Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Bunga Saffron, Herbal Mahal untuk Sembuhkan Kanker

Manfaat Bunga Saffron, Herbal Mahal untuk Sembuhkan Kanker

Manfaat bunga saffron sangat terkenal. Bunga saffron sendiri terkenal mahal. Harganya yang tinggi tentu saja sebanding dengan manfaatnya yang beragam.

Pengobatan herbal masih menjadi pilihan sebagian besar masyarakat Indonesia. Teknik pengobatan herbal ini berbeda karena memanfaatkan kekayaan alam di sekitar.

Mungkin salah satu jenis herbal terkenal saat ini adalah saffron. Jenis bunga ini banyak masyarakat buru sebagai bahan obat herbal.

Baca Juga: Manfaat Jawer Kotok, Obati Gangguan Pencernaan Hingga Bisul

Tingginya minat masyarakat terhadap bunga saffron akhirnya membuat harga melonjak tinggi. Bahkan bunga saffron layak mendapatkan gelar herbal termahal.

Berharga Fantastis, Inilah Manfaat Bunga Saffron!

Bunga Saffron atau Crocus Sativus merupakan jenis tanaman yang berasal dari Asia Barat Daya. Saffron juga terkenal dengan nama bunga kuma-kuma.

Sebenarnya bunga saffron merupakan jenis tanaman hias. Namun, kepopulerannya di Indonesia masih kurang.

Di Barat, bunga saffron terkenal sebagai rempah. Memang bunga ini terkenal memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Masyarakat Indonesia bahkan memanfaatkan bunga saffron untuk sebagai herbal. Bunga ini ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan pada tubuh seseorang.

Harga Bunga Saffron

Di balik manfaatnya yang berlimpah, sebenarnya bunga saffron terkenal sebagai herbal yang mahal. Harga bunga ini bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Harga tersebut pastinya luar biasa mahal untuk sebuah tanaman herbal. Alasan harga bunga saffron bisa sangat mahal adalah karena tingginya minat masyarakat.

Bunga ini banyak masyarakat cari untuk menjadi obat. Namun, tanaman ini hanya bisa mekar sekali saja, yaitu ketika musim gugur.

Itupun bunga saffron hanya mekar selama seminggu. Karena waktu mekarnya yang sebentar, bunga saffron menjadi sangat langka.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Merah untuk Sembuhkan Berbagai Penyakit

Meski mahal, masih banyak masyarakat yang ingin mendapatkan manfaat bunga saffron ini.

Manfaat Saffron untuk Penyakit Apa Saja?

Berbagai penelitian telah membuktikan khasiat dari bunga satu ini. Berikut beberapa manfaat saffron yang perlu Anda ketahui:

1. Anti Kanker dan Tumor

Saffron sangat terkenal sebagai penangkal dan juga obat penyakit kanker serta tumor. Hal itu karena kandungan karsinogenik did alamnya yang efek menangkan pertumbuhan kanker maupun tumor.

2. Meredakan Stres dan Depresi

Di dalam saffron terdapat kandungan safranal dan crocin. Kandungan tersebut ampuh menenangkan emosi dan meredakan stress maupun depresi.

3. Meningkatkan Imunitas

Antioksidan di dalam saffron berguna untuk menangkal radikal bebas serta memperkuat sistem kekebalan atau imunitas tubuh. Bunga ini juga punya kandungan zat antimutagenik yang bisa membantu untuk mencegah mutasi gen.

4. Mencerdaskan Otak

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi herbal ini ampuh meningkatkan kecerdasan otak anak sekaligus mengatasi penyakit Alzheimer dan Parkinson.

5. Mencegah Gangguan Jantung dan Stroke

Terdapat kandungan nutrisi dan senyawa aktif di dalam bunga ini. Hal tersebut membuat manfaat bunga saffron baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah stroke.

6. Kesuburan Wanita dan Pria

Protein, asam folat, serat, natrion, Vitamin A, B, hingga C di dalam saffron baik untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

7. Meningkatkan Libido Pria

Herbal ini juga bisa meningkatkan libido pada pria karena kandungannya berfungsi sebagai afrodisiak penambah libido dan semangat di atas ranjang.

8. Menurunkan Berat Badan

Manfaat bunga saffron yang jarang diketahui adalah untuk menurunkan berat badan. Anda bisa memasukkan saffron ke dalam menu diet karena memiliki kandungan serat dan mineral di dalamnya.

9. Menghaluskan Kulit dan Wajah

Air rebusan atau masker bunga saffron baik untuk perawatan wajah agar lebih halus, kencang, dan menghilangkan jerawat. Saffron juga baik untuk menangkal penuaan dini pada wajah.

Baca Juga: Manfaat Mahkota Dewa, Obat Herbal dengan Sejuta Khasiat!

Bagaimana Cara Mengonsumsi Bunga Saffron?

Mengonsumsi bunga saffron sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan bunga ke dalam gelas dan berikan air.

Jika menggunakan air hangat, seduh bunga saffron selama 15 hingga 30 menit hingga mencapai suhu netral. Apabila proses penyeduhan sudah selesai, Anda hanya perlu meminumnya saja sebagaimana mengonsumsi minuman biasa.

Meski menyimpan banyak manfaat, tetapi Anda tetap tidak boleh minum saffron sembarang. Bunga ini dapat menimbulkan efek samping.

Beberapa efek samping yang akan timbul ketika Anda mengonsumsi saffron terlalu banyak adalah mulut terasa kering, kecemasan, perubahan nafsu makan, sakitperut, kantuk, dan bahkan sakit kepala.

Anda bisa mendapatkan manfaat bunga saffron apabila mengonsumsinya sesuai takaran yang dianjurkan dan tidak berlebihan. (R10/HR-Online)