa saja membahayakan nyawa.

Jika Darah Rendah Harus Makan Apa?

Sebelum semakin parah, sebaiknya Anda mengonsumsi beberapa makanan untuk penderita darah rendah. Berikut rekomendasinya:

1. Hati Ayam

Di dalam hati ayam terdapat kandungan asam folat yang sangat baik untuk para penderita darah rendah.

2. Daging Merah

Daging merah mengandung banyak vitamin B12. Kandungan tersebut sangat baik untuk penderita darah rendah, bahkan terkenal untuk mengatasi anemia.

3. Telur

Makanan untuk darah rendah selanjutnya adalah telur, khususnya bagian kuningnya. Bagian kuning telur kaya akan vitamin B12 yang bagus untuk menjaga tekanan darah.

4. Sereal

Ternyata di dalam sereal juga terkandung banyak zat besi yang merupakan kandungan penting untuk para penderita hipotensi. Makanan yang terbuat dari gandum ini dapat Anda konsumsi secara rutin hingga tekanan darah kembali normal.

Baca Juga: Makanan Penambah Darah untuk Mengatasi Anemia

5. Kopi

Kadar kafein yang tinggi di dalam kopi meningkatkan detak jantuk dan melancarkan aliran darah.

6. Kacang-Kacangan

Kandungan nutrisi yang ada dalam kacang-kacangan dapat mengontrol tekanan darah agar bisa kembali normal.

7. Sayur Bayam

Kandungan bayam berupa asam folat dan zat besi sangat baik untuk mengatasi hipotensi.

8. Sayur Seledri

Sayuran ini mengandung natrium, asam folat, vitamin A, C, dan K yang berguna untuk melancarkan darah dan mengontrol tekanannya.

9. Wortel

Wortel sebagai makanan untuk darah rendah mengandung vitamin C, natrium, serat, dan air yang sangat baik untuk mengontrol tekanan darah.

10. Minyak Zaitun

Kandungan vitamin E, zinc, dan zat besi sangat baik untuk diet dan menjaga tekanan darah.

11. Buah Pisang

Pisang kaya akan gizi, vitamin, dan mineral yang berguna untuk mengontrol serta menstabilkan tekanan darah.

12. Buah Bit

Natrium dan kalium di dalam buah bit ampuh untuk menambah darah dan menjaganya agar tetap stabil.

13. Jeruk Lemon

Selain kaya air dan serat, buah ini juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang mampu melancarkan sirkulasi darah dan mengontrol tekanannya.

Baca Juga: Manfaat Makan Oatmeal, Sumber Energi Sehat yang Baik untuk Diet

Apa Ciri-Ciri Tekanan Darah Rendah?

Untuk mengetahui apakah Anda menderita darah rendah atau tidak bisa terlihat dari gejalanya. Darah rendah memiliki gejala seperti kelelahan, sakit kepala ringan atau pusing, mual, penurunan kesadaran, pandangan kabur, hingga kurang konsentrasi.

Namun, tidak semua kondisi lemas itu hipotensi. Agar lebih jelas, sebaiknya melakukan tensi darah. Apabila memang tekanannya rendah, maka segera konsumsi makanan untuk darah rendah tersebut. (R10/HR-Online)