Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruMakanan untuk Kesehatan Kuku, Wajib Anda Coba!

Makanan untuk Kesehatan Kuku, Wajib Anda Coba!

Makanan untuk kesehatan kuku juga perlu diperhatikan. Beberapa makanan membantu meningkatkan kesehatan kuku yang sangat penting. Dengan kuku yang sehat, maka akan sangat mempengaruhi penampilan juga.

Kesehatan tubuh memang menjadi perhatian utama, dari ujung rambut hingga ke ujung kaki harus Anda pastikan tidak memiliki gangguan kesehatan apapun.

Hal tersebut juga sangat berkalu untuk kuku. Tanpa Anda sadari, keberadaan kuku sangat penting karena akan berpengaruh terhadap penampilan di mata orang lain.

Anda bisa menjaga kesehatan kuku tersebut melalui langkah sederhana, yakni dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat dan juga bergizi.

Baca Juga: Makanan untuk Tulang Belakang Sakit, Apa Saja?

Rekomendasi Makanan untuk Kesehatan Kuku

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang terdapat di ujung jari. Bagian tubuh ini keras dan bisa tumbuh setiap waktu, kemudian kita juga dapat memotongnya kembali.

Tidak sedikit orang yang menjaga kuku hingga melakukan berbagai perawatan, itu semua agar kuku sehat dan tetap cantik.

Kuku sendiri tumbuh dari sel seperti gel lembut yang mati, kemudian mengeras, terbentuk ketika mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit pada pangkal kuku sendiri berfungsi untuk melindungi jari dari kotoran.

Jika Anda bertanya, apa bahan pembuat kuku, maka jawabannya adalah keratin, lapisan protein dalam tubuh yang tumbuh akibat lapisan sel bawah kulikel (bagian berwarna putih di dasar kuku).

Apa Vitamin untuk Kuku?

Agar tetap sehat, kuku juga membutuhkan berbagai asupan vitamin. Beragam kandungan seperti protein, zat besi, dan juga kalsium merupakan nutrisi yang harus Anda penuhi untuk kesehatan kuku.

Vitamin seperti biotin atau B7, vitamin B9 dan B12, vitamin C, hingga vitamin E sangat kuku butuhkan agar tetap sehat dan tetap tumbuh secara normal.

Untuk mendapatkan berbagai nutrisi tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan untuk kesehatan kuku yang alami.

Daftar Makanan untuk Menjaga Kesehatan Kuku

Inilah beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan kuku:

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Vitamin E untuk Imunitas dan Kulit

1. Buah-buahan

Berbagai jenis buah, khususnya anggur, aprikot, dan kiwi sangat baik untuk memperkuat kuku. Hal itu karena buah-buahan tersebut mengandung vitamin B6, A, dan juga C yang sangat kuku butuhkan.

Anda juga bisa mengonsumsi anggur atau berry yang mengandung antioksidan tinggi sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kuku.

2. Sayuran

Sayuran sebagai makanan untuk kesehatan kuku mengandung zat besi, vitamin A, dan juga kalsium. Anda bisa mengonsumsi ubi jalar, wortel, dan sayuran hijau tua seperti brokoli, asparagus, dan bayam.

3. Telur

Telur mengandung protein tinggi yang sangat baik untuk kuku. Selain itu, telur juga memiliki beragam nutrisi seperti zat besi, vitamin A B12, E, hingga biotin.

4. Ikan salmon

Di dalam ikan salmon terdapat vitamin B12 yang bisa menjaga kuku agar terhindar dari kekeringan yang berlebihan, warna kuku gelap, dan ujung kuku yang terlalu melengkung.

5. Gandum

Makanan ini mengandung vitamin E, zinc, protein, dan vitamin B6 yang baik untuk kesehatan kuku.

6. Oatmeal

Makanan untuk kesehatan kuku selanjutnya adalah oatmeal yang mengandung vitamin B, tembaga, zinc, dan sejumlah mikronutrien.

7. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan terbukti sangat baik untuk kuku. Selain lezat, nutrisi kacang-kacangan berupa zinc, zat besi, dan biotin berguna untuk memperkuat kuku.

8. Kacang Hijau

Kacang hijau ini tidak hanya membuat kuku sehat dan kuat, tetapi juga mempercepat pertumbuhannya. Itu terjadi karena terdapat kandungan vitamin C, beta-karoten, dan berbagai zat besi.

9. Biji Bunga Matahari

Makanan biji bunga Matahari merupakan alternatif untuk menjaga kesehatan kuku. Di dalam biji bunga Matahari terdapat vitamin B6, E, zat besi, dan Zinc.

Baca Juga: Makanan Pencegah Uban Tumbuh di Usia Muda, Coba Konsumsi!

Apa yang Menyebabkan Kuku Rusak?

Terdapat kemungkinan kuku Anda dapat rusak jika tidak merawatnya dengan benar. Penyebab kuku rusak adalah cedera, infeksi, perubahan usia, defisiensi zat besi, anemia, penyakit autoimun seperti lupus, psoriasis, hingga sirosis.

Akan tetapi, penyebab kuku kaki rusak yang paling umum adalah infeksi jamur, terutama kuku jari jempol. Jika kuku rusak, maka akan menimbulkan rasa nyeri hingga mengganggu penampilan.

Anda bisa menghindari kerusakan kuku tersebut dengan menjaga kebersihan dan juga mengonsumsi makanan untuk kesehatan kuku yang direkomendasikan sebelumnya. (R10/HR-Online)