Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Buah Ceri, Ampuh sebagai Obat Asam Urat hingga Kanker

Manfaat Buah Ceri, Ampuh sebagai Obat Asam Urat hingga Kanker

Manfaat buah ceri lebih identik sebagai hiasan kue. Namun, buah ceri ternyata memiliki manfaat berlimpah. Buah ini sangat bermanfaat untuk tubuh dalam mengatasi berbagai penyakit.

Siapa yang tidak mengenal buah ceri. Buah ini terkenal dengan cita rasanya yang manis dan juga berukuran kecil.

Warna ceri sangat indah, yaitu pink atau merah menyala yang membuatnya seringkali digunakan sebagai hiasan berbagai makanan manis seperti kue, roti, atau bahkan es krim.

Baca Juga: Manfaat Buah Kawista, Ampuh Mengusir Demam hingga Diare

Biasa untuk Hiasan Kue, Ternyata Manfaat Buah Ceri Cukup Banyak!

Buah ceri sangat terkenal di Indonesia. Pohon ceri bahkan dapat dengan mudah tumbuh di berbagai wilayah.

Ceri terkenal dengan warnanya yang merah menyala. Bentuk ceri yang imut membuatnya sangat cantik sebagai hiasan kue.

Namun, buah ini ternyata juga memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, mengonsumsi ceri sangatlah penting.

Ceri dalam Bahasa Inggris bernama Cherry. Ini merupakan jenis buah yang populer di dunia. Buah satu ini cocok tumbuh di kawasan beriklim dingin hingga sedang.

Musim panen ceri termasuk singkat, sehingga termasuk jajaran buah mahal. Akan tetapi, ceri di Indonesia masih cukup terjangkau.

Kandungan di Dalam Ceri

Buah dengan rasa asam manis ini masih satu keluarga dengan bunga sakura yang terkenal di Jepang. Menariknya, di balik tubuh imut ceri tersimpan nutrisi baik untuk kesehatan tubuh.

Buah ceri mengandung energi, karbohidrat, protein, serat, lemak, kolesterol, kalsium, kalium, natrium, magnesium, tembaga, fosfor, besi, zinc, mangan, vitamin A, C, E, dan K.

Selain itu, ceri juga mengandung lutein-zeaxanthin, beta karoten, riboflavin, tiamin, asam pantotenat, piridoksin, niasin, dan asam folat.

Terdapat kandungan senyawa aktif di dalamnya yang membuat manfaat buah ceri semakin berlimpah seperti antioksidan, antosianin, dan melatonin.

Baca Juga: Manfaat Buah Kedondong bagi Kesehatan Kulit hingga Kolesterol

Buah Ceri Apa Khasiatnya?

Di balik bentuknya yang mungil, buah ceri menyimpan cukup banyak manfaat untuk tubuh. Inilah khasiat dari buah ceri yang bisa Anda dapatkan.

  1. Senyawa antioksidan polifenol seperti flavonoid, katekin, dan anthocyanin, serta potasium di dalam ceri baik untuk menjaga kesehatan jantung.
  2. Buah ceri mampu mengontrol dan menurunkan kadar gula darah. Manfaat buah ceri dari kandungan anti-inflamasi dan indeks glikemik yang rendah, baik untuk penderita diabetes.
  3. Buah ceri bisa mencegah dan mengobati kanker. Kandungan zeaxanthin, lutein, dan beta karoten mampu menangkal radikal bebas.
  4. Konsumsi jus ceri ampuh meredakan sakit akibat cedera otot.
  5. Melatonin di dalam ceri sangat baik untuk otak. Selain merelaksasi, buah ini juga baik untuk mengatasi insomnia dan sakit kepala.
  6. Buah ceri menjadi sumber anthocyanin yang berguna untuk meningkatkan memori dan daya ingat. Mengonsumsinya dapat bermanfaat agar anak-anak semakin cerdas.
  7. Ketika lelah berolahraga, Anda bisa mengonsumsi buah ceri. Hal itu karena ceri memiliki kandungan anti inflamasi sehingga efektif meredakan nyeri otot setelah olahraga.
  8. Buah ceri terkenal rendah kalori dan juga kaya serat. Ceri juga mengandung tinggi vitamin yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan.
  9. Kandungan antioksidan yang ada di dalam ceri dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Begitu juga dengan senyawa aktif di dalamnya ampuh untuk mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Itulah berbagai manfaat buah ceri yang berlimpah. Ceri ternyata sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Tidak mengherankan jika buah ini menjadi kesukaan banyak orang.

Baca Juga: Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan, Bantu Tingkatkan Kesuburan!

Apa Efek Samping Buah Ceri?

Buah ceri memang menyimpan banyak nutrisi yang berguna untuk tubuh. Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya sesuka hati.

Semua hal memiliki batasan sendiri. Nyatanya, terlalu banyak makan ceri justru mampu memicu produksi gas yang berlebihan.

Hal tersebut akhirnya menyebabkan perut yang terasa kembung dan juga rasa tidak nyaman di usus. Anda bisa memperkirakan sendiri takaran memakan buah ceri setiap harinya.

Jangan sampai manfaat buah ceri harus terhambat karena Anda yang terlalu banyak memakannya. Anda juga bisa memakan ceri secara langsung atau mencampurnya dengan kue maupun ice cream. (R10/HR-Online)