Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Antanan, Tanaman Liar yang Bisa Jadi Herbal!

Manfaat Daun Antanan, Tanaman Liar yang Bisa Jadi Herbal!

Manfaat daun antanan sangat ampuh. Bahkan sudah sejak dulu manfaat dari daun antanan ini terkenal di masyarakat. Tanaman herbal ini dapat menjadi obat dari berbagai penyakit di dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Bunga Pukul Empat, Ternyata Ampuh untuk Kesehatan!

Daun antanan memiliki ciri khas seperti daun lainnya, yakni berwarna hijau dan ada juga yang merah. Di Indonesia sendiri, daun antanan berwarna hijau jauh lebih lebih terkenal.

Masyarakat Indonesia atau bahkan beberapa negara asia lainnya menjadikan tanaman satu ini menjadi ramuan obat. Apa sebenarnya manfaat dari tanaman herbal satu ini?

Apa Saja Manfaat Daun Antanan?

Beberapa dari Anda mungkin sudah mengetahui daun antanan. Mereka sebenarnya merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh menjalar di perkebunan, ladang, dan juga persawahan.

Daun antanan ini memang termasuk tanaman yang mudah sekali tumbuh. Ternyata, keberadaan antanan bisa Anda manfaatkan sebagai obat.

Sejak dulu, daun antanan terkenal sebagai obat herbal di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia. Umumnya antanan akan digunakan sebagai ramuan obat yang dapat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan.

Apakah Daun Antanan Bisa Dimakan?

Dalam bahasa asing, daun antanan memiliki nama entella asiatica alias gotu kola. Karena dapat tumbuh sembarang di perkebunan atau persawahan, banyak yang ragu terhadap tanaman ini.

Tidak sedikit juga yang mengira bahwa daun antanan merupakan hama yang akan mengganggu. Namun begitu, sebenarnya daun antanan dapat kita konsumsi.

Daun antanan di Indonesia juga terkenal dengan sebutan daun kaki kuda atau daun pegagan. Meski termasuk ke dalam golongan tanaman liar. namun daun antanan menyimpan berbagai khasiat.

Untuk menjadi obat, daun antanan harus Anda konsumsi terlebih dahulu. Walau memang kurang meyakinkan, tetapi Anda bisa membuktikan sendiri manfaat daun antanan ini.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Merah untuk Sembuhkan Berbagai Penyakit

Manfaat serta Khasiat untuk Pengobatan dari Daun Antanan

Untuk Anda yang masih penasaran, ada beberapa manfaat dari tanaman herbal ini. Berikut beberapa daftar khasiat yang mereka miliki:

1. Mengobati Demam

Daun antanan dengan campuran air dan sedikit garam dapat menjadi obat penurun panas.

2. Mengobati Gangguan Pencernaan

Kandungan nutrisi di dalam daun ini ampuh menyembuhkan berbagai gangguan pada pencernaan. Anda bisa mengonsumsinya sebagai lalapan atau air rebusannya.

3. Menyembuhkan dan Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat daun antanan berikutnya adalah untuk menyembuhkan luka sekaligus menghilangkan bekasnya. Penelitian terbaru memperlihatkan daun antanan mampu mengurangi adanya jaringan parut bekas operasi.

Daun antanan memang terkenal memiliki kandungan bahan kimia triterpenoid yang mampu mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan kadar antioksidan.

4. Mengobati Luka Bakar

Seorang yang mengalami luka bakar dapat diobati dengan salep ekstrak daun antanan. Luka bakar akan lebih cepat sembuh dan juga mencegah infeksi pada kulit.

5. Memperlancar Aliran Darah

Daun antanan mampu mengurangi pembengkakan dan melancarkan aliran darah. Selain itu, daun ini juga mampu mengurangi gejala insufisiensi vena yang mengganggu.

6. Mengobati Darah Tinggi

Kemudian manfaat daun antanan adalah untuk menurunkan tekanan darah, sehingga ampuh dalam mengobati darah tinggi.

7. Mengatasi Pembengkakan Hati

Penyakit liver juga bisa sembuh dengan daun antanan. Anda bisa meminum air rebusan daun ini secara rutin dan penyakit liver akan berangsur membaik.

8. Mengobati Wasir

Sakit ambeien dan wasir dapat teratasi dengan daun antanan. Untuk meredakan gejala wasir, Anda hanya perlu minum air rebusan antanan.

9. Menambah Nafsu Makan

Apabila Anda kurang nafsu makan, bisa mencoba rebusan daun antanan karena mampu menambah nafsu makan.

10. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Ekstrak daun antanan juga mampu untuk meningkatkan fungsi otak setelah terkena stroke. Daun antanan lebih ampuh daripada asam folat.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Daun Antanan?

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi daun antanan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling populer adalah meminum air rebusannya.

Baca Juga: Manfaat Daun Bandotan untuk Kesehatan, Mampu Atasi Maag

Rebus daun antanan dan air secukupnya hingga mendidih, saring air tersebut, kemudian minum secara rutin setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa menjadikannya sebagai lalapan ketika makan.

Jika Anda tidak ingin repot, maka sebaiknya konsumsi suplemen ekstrak daun antanan. Dengan cara ini, maka Anda akan mendapatkan manfaat daun antanan tanpa harus repot-repot mengolahnya terlebih dahulu. (R10/HR-Online)