Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Mint untuk Tubuh, Berikut Ini Cara Mengonsumsinya

Manfaat Daun Mint untuk Tubuh, Berikut Ini Cara Mengonsumsinya

Manfaat daun mint sangat beragam. Di balik aromanya yang wangi, daun mint ternyata memiliki manfaat berlimpah. Daun mint merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan di dalam produk kesehatan tubuh.

Daun mint merupakan salah satu jenis herbal yang memiliki aroma khas. Aroma yang keluar dari daun mint ini wangi dan juga segar.

Bau yang keluar dari daun mint tersebut menjadi penanda bahwa terdapat kandungan senyawa kimia minyak atsiri di dalamnya. Perlu Anda tahu, minyak atsiri mengandung banyak manfaat untuk tubuh.

Sehingga, tidak heran jika daun mint cukup terkenal sebagai obat herbal dan menjadi bahan obat-obatan atau produk kecantikan.

Baca Juga: Manfaat Daun Genjer Ternyata Beragam, Lezat dan Bergizi!

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun mint atau Mentha piperita L. merupakan salah satu jenis tumbuhan atau tanaman herbal aromatik yang menghasilkan minyak atsiri atau yang juga terkenal dengan sebutan minyak permen (peppermint oil).

Tanaman ini banyak tumbuh di Eropa dan telah lama masyarakat manfaatkan untuk bahan minuman atau pengobatan tradisional.

Daun mint ini memiliki bentuk yang khas, yaitu lonjong dengan tepi bergerigi. Ciri khas dari daun mint adalah memiliki rasa dingin dan aroma yang wangi menyegarkan.

Kandungan di Dalam Daun Mint

Perlu Anda tahu bahwa daun mint mengandung banyak senyawa kimia yang baik untuk kesehatan, seperti minyak atsiri dan menthol, flavonoid, polifenol, hingga saponin.

Herbal ini juga mengandung tinggi provitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, potasium, dan juga fosfor. Manfaat daun mint lainnya berasal dari kandungan fitonutrien, klorofil, hingga serat.

Di kalangan industri, daun mint banyak bermanfaat dalam pembuatan produk pasta kiki, shampoo, dan berbagai produk kecantikan lainnya. Peppermint juga pastinya bermanfaat untuk membuat permen karet serta produk makanan.

Baca Juga: Manfaat Daun Afrika, Bisa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Apa Manfaat dari Daun Mint?

Masyarakat sudah cukup lama mengenal tanaman satu ini lantaran aroma dan rasanya yang sangat khas. Berikut berbagai khasiat dari daun mint yang wajib Anda ketahui:

  • Daun mint cukup populer untuk perawatan rambut, khususnya dalam mengatasi ketombe dan gatal. Anda hanya perlu menggunakan air rendaman daun mint sebagai kondisioner setelah keramas.
  • Wheeling Jesuit University Amerika Serikat mengungkapkan bahwa menghirup minyak esensial yang berasal dari daun mint ini setiap beberapa jam mampu menahan lapar sehingga baik untuk orang yang sedang diet.
  • Kandungan atsiri daun mint mampu membantu membuat rileks otot pencernaan sekaligus bisa untuk menyembuhkan kram serta gangguan pencernaan.
  • Manfaat daun mint selanjutnya adalah sebagai minyak pijat untuk meredakan rasa nyeri dan kaku otot karena kandungan minyak atsiri di dalamnya.
  • Sifat sedatif dan aktivitas antispasmodic daun mint ampuh meredakan ketegangan atau stress dan memberikan rasa tenang.
  • Daun mint banyak dipakai di dalam produk pasta gigi maupun obat kumur karena kandungannya dapat menyegarkan dan membunuh bakteri di dalam mulut.
  • Beta-karoten dan vitamin A daun mint ampuh mengatasi sakit mata sekaligus meningkatkan ketajaman mata.
  • Kandungan daun mint bersifat antispasmodic yang berkhasiat meredakan gejala heartburn atau sensasi panas dan perih di bagian dada.
  • Folat, asam lemak omega-3, vitamin A serta C membuat manfaat daun mint juga ampuh untuk memproteksi dan meningkatkan kesehatan kulit dari sinar UV.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi daun herbal satu ini. Anda bisa mengonsumsi berbagai produk olahan atau mengolahnya sendiri secara alami.

Baca Juga: Manfaat Daun Hantap, Obat Panas Dalam hingga Maag

Bagaimana Cara Mengonsumsi Daun Mint?

Jika Anda ingin lebih alami, maka bisa mengolah daun mint sendiri di rumah. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengonsumsi daun mint ini.

Dari cara yang paling mudah Anda bisa mengonsumsi daun mint secara mentah. Anda hanya perlu mengunyah daun mint. Akan tetapi, pastikan bahwa daun mint sudah Anda cuci bersih agar tidak ada kuman menempel.

Selain itu, Anda juga bisa membuat daun mint menjadi infused water. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencuci bersih daun mint dan masukkan ke dalam air putih matang secukupnya.

Diamkan air semalaman dan saring di pagi hari berikutnya. Anda bisa menambahkan madu agar rasanya semakin nikmat.

Lebih dari itu, mendapatkan manfaat daun mint juga bisa berasal dari tehnya. Seduh daun mint kering dengan air mendidih dan biarkan selama 6-10 menit hingga larut menjadi teh yang lezat. (R10/HR-Online)