Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita BanjarMall Pelayanan Publik Kota Banjar Masih Persiapan, Warga Bisa Urus Keimigrasian

Mall Pelayanan Publik Kota Banjar Masih Persiapan, Warga Bisa Urus Keimigrasian

harapanrakyat.com,- Mall Pelayanan Publik (MPP) yang berlokasi di terminal tipe A Kota Banjar, Jawa Barat, segera dibuka. Saat ini Mall Pelayanan Publik atau MPP tesebut masih dalam proses persiapan.

Hal itu dikatakan Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih saat mengecek kesiapan dan operasional Terminal tipe A Kota Banjar, Senin (16/1/2023).

Ade Uu mengatakan, pihaknya masih mempersiapkan Mall Pelayanan Publik (MPP) terutama untuk fasilitas pemberdayaan UMKM. Termasuk pelayanan keimigrasian untuk warga Banjar yang ingin mengurus paspor.

Selain itu, dengan adanya terminal tipe A ini untuk angkutan dalam kota (angkot) memang sudah tidak bisa mangkal di dalam kawasan terminal. Namun, angkot masih bisa melakukan aktivitas naik turun penumpang.

“Kita sedang persiapan dengan DPMPTSP untuk MPP. Kebetulan juga kepala imigrasi Tasikmalaya mau memberikan kemudahan untuk orang Banjar yang mengurus paspor,” kata Ade Uu Sukaesih kepada wartawan.

Sementara itu, Kepala Terminal Tipe A Banjar Jenny Maria Wirandani mengatakan, untuk terminal sementara ini statusnya masih dalam proses pemeliharaan dan belum ada pembukaan secara resmi.

Meski begitu, untuk pelayanan naik turun penumpang sudah mulai beroperasi sejak sebelum Natal dan tahun baru. Tapi memang belum semua akses sepenuhnya dibuka, masih satu pintu.

“Untuk mengantar penumpang bus sudah berjalan sejak sebelum Nataru. Namun untuk pembukaan secara resmi dari Kementerian belum ada informasi. Biasanya setelah kegiatan normal,” katanya.

Lanjutnya mengatakan, terkait angkutan dalam kota (angkot) sebagaimana peraturan diperbolehkan masuk ke area terminal A dan melakukan aktivitas naik turun penumpang. Tetapi tidak boleh mangkal.

Adapun untuk solusi bagi angkutan dalam kota (angkot), kata Jenny, dengan membuat terminal tipe C. Hal itu menjadi kewenangan pemerintah daerah untuk menyediakan fasilitas tersebut.

“Solusinya harus bikin terminal tipe C. Itu kewenangan pemerintah daerah cuman untuk pelayanan naik turun penumpang kami perbolehkan. Angkot boleh masuk untuk naik turun penumpang,” katanya.

Mall Pelayanan Publik Kota Banjar Buka 18 Pelayanan

Terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjar, Sahudi, mengatakan, terkait pelaksanaan Mall Pelayanan Publik (MPP) saat ini masih dalam tahap persiapan.

Rencananya untuk MPP nantinya akan dibuka untuk 18 pelayanan dengan melibatkan instansi terkait. Termasuk pelayanan keimigrasian. 

“Masih dalam pembahasan dengan instansi atau lembaga yang akan bergabung dalam MPP. Rencananya kurang lebih ada 18 pelayanan,” singkatnya. (Muhlisin/R7/HR-Online/Editor-Ndu)