Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruMakanan untuk Memperbaiki Fungsi Hati, Ide Menu Sehat & Lezat!

Makanan untuk Memperbaiki Fungsi Hati, Ide Menu Sehat & Lezat!

Makanan untuk memperbaiki fungsi hati sangat penting. Fungsi hati dapat terjaga dengan mengonsumsi makanan tersebut secara rutin. Sehingga, berbagai makanan sehat yang bermanfaat untuk hati ini perlu Anda ketahui.

Hati merupakan salah satu organ yang sangat penting untuk tubuh. Organ ini memiliki fungsi yang sangat krusial dan menunjang kehidupan manusia.

Tanpa adanya hati, maka manusia tidak bisa hidup dengan normal. Namun demikian, masalah fungsi hati cukup sering terjadi. Tentunya ada berbagai faktor yang menyebabkan kondisi gangguan ini.

Ketika fungsi hati terganggu, dampaknya pasti akan sangat terasa. Oleh karena itu, Anda harus segera memperbaikinya dengan berbagai cara, salah satunya mengonsumsi makanan-makanan bergizi.

Baca Juga: Makanan Penambah Nafsu Makan yang Perlu Dicoba!

Daftar Makanan untuk Memperbaiki Fungsi Hati

Tubuh manusia menyimpan berbagai macam organ penting di dalamnya. Dari sekian banyak organ, salah satu yang sangat penting adalah hati.

Organ ini memiliki fungsi yang sangat vital. Gangguan pada hati bukan hanya berbahaya untuk tubuh, tetapi juga dapat memicu berbagai penyakit lainnya.

Secara umum, fungsi hati yang normal adalah ALT atau SGPTL di bawah 33 iu/L untuk pria dan 25 untuk wanita, AST atau ASGIT di bawah 35.iu/L pada orang dewasa dan 30 – 120 iu/L pada orang dewasa.

Fungsi Hati pada Tubuh

Organ ini berperan dalam memproduksi cairan empedu yang akan membantu dalam proses pencernaan makanan. Hati menyimpan energi dalam bentuk glikogen dan mengubahnya menjadi glukosa, ketika glukosa darah rendah.

Selain itu, hati bermanfaat untuk menyaring zat-zat yang masuk ke dalam tubuh dan membuang racun. Protein dan energi di dalam tubuh juga bisa terbentuk dari hati.

Hati juga membantu membersihkan darah yang organ lainnya butuhnya. Sehingga, gangguan fungsi hati tentu saja memiliki risiko tinggi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan untuk memperbaiki fungsi hati.

Bagaimana Cara Menormalkan Fungsi Hati?

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan selain menjalani pengobatan di dokter adalah mengonsumsi makanan yang baik untuk kinerja hati.

Makanan-makanan tersebut tidak akan memberatkan fungsi hati. Berikut ini beberapa makanannya:

Baca Juga: Makanan untuk Darah Rendah, Tetap Lezat dan Berkhasiat!

1. Minyak Zaitun

Kandungan di dalam minyak zaitun ini memiliki manfaat menghilangkan zat kimia dalam tubuh. Minyak ini juga bisa membantu hati menyerap racun dengan baik.

2. Bawang Putih

Makanan untuk memperbaiki fungsi hati berikutnya adalah bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan sifat anti inflamasi yang berguna untuk mengeluarkan zat racun dari tubuh.

3. Brokoli

Sayuran hijau ini sangat baik untuk memperbaiki fungsi hati. Brokoli mengandung nutrisi baik untuk kesehatan.

Untuk memperoleh manfaat brokoli secara maksimal, sebaiknya rebus sayuran ini dalam air garam selama 3 menit. Anda juga bisa menyandingkannya dengan mayonise.

4. Minyak Sayur

Protein nabati di dalam minyak sayur mengandung protein nabati yang dapat membantu fungsi hati dan menangkal radikal bebas serta racun yang bisa memberatkan kinerjanya.

5. Pepaya

Selanjutnya makanan untuk memperbaiki fungsi hati adalah pepaya. Buah ini kaya dengan nutrisi berkhasiat di dalamnya.

Dengan begitu, mengonsumsi pepaya dengan rutin dapat memperbaiki hati dan kesehatan tubuh.

6. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu makanan yang bisa memperbaiki fungsi dari organ hati. Mengonsumsi asparagus sangat direkomendasikan.

Di dalam makanan ini terdapat kandungan fitokimia yang baik untuk membersihkan organ ginjal dan hati secara alami.

7. Teh Hijau

Jenis teh ini terkenal memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk memperbaiki fungsi dari hati pada saat menyaring zat racun yang ada di dalam tubuh.

Menurut beberapa orang, rasa pahit pada teh hijau menjadi filter alami dalam proses penyaringan zat beracun tersebut.

Baca Juga: Manfaat Makan Oatmeal, Sumber Energi Sehat yang Baik untuk Diet

Apa yang Membuat Organ Hati Rusak?

Sesungguhnya organ hati dapat rusak dan kehilangan fungsinya karena beberapa faktor. Beberapa hal menjadi penyebab utama dari gagal hati, yaitu psoriasis dan infeksi virus.

Infeksi yang bisa menyerang hati manusia adalah hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, dan hepatitis E. Kemudian kanker yang bermula dari bagian lain maupun di hati pasti akan menyebar ke hati dan merusaknya secara perlahan.

Anda pastinya membutuhkan perawatan dokter apabila mengalami penurunan fungsi hati. Namun, agar penyembuhan lebih cepat, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan untuk memperbaiki fungsi hati seperti di atas. (R10/HR-Online)