Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Hantap, Obat Panas Dalam hingga Maag

Manfaat Daun Hantap, Obat Panas Dalam hingga Maag

Manfaat daun hantap baik untuk kesehatan. Bahkan manfaat daun hantap ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Wilayah Indonesia, khususnya Jawa Barat seringkali memanfaatkan tanaman herbal satu ini.

Indonesia memang merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan alam tinggi. Terdapat berbagai jenis tanaman yang terkenal bermanfaat sebagai obat dari berbagai macam penyakit.

Salah satu jenis tanaman herbal yang terkenal adalah daun hantap. Daun ini sudah terkenal sebagai herbal yang mudah ditemukan dan sangat ampuh.

Baca Juga: Manfaat Jawer Kotok, Obati Gangguan Pencernaan hingga Bisul

Berbagai Macam Manfaat Daun Hantap

Sudah sejak dulu masyarakat Indonesia percaya akan berbagai pengobatan alami herbal. Tidak heran kenapa beberapa tanaman secara turun-temurun menjadi obat.

Anda mungkin sudah tidak asing dengan daun hantap. Herbal satu ini memiliki nama ilmiah yaitu Sterculia Oblongata R. Brown. Tumbuhan daun hantap dapat tumbuh subur di berbagai dataran.

Selain nama daun hantap, di beberapa daerah herbal ini terkenal dengan nama kalimpang (Sumatera) dan juga lomes (Sulawesi).

Cara Konsumsi Daun Hantap

Herbal satu ini memiliki ukuran cukup lebar dan besar, hampir mirip seperti mangga. Di dalam daun ini terdapat kandungan saponin, alkaloid, tanin, flavonoid, fenol, dan steroid.

Senyawa flavonoid sendiri berkhasiat sebagai antibakteri dan juga antioksidan. Umumnya masyarakat mengonsumsi air dari daun hantap sebagai obat.

Anda hanya perlu mencuci daun hantap sampai bersih, masukkan ke dalam air, setelah itu peras daun hantap hingga warna air berubah menjadi kehijauan dan sedikit berlendir.

Minumlah air perasan tersebut secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Adapun manfaat daun hantap ini terkenal sebagai obat panas dalam.

Khasiat Daun Hantap untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa kegunaan daun hantap yang baik untuk kesehatan tubuh:

1. Obat Panas Dalam

Daun hantap terkenal sebagai obat panas dalam. Anda bisa meminum air rebusan dari daun hantap ini secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Daun Tempuyung untuk Penyakit Ringan hingga Berat!

2. Mengatasi Sariawan

Selain panas dalam, daun hantap juga bisa menghilangkan sariawan yang terjadi. Anda bisa mengonsumsi daun hantap untuk sariawan sama seperti saat untuk mengobati panas dalam.

3. Melancarkan Buang Air Kecil

Untuk Anda yang memiliki masalah buang air kecil, maka bisa mengonsumsi daun hantap ini. Daun hantap ternyata ampuh untuk mengatasi masalah sulit buang air kecil

4. Menyehatkan Saluran Kemih

Selain buang air kecil, manfaat daun hantap lainnya adalah menyehatkan saluran kemih. Daun hantap ini memiliki berbagai zat di dalamnya yang ampuh untuk mengusir berbagai kuman jahat di dalam saluran kemih manusia.

5. Sumber Antioksidan

Herbal alami satu ini ampuh menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan. Mengonsumsi daun hantap secara rutin akan membuat Anda tidak mudah terpapar penyakit akibat radikal bebas.

6. Menyehatkan Pencernaan

Daun hantap kaya akan serat dan terbukti ampuh menyehatkan pencernaan. Sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsi daun ini secara rutin untuk mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

7. Menjaga Kesehatan Usus

Daun ini terbukti menjadi tanaman obat yang mampu untuk menjaga usus dari berbagai macam gangguan penyakit. Contohnya adalah peradangan dan penyakit lain yang dapat mengganggu sistem pencernaan.

8. Menyehatkan Lambung

Manfaat daun hantap selanjutnya adalah menjaga kesehatan lambung. Lambung yang sehat akan memproses makanan dan menyerap berbagai nutrisi ke dalam tubuh.

9. Obat Maag

Jika Anda menderita maag, cobalah mengonsumsi daun hantap secara rutin. Daun ini sudah terbukti ampuh menetralkan asam lambung yang menjadi penyebab utama maag.

Baca Juga: Manfaat Daun Antanan, Tanaman Liar yang Bisa Jadi Herbal!

Apa Daun Hantap Aman untuk Ibu Hamil?

Melihat manfaatnya yang berlimpah, maka daun hantap seharusnya bisa dikonsumsi oleh siapa saja, tetapi apakah termasuk ibu hamil?

Kita tahu bahwa ibu hamil tidak boleh konsumsi makanan atau obat herbal sembarangan karena bisa mempengaruhi janin di dalam perutnya. Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena daun hantap bisa ibu hamil konsumsi.

Bahkan daun hantap ini juga dipercaya mampu untuk membantu proses persalinan ibu hamil agar berjalan aman dan lancar. Hal ini sudah terkenal sejak zaman dulu.

Meski manfaat daun hantap juga baik untuk ibu hamil, sebaiknya Anda tetap mengkonsultasikan hal tersebut ke dokter untuk mencegah efek samping. Jika memang ingin tetap mengonsumsinya, maka sesuaikan dengan kebutuhan dan jangan berlebihan. (R10/HR-Online)